Nggak Makan Nasi, Tapi Makan Buku! -_-

Beberapa hari yang lalu, aku sempet mosting tulisan yang isinya aku enggak doyan makan. Males makan berakibat pengeluaran berkurang a.k.a isi dompet utuh. Alhasil, 2 minggu lamanya aku nggak nyambangin ATM. Sampe-sampe aku yakin bener kalo duit di dompet itu kaga bakal abis buat idup 2 minggu ke depan. Syalala ... syalala ... dan sehari kemudian, duit itu ambles! -_-
Enggak kok, aku nggak bo'ong soal males makan itu. Sampe sekarang pun aku masih belum terlalu bernapsu makan nasi. Kalo biasanya sehari makan 2-3x plus ngemil ini-itu, sekarang enggak lagi. Makan sehari sekali cukup, nggak pengen ngemil juga. Heran? Sama, aku juga heran. Besar kemungkinan ini karena efek kangen masakan emak tercinta, hahahaha (modus pengen pulang).
Oke, balik ke topik awal. Jadi, kemaren malem aku ama Anggun nyatronin Padepokan KH. Ahmad Dahlan. Tenang, kami kaga ngerampok kok, cuman pengen minta izin aja buat minjem tuh tempat buat acara IMM. Pulang dari sono, muncul sebuah ide brilliant.
"Nggun, ke Gramed, yok!" ajakku sambil nyetir motor.
"Ngapain?"
"Mo nyari onta! Ya nyari buku lah, nyunyun ..."
"Hahaha, oke deh."
Masuk ke Gramed, mataku langsung bling-bling lihat rak novel. Aigoooo, menggoda banget, cuy! Wajar, sih, udah hampir 3 bulan ini aku kaga nyambangin tobuk sama sekali *bokek akut*. Tapi aku segera menepis godaan novel itu, lalu menuju rak bagian kamus dan buku bahasa asing. Ini agak aneh, karena kaga biasanya aku ke tempat begituan, hahaha. Tapi demi sebuah target besar, aku ngobrak-abrik rak itu. Lamaaa banget. Tahu aku nyari apaan? Buku bahasa inggris, meeeeeeeennn! Hahahahak, seorang Indiana Malia yang dulunya antipati banget ama ini bahasa tiba-tiba aja nyentuh begituan. Iya, sekarang aku udah tobat nasuha. Aku berusaha keras buat kembali mencintai bahasa itu (dulu pas SMP suka banget ama bahasa inggris). Rasanya nyeseeeel banget, kenapa dulu pas SMA bencinya setengah mampus. Jadinya kayak gini, bego gak ketulungan. Mana literatur kuliahku kebanyakan juga pake bahasa inggris pulak! Sosiolinguistik, Metode Pengajaran Bahasa, Stilistika, dan entah apa lagi. Jadinya stress sendiri kaaaaan, cuman bisa melongo doang baca materi tapi kaga ngarti artinya. Mo pake google translate juga ancur banget terjemahannya -____-
Selain karena alasan di atas, aku juga ada modus tersendiri sih. Ini demi impian sejak lama, makanya aku bela-belain beli buku bahasa inggris. Aku ngubek-ngubek rak buku lamaaaaa banget, nyari buku yang kira-kira pas ama yang aku pengenin. Errr ... pengennya sih beli buku TOEFL yang tebel itu, tapi setelah kupikir-pikir lagi, kayaknya mendingan beli buku grammar aja. Apaaaaaaa??? Hare geneeeeee masih belajar grammaaaaaarrrrrr? *tereak pake toa masjid*
Hahahaha. Iya, aku emang masih bego akut, makanya mo belajar dari paling dasar dulu. Sengaja beli yang ada CD Voice-nya, biar bisa belajar listening ama speaking sekalian.  Targetnya sih 2 bulan ini mo namatin tuh buku, itung-itung buat persiapan nge-camp di Pare ntar. Ya Allah semoga aku bisaaaaaa ....!
Setelah nyomot tuh buku yang harganya rada mencekik (98 rebu meeen!), aku lalu melenggang ke kasir. Sialnya, si Anggun tiba-tiba nunjukin sebuah novel.
"Ndi, buku terbarunya Ayu Utami, nih!" kata dia sambil nunjuk-nunjuk novel.
Setelah kulihat bentar, tanpa pikir panjang aku langsung bawa tuh novel ke kasir. Novel Pengakuan Eks Parasit Lajang itu novel terbarunya. Dan begonya, aku baru nyadar kalo tuh novel ternyata buku ketiganya dari trilogi Si Parasit Lajang, Cerita Cinta Enrico, dan Pengakuan Eks Parasit Lajang. #udah ketinggalan info gegara lama gak ke tobuk#. Hah, ya sudahlah, terlanjur. Laen kali deh kalo ke tobuk lagi, beli buku 2 itu, ato minjem ke temen ajah, hahahahaha. Oh, ya, selain beli novel-nya Ayu Utami, aku juga dengan senang hati tanpa sadar nyomot tulisan terbarunya Ilana Tan, Autumn Once More. Itu kumcer sih, tapi selama ada tulisannya Ilana Tan bakal kubeli deh. Ah, ya, selama ngelilingin rak novel, aku juga ngamatin perkembangan novel sekarang. Dan sesuai dugaanku, novel sekarang kebanyakan romance pake setting korea atawa jepang. Keliatan banget dari covernya yang nempelin tulisan Kanji ato Hangeul. Jadi, kayak begini deh keinginan pasar sekarang. Kalo dibandingin ama novelku yang ditolak kemaren (hiks!), ya beda jaoh lah. Novelku kayaknya emang laku di zaman batu. Kalo zaman sekarang, hzzzz ... tapi gak papalah, aku bakal nyari penerbit yang mau nerbitin tuh novel. Ato nunggu perkembangan pasar dulu lah, kali aja ntar minat pembaca balik ke model tulisan beberapa taon lalu.
Oke, back to topic. Abis nyomot 2 novel itu, aku langsung nyatronin kasir. Saat itu, duit di dompet 200 ribu pas (duit yang bisa nyambung idup 2 minggu ke depan).
"198 ribu, Mbak," kata mbak-mbak kasir.

*kemudian hening*

Aku nelen ludah, lalu nyodorin duit itu. Sekarang, di dompet tinggal 2 rebu perak. -_-

                                                                   Inilah hasil jamahan saya

This entry was posted on Kamis, 02 Mei 2013. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply