Kesurupan

Sudah 2 minggu ini gue ngalamin yang namanya kesurupan. Sebagai orang yang moody abis, gue gak setiap saat ngalamin kayak gini ---> amat sangat bersemangat!
Yak, entah abis kerasukan apaan, tiba-tiba aja gue kesurupan nulis. Emang sih, tiap hari gue selalu ngusahain buat nulis apapun, tapi semangat yang kayak gini tuh enggak dateng setiap hari. Dalam 2 minggu ini, tumben-tumbennya gue udah ngirim naskah baru ke penerbit. Padahal, kalo lagi males dan maksain diri buat nulis, gue bisa ngelarin tuh tulisan berbulan-bulan, kayak novel gue yang belom selese sampe sekarang -_-"
Dan tadi pagi, abis shalat subuh, enggak tahu kenapa tangan gue malah nyalain laptop (biasanya lebih suka baca-baca dan enggak sengaja molor lagi, hahaha!), langsung konek internet, buka blog, kemudian nyari info lomba nulis. Setelah googling ke sana ke mari, ketemu deh beberapa lomba yang cukup menarik hati gue. Kebanyakan tema yang diambil tentang dunia remaja dan romance dewasa. Yak, klop banget ama jenis tulisan gue!
Gue langsung buka Ms. Word, lalu mulai menulis. Beberapa menit kemudian gue bete sendiri. Kenapa tulisan gue terasa garing? Oke, ini bisa dibilang tulisan romance pertama gue setelah berbulan-bulan dicekokin model tulisan ala Pak Aprinus. Gue belajar mati-matian buat keluar dari zona gue dan nyoba zona lain. Nyari tantangan gitu lah pokoknya. Taunya, gue malah stuck bikin cerpen -_-
Bete karena ide gak keluar-keluar, gue lalu rebahan di kasur, mikir kejadian apa aja yang gue alamin minggu-minggu terakhir ini. Dan tiba-tiba aja sebuah kisah berkelebat dalam bayangan gue. Yah, sebagai orang yang sering dijadiin tong sampah alias tempat curhat, gue sering kali menyimpan curhatan-curhatan itu, lalu menulisnya menjadi sebuah cerita. Gue suka memperhatikan orang lain dan hal-hal yang terjadi di sekitar gue, tanpa ketahuan kalo gue sebenernya lagi merhatiin. Hahaha! *lu kudu ati-ati ama gue*
Gue langsung bangkit, dan mulai menghadap laptop lagi. Karena lomba yang gue ikutin ini harus pake judul nama kota dan ngasih setting kota yang kuat, akhirnya gue bikin kisah tentang Jogja. Ceritanya tentang seorang cewek berusia 24 tahun yang gagal nikah, prustrasi, lalu terbang ke Jogja untuk menghindari keluarga besarnya. Dia menemui sahabatnya yang tak lain adalah tetangganya sejak kecil. Bla bla bla bla dan endingnya cewek itu berjodoh ama sahabatnya sendiri. Sekilas emang rada klise, tapi entah kenapa gue ngerasa kalo tuh cerpen romantiiiis banget. HAHAHAHAH! Mungkin ini karena efek setting Alkid dan Bukit Bintang yang terasa 'eerrr'. Abis nulis tuh cerpen, gue baca ulang, kemudian gue senyum-senyum sendiri. Kemakan imajinasi sendiri -_-
Cerpen yang gue tulis jam 9 pagi itu baru bisa kelar jam setengah 2 siang. Agak lama sih, soalnya gue sekalian pesbukan, hahahaha. Dan selama itu, gue bener-bener enggak keluar kamar, dalam artian enggak mandi ato sekadar nyuci muka, huahahaha. *gak patut ditiru*
Abis ngedit cerpen, gue langsung ngirim tuh cerpen dengan pedenya. Abis itu, gue nyari info lomba lagi. Gilaaaa, gue bener-bener kesurupan! Abis bikin tuh cerpen, gue berasa terlahir kembali. Ya, kembali ke dunia romance yang cukup lama gue tinggalin, heuheuheu.
Kesurupan nulis berbanding lurus dengan kesurupan baca. Yak, gue jadi lebih sering baca daripada hari-hari kemaren. Yang jelas bukan buku kuliah, tapi buku fiksi. HAHAHA. Gue berasa punya energi lebih buat baca. Dan itu berimbas pada produktivitas tulisan gue yang meningkat. Alhamdulillah :D
Kesurupan nulis berbanding lurus dengan kesurupan baca, dan kesurupan baca berbanding lurus dengan duit, yang berujung pada kekhilafan. Abis maghrib, gue ama Anggun nyatronin Togamas. Gue mo nyari novel "Selamanya Cinta" buat ikutan lomba short story. Syaratnya kudu nyantumin kupon, dan kupon itu ada di dalem tuh novel. Sebenernya itu lomba udah lama banget, tapi baru berniat ikutan ya sekarang ini. Selain karena gue pengen nambah koleksi buku di perpustakaan kecil gue, gue juga pengen cuci mata di Togamas. Aje gileeeeee, Togamas udah berubah pas gue masuk. Berasa udah seabad aja kagak ke sana T.T
Niat awal bawa 1 novel, lalu pulang-pulang bawa 3 novel. Ini nih yang namanya khilaf dengan disengaja. Udah tahu lagi bokek akut, malah kesurupan beli novel. Aduh meeeeen, gue bener-bener kagak tahan buat nggak ngambil bukunya Djenar ama Ayu Utami. Itu tumben-tumbenan masih ada stoknya. Kemaren-kemaren pas gue ke sana selalu udah abis. Sebenernya gue mo ngambil 3 buku Djenar ama 2 buku Ayu Utami, tapi karena gue sadar kalo gue masih butuh makan buat besok, gue cuman ngambil 2. 1 punya Djenar, 1 punya Ayu.
Daaaan, inilah hasil kekhilafan gue!



                              Nah, ini nih kupon yang gue maksud! Gara-gara nih kupon gue jadi kilap -_-


"Selamanya Cinta". Novel yang katanya Anggun mirip ama kisah gue. Begitu gue baca sinopsisnya, kening gue mengkerut bingung. Mirip dari Hongkong! -_-


  
Nah, ini dia nih yang bikin gue galo. Jadi ceritanya, gue dapet bonus buku diary. Liat aja noh, judulnya aja "Romantic Diary Selamanya Cinta". Ditambah lagi dalemnya banyak kata-kata yang dikutip dari Kahlil Gibran dan Mario Teguh. Ini cocoknya buat nulis kalo lagi berbunga-bunga. Dan berhubung gue enggak lagi jatuh cinta dengan siapapun  dan enggak mau jatuh cinta dengan siapapun, jadi mending gue simpen aja deh ya -_-


Novel "Si Parasit Lajang" karya Ayu Utami. Seharusnya gue beli yang ini dulu sebelum beli "Pengakuan Eks Parasit Lajang" yang gak lain adalah seri terakhir-nya Parasit Lajang -_-
Novel keduanya adalah "Cerita Cinta Enrico". Ketiga novel itu berbau feminis. Recommended buat lo yang pengin keluar dari 'zona nyaman' alias terkurung dalam bacaan 'hitam-putih'. *apasih, artiin sendiri lah*


Buku kumpulan cerpen "T(w)ITIT!" karya Djenar Maesa Ayu. Cerpen yang paling gue suka dan nggerus ati adalah "PETASAN, SETAN!", "T(w)ITIT!", dan "UGD". Penasaran? Baca sendiri, deh!


This entry was posted on Jumat, 24 Mei 2013. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply