KESRO, Sebuah Nama Penuh Cerita

Pertama kali denger kata Kesro, pasti pikiran kalian langsung negatif deh. Yup, Kesro emang identik dengan hal – hal yang menyimpang dari aturan. Bahasa kerennya, ngesroh alias doyan cari perkara, wakakakaka…..:D
                Dan kali ini, aku pengen bercerita tentang komunitasku, XII IPS 2. Komunitas ini kita beri nama Kesro, kependekan dari Kreasi I Pe Es Loro. Keren banget kan? Nama ini rasanya sesuai banget dengan background anak – anak XII IPS 2 yang emang doyan ngesroh.  Segala macam karakter rusak bisa ditemukan di sini. Ada yang doyan bolos, bikin kekacauan di kelas, tukang tidur, jadi langganan BP, ngimpar, bikin guru nangis, berantem, wah… pokoknya lengkap banget deh! Semua “ The Master Of Preman ”  pada ngumpul di sini. Kesro adalah “ Areal Berbahaya.”


                Kesro ini  terlahir akibat adanya perilaku diskriminasi – entah diakui ato gak - dari pihak sekolah yang nota bene menjadi salah satu sekolah bergengsi di kota Jember ini. Kenyataannya, semua anak yang dianggap nakal dan berkasus ditumplekin di kelas ini. Maka gak heran, kelas kita dipandang sebelah mata oleh semua orang. Kita di cap anak yang ugal – ugalan & seakan – akan gak layak untuk menjadi siswa di sekolah kita. Menurunkan reputasi sekolah aja, mungkin gitu pikiran mereka.
                Secara gak langsung kita pun memberontak. Preman kok dilawan, itu cari masalah namanya.
Di awal tahun ajaran baru, aku udah ngerasain gimana rasanya di cap negatif, didiskriminasi, terisolasi! Setiap hari, selalu ada aja kekacauan yang kita buat di kelas. Entah itu ngorok di kelas, alfa berjamaah, nglimputz, dll.  Sampe – sampe sang wali kelas udah gak sanggup lagi nanganin kita. Coba deh kalian pikir, kalo anak – anak nakal dikumpulin jadi satu, bukankah kelakuannya makin brutal? Jadi, jangan salahin kita kalo jadi kayak gini.  Bukan kita yang menginginkan keputusan sepihak ini. Biarlah, udah terlanjur basah…sekalian aja nyemplung!
                Hadirnya komunitas ini makin memperburuk citra IPS. Secara gitu, dari jaman dulu kan IPS emang dianaktirikan. Banyak yang berbondong – bondong ngotot bin ngoyok masuk IPA walau otak pas – pasan (sori kalo ada yang tersindir, biar nyadar sekalian), dan endingnya IPS dijadikan tempat pembuangan terakhir. Padahal menurutku, IPS ma IPA sama ajah…tergantung ma kemampuan masing – masing individu donk!
                Ah ya, balik lagi ke topik awal, tentang Kesro Community. Emang bener sich kita sering di cap negatif, tapi…taukah kalian? Banyak kisah menarik yang terjadi di komunitas ini. Bahkan, sekarang kita bersyukur banget dipersatukan. Terima kasih Bapak dan Ibu Guru…. :)
                Dengan munculnya berbagai karakter manusia di komunitas ini, ternyata malah bikin dunia SMA jadi makin berwarna & penuh makna. Banyak rahasia terpendam di Kesro. Kita emang sering terjadi konflik, berbeda pendapat, tukaran, dll. Tapi itu adalah proses pendewasaan yang pada akhirnya malah bikin kita jadi kompak & mengerti satu sama lain, hiks…hiks… T_T
                Meskipun kita udah di cap “ arek ndablek sak pol – pole” tapi bukan berarti kita mau terus – terusan kayak gini. Sedikit demi sedikit, kita belajar buat berubah. Kita pengen buktiin ke semua orang kalo kita bisa jadi kebanggaan. Ada satu hal yang bikin aku terharu dengan kelas ini. Ternyata… di balik perilaku negatif mereka, ada banyak bakat – bakat yang terpendam & emang belum ditampakkan. Ada yang jago nyanyi, maen musik, nari, teater, jago pelajaran, orasi, menulis (ehm…iki aku rekz! J) dan macem – macem bakat laennya. Bakat ini baru ketahuan kalo menjelang event – event tertentu. Akhirnya, kita pun sepakat untuk nunjukin semua bakat yang kita punya. Hasilnya? Nggak sia – sia, berbagai macam penghargaan berhasik kita raih. Anak IPS jangan mo kalah d0nkz!
                Dan baru – baru ini, Kesro berhasil menyabet Juara Umum di ajang terbesar & tergengsi di sekolah kita. Yup, apalagi kalo bukan KRESNACAKA. Ini adalah ajang unjuk kreativitas yang T.O.P! Semua anak berlomba- lomba menampilkan yang terbaik, apalagi ini event terbesar & terakhir yang kita rasain ( udah kelas 3 geto loh!)
                Awalnya….kita semua pesimis bakal menang. Udah kelas 3, banyak banget ujian yang kita lewati. Kita bingung bannget mo nampilin apaan. Sampe – sampe adu cangkem pun terjadi. Tiap kali ngebahas ini, pasti ada…aja yang diributin. Saking BTnya, aku sering tidur alias ra ngreken blas kalo ada yang berantem. Persyaratan KC waktu itu salah satunya kagak boleh pake alat musik elektronik dalam bentuk apapun. Akhirnya kita sepakat mo nampilin kreasi seni berupa tari dan musiknya model patrol gitu…
                Beberapa hari sebelum KC, lagi – lagi kita ribut. Masalah kostum! Ugh…waktu itu penghuni Kesro lagi kere alias gak nduwe duek! Ngenes rek… padahal untuk bikin kostum butuh biaya yang gak sedikit. Akhirnya, proses pembuatan kostum tersendat – sendat. Dan yang terakhir adalah masalah tarian. Bayangin deh, sehari lagi mo tampil tapi belom nemu tarian yang pas sesuai dengan musik & lagu yang kita pilih, yaitu Yamko Rambe Yamko, Sajojo, and Mars Kesro. Kita bener – bener pesimis! Semuanya belom siap! Kita pun terbakar emosi & saling menyalahkan. Tukaran maneh…tukaran maneh….sampe sumpek aku! Kita emang kesulitan ngatur waktu, soalnya kita lagi mid semester and KCnya diadain langsung setelah mid semester. Ujian berakhir pada hari rabu siang, abis itu langsung pembukaan Kresnacaka & Dies Natalis (Ultah sekolah). Kita bahkan gak sempet nyiapin bazaar. Tragis banget, hari pertama kita gak jualan apa – apa. Stand Kesro sepi! Huhuhu….
                Pada saat yang sama, kita lagi pusing mikirin penampilan kita. Coba kalian bayangin, besok udah harus tampil sedangkan sekarang BELOM NEMU GERAKAN! !!
Kita hampir putus asa. Capek, capek, capek banget…..
Gak mungkin kan kalo kita batal tampil? Kostum dan musik udah beres, tinggal gerakan. Gak ada cara laen selain NGLEMBUR!!!! Selepas maghrib, kita ngumpul di sekolah buat latihan nari. Tanpa alat musik pula! Soalnya, kagak dibolehin ma penjaga sekolah cz udah malem. Tubuh kita remuk…remuk banget! Kita berjuang mati – matian nyari gerakan yang pas buat tampil besok pagi. Mendadak banget! Kita juga sempet berantem bentar. Tapi pada akhirnya…. Tepat jam 10 malam, gerakan itu selesai kita bikin. Hanya dalam waktu beberapa jam saja. Dan….tiba – tiba saja peristiwa melankolis itu pun terjadi. Sebelum pulang, kita berkumpul & saling menyatukan tangan…berdoa bersama di bawah sinar bulan yang indah…air mataku langsung meleleh ngeliat temen – temen semua… ( untunge peteng rek, dadi gak enek seng weruh rupaQ,hahakz…:)
                Kerja keras kita semalaman langsung dibuktikan keesokan harinya. Walau badan remuk, kita tetep semangat!!! Menjelang pengumuman, ada selentingan kabar kalo kelas kita kalah. Semuanya langsung lemes! Gak napsu mo ngapa- ngapain…. Waktu pengumuman pemenang dibacakan, kita udah gak mood. Tapi begitu mendengar,” Juara Umum Kresnacaka tahun ini diraih oleh…nomor urut 11, kelas XII IPS 2!!!” kita langsung teriak – teriaksambil lari didepan pentas. Kita sujud syukur bareng, saling berangkulan, menangis….sambil berucap syukur. Hari itu, Jumat 22 oktober 2010 menjadi hari bersejarah kita. Oya, kita juga jadi Juara 2 lomba parade band dan Juara 2 omba kebersihan kelas  loh! (sakjane aku nggumun, cz kesro biasae koproh,hahahah..)Kita gak mampu berkata – kata, hanya bisa menangis bahagia…bener- bener bahagia…:)
Akhirnya, kita bisa menorehkan prestasi dahsyat di event terbesar di sekolah kita. Aku bener – bener bahagia…kelas yang di cap rusak ternyata bisa menunjukkan pada dunia kalo kita gak seburuk yang orang – orang pikirkan. Dan…di event terakhir yang dapat kita rasakan itu, kita bener – bener meluapkan rasa bahagia itu sampe puas! Di hari terakhir KC, kita semua berbaur didepan pentas. Terlarut dalam alunan lagu dari bintang tamu, Green Master. Jingkrak – jingkrak, berpesta pora, pokoknya ngedugem walau lagi ujan duuuuuueresss!!! AJEB2 dah pokoknya….!!!!Udah kelas 3,kapan lagi bisa gila – gilaan?
                Aku cinta kalian arek – arek Kesro….
Kalian adalah inspirasi terhebat yang kumiliki. Di penghujung masa putih abu – abu kita, semoga kita melaluinya dengan penuh makna. Semua yang telah kita lalui bersama, akan menjadi kenangan yang paling indah…. Wes rek, mandek disek lak ngesroh!! :)
Semoga kita semua (anak – anak kelas 3) bisa lulus dengan predikat memuaskan. Amiiiin….. :D
Buat adek – adek kita, khususnya generasi penerus IPS, ayo kobarkan semangatmu!!!
CHAYO IPS………………..!!!!!!!!!!!!!

Ah ya, untuk yang terakhir….aku ingin menyelipkan Mars Kesro  biar slalu inget di otak kita…
Ayo rek, nyanyi bareng! Nada lagu ini sama dengan Waka – Waka This Time For Africa, jadi kalian pasti bisa!

Mari semua bergembira
Menyanyi menari dan berpesta
Dengan kita Sang Juara
Hentakkan kaki satukan jiwa

Raih mimpi…prestasi…
Dengan Kesro Community
Dansa…dansa…o….o…
Kesro…kesro….e…e….
Raihlah kemenangan kita
Taklukkan dunia…

ihikz...ihikz,,,kudu nangis aq rek....T_T
luph U Kesro...Muach! Mmmmuuuuuach!!!



Jember, 1 November 2010


*Hyahahahaha, geli sendiri baca tulisan jaman SMA...
Huaaaah, i miss u Kesro.....!!

This entry was posted on Jumat, 20 April 2012 and is filed under ,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply