Muka Tembok

Iya, gue emang muka tembok banget. Hari ini gue ngirim naskah (lagi) ke penerbit Y yang pernah nolak gue. Yang jelas, ini bukan naskah yang dikatain jadoel ama penerbit X. Ini naskah baru meeeen, baru keluar dari oven (kue kaleeee!).
Sampe detik ini, gue masih belom mau nyerah, dan nggak akan pernah nyerah. Berkali-kali ditolak dan mendapat tanggapan nyinyir cukup bikin gue kebal dan terlampau pede. Terlampau pede? Hahahaha, iya. Gue gak tahu penyakit narsis ini warisan dari siapa, yang jelas gue selalu pede dengan tulisan gue. Tiap kali gue baca cerpen atawa novel metro pop, gue hampir selalu bilang begini, "Gue juga bisa kali kalo bikin kayak begini." Selanjutnya, gue bakal nulis, ngirim ke penerbit, lalu mendapat penolakan. HAHAHAHA!
Gue enggak menyombongkan diri kok. Gue sadar gue emang masih perlu banyak belajar biar tulisan gue makin idup dan bisa diterima masyarakat luas, tapi menurut gue yang namanya kepedean itu perlu. Ya, sangat perlu!
Apa lagi yang bikin kita bersedia ngirim naskah ke berbagai lomba atawa ke penerbit terkenal selain rasa percaya diri?

Gue emang selalu narsis kalo urusan tulisan. Tiap kali kelar nulis, gue bakal ngasihin tulisan itu ke temen-temen gue, minta kritik dan saran. Dan masukan dari mereka itu sangat berarti buat gue. Serius! Walopun tulisan gue juga sering kali dianggap sampah, gue enggak peduliin mah. Tetep maju. Setiap hari membiasakan diri buat nulis, nulis, dan nulis. Entah itu nulis paper tugas kampus (hahahahak!) ato cuma sekadar curhatan galo di blog. Terkadang kalo lagi kumat, gue bisa ngelarin 2 cerpen semalam, abis itu besoknya langsung kena writer's block, hahahahaha!
Yeaaah, gue bener-bener udah muka tembok. Pede setengah mati dengan naskah yang baru gue kirim tadi siang. Jawaban baru akan gue dapet sebulan kemudian. Kalo pun ditolak lagi, paling-paling ya gue diemin bentar, trus gue kirim ke penerbit lain setelah direvisi sana-sini. Naskah yang gue kirim pun masih sama genrenya, romance. Meskipun gue pernah bikin beberapa cerpen 'serius' kayak yang disaranin Pak Aprinus, tapi entah kenapa gue lebih lancar kalo bikin tulisan populer, terutama pas lagi jatuh cinta atawa patah hati, HAHAHAHA! Gue mulai suka sih bikin tulisan 'nyastra', tapi butuh waktu lamaaaa banget. Perlu semedi dulu sebelom nulis. Nggak tahu, belom terbiasa mungkin.
Kalo soal bacaan metro pop atawa romance, hampir semuanya gue baca (sekaligus buat observasi), dan penulis yang paling keren menurut gue adalah Ilana Tan. Tema yang ditulisnya sangat sederhana, tapi ngena dan bikin gue klepek-klepek, hahahak. Kalo bacaan nyastra, gue suka karya-karyanya SGA, Djenar Maesa Ayu, sama Ayu Utami. Tapi yang paling suka sih si SGA, klepek-klepek meeeeeeeen! Pertama kali jatuh cinta sama tulisan SGA adalah cerpennya yang berjudul Sepotong Senja Untuk Pacarku. Abis itu baru deh kepo-kepoin blognya.
Eh, ini kenapa malah curcol ke mana-mana? -_____-"
Yah, intinya gitu lah. Gue muka tembok, dan gue pede gila. Karena dengan muka tembok + pede setengah mampus itu lah gue punya modal. Ya, modal keberanian. Oh ya, bentar lagi gue juga mo nerbitin buku antologi, bareng temen gue. Kami sama-sama seneng nulis, dan pengen bikin antologi bareng. Berhubung zaman sekarang penerbit mayor susaaaah banget nerbitin kumpulan cerpen, jadinya kami milih penerbit indie. Awalnya timbul perasaan kurang pede sih (Lah, tadi bilangnya pede!), tapi gue berusaha ngeyakinin diri gue kalo gue bisa. Yeah, anggep aja ini sebagai pembelajaran buat diri gue, biar tulisan-tulisan gue ke depan bisa makin baik dan makin baiiiik lagi :)
Mohon doanya ya, guys! :D

This entry was posted on Minggu, 19 Mei 2013. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

2 Responses to “Muka Tembok”