Cerita Patah Hati

Ini apaan deh pagi-pagi ngomongin patah hati? Random banget, hoaahhmm ...
Gue baru bangun dan ngelihat matahari udah tinggi, shock selama beberapa detik karena jam perkuliahan sudah dimulai sejam yang lalu. Mo ngejer ke kampus tanpa mandi pun kaga bakal ngaruh. Yasuda, daripada gue dikeluarin, mending gue bertapa aja di kost. Buka sosmed. Ngeblog dah! *nggak tahu musti ngapain lagi*
Jadi, kenapa tiba-tiba gue pengen ngebahas tentang patah hati? Yang jelas, gue enggak lagi patah hati dan enggak mau patah hati lagi. Gue cuman lagi kepikiran kelakuan temen-temen gue pas lagi broken heart. Udah gue bilang kan, kalo gue suka merhatiin orang. Apalagi gue juga sering dijadiin tong sampah bergilir, jadilah gue ngamatin mereka satu per satu. Ini ada beberapa sampel temen yang model patah hatinya macem-macem. Semoga menginspirasi *loh!
Cerita pertama, ada temen sekolah gue yang super melankolis. Hatinya gampang banget meleleh. Gue sering ngedapetin buku pelajaran bagian belakang penuh dengan puisi galo. Nah, pas lagi patah hati, dia menjadi-jadi. Nangis nggak brenti-brenti. Males makan. Males ngapa-ngapain.
"Gue nggak bisa hidup tanpa dia, Ndi. Gue cinta sama diaaaaaa!" Dia mewek sambil meluk guling.
Gue cuman diem. Kalo lagi ngadepin orang nangis, gue emang lebih suka diem ketimbang ngasih nasehat berbusa-busa. Gue jamin itu nggak bakal ngaruh deh.
"Lo tahu? Gue udah 2 tahun ama dia. Gue nggak bisa ngelupain dia gitu aja, huaaaaa.... huaaaa ...."
Gue diemin lagi. Baru setelah dia tenang, gue ajak ngomong baik-baik.
"Lo bisa idup tanpa dia, kok. Jangan lebay deh!" ----> Oke, ini emang kejem.
"Kok lebay, sih? Lu jahaaaaat!"
"Ya iyalah. Lu pernah nggak ngomong kayak gitu kalo lagi ama ortu? Mamaaaah, aku tak bisa hidup tanpa kasih sayangmu ..."
"Errr ... errr ..."
"Jarang, kan? Makanya, jangan sok-sokan ngomong 'gue nggak bisa hidup tanpanya'. Kenal dia aja baru bentar. Jangan lebay!"
"Tapi gue sayang banget sama dia, Ndi ..."
"Yes, i know ... "
"Trus gue harus gimana?"
"Gimana kalo gue bilang cinta yang lu rasain sekarang ini cuma cinta monyet? Gue yakin, nggak lama kemudian lu bakal lupa."
"Ah, ini nggak mungkiiiiiiin!"
Dan dua tahun berikutnya, gue ngelihat dia menikah dengan orang lain, bukan cowok yang dia tangisin semasa sekolah. Sekarang dia udah punya anak. Bahagia banget dia.


Cerita kedua, sebut saja Aira. Gue sering menyebut dia ini 'cewek kulkas'. Kenapa? Karena hatinya kayak kulkas. Dingin. Gue enggak pernah lihat dia jatuh cinta yang bener-bener jatuh cinta barang sekali. Kalo pun sekarang dia suka ama cowok, seminggu kemudian dia lupa. -_____-"
Makanya, pas gue mergokin dia lagi jatuh cinta, gue ngakak guling-guling demi ngeliat kelakuannya yang abnormal banget di mata gue. Senyum-senyum sendirian, meluk botol Aqua sambil ketawa-ketiwi, stalking mulu tiap hari, sampe pengen gue tabok-tabok. Menurut gue, dia mulai nggak waras.
"Aaaaa, dia cool banget dah!"
"Aira, please. Lu jangan kayak orang gila."
"Lebih gila mana dibanding elu kalo lagi jatuh cinta?"
"Sama-sama gila, sih."
"Makanya, sesama orang gila jangan saling menggilakan."
Selain nggak pernah jatuh cinta, dia juga nggak pernah patah hati yang bener-bener "Errr". Makanya gue suka bete sendiri kalo dia suka rada nyinyir ngelihat orang patah hati.
"Ngapain sih, Ndi, lu nangis-nangis kayak begitu? Buang-buang air mata, tahu!"
"Lu nggak ngerti apa yang gue rasain."
"Kayak gimana sih rasanya patah hati?"
"Lu nggak bakal tahu sebelum ngerasain sendiri."
"Dih, kalo patah hatinya kayak elu mah gue ogah!"
Kemudian gue nampol dia. Bete -_-
Singkat cerita, setelah dia jatuh cinta berbulan-bulan lamanya (MURI wajib nyatet!), pada suatu hari dia nelepon gue.
"Gue patah hati, Ndi. Aaaaaaa, dia udah punya cewe ....!!"
Gue kaget. "Ah, serius lo?"
"Iya. Aaaaa, patah hati deh gue!"
"Ya udah, sini maen ke kost gue. Curhat di sini aja. Gue siap menjadi tong sampah elu."
"Nggak ah, udah malem. Gue ngantuk. Ceritanya besok-besok aja ya. Gue mo tidur dulu. Daaaaah!"

WHAT THE?????

Rasanya gue pengen nyakar-nyakar dia. Ada gitu patah hati macem dia?
"Kenapa lu malah tidur? Orang tuh ya, kalo patah hati tuh biasanya nangis bombay. Galo. Nyetatus nggak jelas. Nggak bisa merem walo sedetik. Hati lo bakal sakkiiiiiiittttt banget!"
"Ah, Ndi. Lu lebay!"

-_____-

Kesimpulannya, dia nggak suka sedih lama-lama.
"Ngapain sih mikirin orang secara berlebihan? Kalo gue tahu gue udah nggak punya harapan lagi, mending gue mundur aja. Di dunia ini lelaki nggak cuman satu. Hidup harus terus berjalan, Ndi."
"Misalnya nih, ya, dia tiba-tiba memutuskan buat ngelamar elu, lu terima kagak?"
"Ya gue terima lah." Dia masang watados (wajah tanpa dosa) gitu.
"Gembeeeeeeel!" Gue nyakar-nyakar dia lagi.
"Hahahaha, ya kalo emang dia jodoh gue, mo gimana lagi coba? Sante aja, sih. Gue nggak mau ah jadi orang yang terlalu ngarep. Masih banyak yang perlu gue pikirin."
Okesip! Dia emang pinter kalo lagi ngendaliin masalah perasaan.

Cerita ketiga, sebut saja Saiko. Dia cowok, tapi kalo lagi patah hati parah banget. Logika udah nggak jalan. Inget, nggak cuma cewek aja yang ngerasa 'sakit' pas patah hati, cowok pun juga. Bahkan, si Saiko ini sampe nangis gegara nggak bisa ngelepas orang yang dicintainya. Nangisnya bener-bener nangis bombay deh. Awalnya gue prihatin lihat kondisi dia, tapi lama-lama gue jadi bete setengah mati.
Menurut gue, patah hatinya udah kebangetan banget. Banget .... nget ... nget!
"Relakan dia." kata gue.
"Nggak bisa, Ndi. Gue cinta setengah mati ama dia."
"Lu nggak cinta ama dia. Lu cuma pengen memiliki dia. Titik."
"Maksudnya?"
"Ya, lu egois. Lu nggak mikirin apa gimana perasaan dia? Risih kali distalking mulu tiap hari. Dikejer-kejer membabi buta. Cewek mana yang nggak risih coba? Pikir itu!"
"Kan, gue cinta dia."
"Kalo lu cinta, lu nggak bakal setega itu sama dia."
"Jadi, gue harus gimana?"
"Ya biarin aja. Ikhlaskan dia. Lu kan cowok. Cool dikit kek. Jangan terlalu nampakin kengenesan elu. Risih kali yang ngeliat. Dia mungkin awalnya ngerasa bersalah, tapi kalo lu terus-terusan kayak gini, ya bete lah dia."
"Kalo misalnya lu jadi dia, lu bakal ngapain?"
"Ngeludahin elu."
"Sial, lu tega."
"Tapi itu seriusan. Makanya, galau tuh jangan dipiara lama-lama."

Cerita keempat, cerita gue sendiri. Hahahaha. Nggak adil rasanya abis nyeritain temen sendiri, trus gue enggak cerita. Yah, siapa sih yang nggak pernah ngalamin patah hati? Semua orang yang ngaku waras pasti pernah ngalamin. Yang membuatnya berbeda adalah cara menyikapinya.
Gue setuju dengan pernyataan temen gue tadi, "Ngelupain orang yang kita cintai itu nggak mudah."
Nggak perlu gue jelasin panjang lebar lah ya, lu pasti ngerti sendiri. Gue pernah ngerasain patah yang bener-bener "KRAAAKKKKK!!" sekali seumur hidup gue. Dan itu sakitnya masih kerasa sampe sekarang. Apa yang gue lakuin ketika patah hati? Ya seperti yang dilakukan orang patah hati pada umumnya. Gue nangis berjam-jam. Ini dada rasanya sesek, nggak bisa napas saking sakitnya. Satu-satunya saksi yang pernah ngelihat adalah si Anggun, sahabat gue. Gue tergeletak di UKS seharian, nggak ikut pelajaran sama sekali. Gue pengen sendiri. Gue bahkan pernah curhat masalah itu ke guru agama gue yang waktu itu lagi ngadain konseling buat semua murid-muridnya. Mungkin itu parah banget, karena seperti yang dibilang temen gue tadi, "Ngelupain orang yang kita cintai itu nggak mudah."
Sama sekali nggak mudah. Percaya nggak percaya, gue butuh waktu 3 tahunan buat menyembuhkan luka yang mau diapa-apain bakal tetep membekas dan kerasa sakit kalo diinget-inget.


Patah hati itu manusiawi. Yang membuatnya berbeda adalah cara menyikapinya...


Ada temen gue yang memilih nyari kesibukan sampe bener-bener lupa, ada yang nangis bombay dan nggak mau diajak bangkit, ada yang datar-datar aja dan nggak ambil pusing. Macem-macem, dan itu nggak bisa disalahkan.
Ketika kita mencintai seseorang, ada kalanya logika nggak bisa jalan sebagaimana mestinya. Ketika gue ngelihat temen cowok gue yang nangis-nangis itu, gue nggak bisa nyalahin. Gue tahu gimana rasanya. Yang bisa gue lakuin ya cuma bisa pukpukpuk, ngasih motivasi, ngajak bangkit lagi. Selebihnya tinggal usaha dia, karena percuma aja gue ngomong sampe berbusa kalo dianya nggak mau berusaha sendiri buat bangkit.
Trus, apa yang gue lakuin ketika patah hati? Ini hanya sedikit cerita saja. Gue cuma ingin berbagi. Kalo ada manfaatnya silakan diambil, kalo nggak ada tinggal buang dan lupakan.

Nyari Kesibukan

Gue sempet ngurung diri di kamar berhari-hari. Tapi mo sampe kapan frustrasi? Akhirnya, gue nyari kesibukan. Gue ikutan ekskul ini-itu, jadi panitia ini-itu, capek tapi seneng. Nyari pelampiasan yang bermanfaat buat gue. Dari kegiatan itu, gue jadi punya banyak temen. Bisa saling berbagi. Dan gue bisa bilang, "Helloooo, di dunia ini nggak cuma ada elu!"

Patah Hati = Kreatif = Ngasilin Duit

Kok bisa? Ya bisa lah. Gue adalah tipe orang yang nggak mau rugi ketika patah hati. Berhubung gue suka nulis, jadi gue bakal ngubah perasaan sakit itu jadi sebuah cerita. Gue dulu bahkan pernah kesurupan nulis novel selama 1-2 minggu. Efek patah hati berdampak pada kreativitas gue. Gue nulis, nulis, dan nulis meski bercucuran air mata. Akhirnya, jadilah 1 novel itu, dan bentar lagi bakal terbit *hahahaha, promosi di awal gapapa kali ya*. Gue bahkan lolos audisi nulis sampe babak final gara-gara 'someone' yang menginspirasi gue. Yah, meskipun gue ampe sekarang digantungin ama penerbit, gue coba ikhlasin aja. Gue bisa lolos audisi aja udah seneng. Selain itu, gue bakal nyari lomba nulis bertema galau. Hahahaha, soalnya lebih menjiwai. Gue pernah ikutan lomba cerpen tema patah hati, walopun nggak menang, setidaknya sakit hatiku tersalurkan ke hal-hal positif. Gue cerita begini bukan bermaksud sombong ato pamer karya, enggak ... bukan begitu maksud gue. Gue cuman pengen berbagi aja, bahwa dalam keadaan patah hati pun kita bisa mengembangkan kreativitas.


Berdoa

Oke, mungkin bagi lu ini basi. Tapi, seriusan coba pikir. Siapa lagi yang paling bisa bikin hati tenteram selain Dia? Berdoalah. Minta kelapangan hati dengan sungguh-sungguh, niscaya akan dikabulkan. Gue pernah dalam keadaan down, kemudian berdoa pada-Nya, sang Maha Pembolak-Balik Hati. Gue minta supaya perasaan ini dibalik seperti saat kita membalikkan telapak tangan. Dan seiring dengan berjalannya waktu, gue  malah berteman baik dengan orang yang dulu nyakitin hati gue. Nah, lho?


Udah ah, segitu aja berbagi pengalamannya. Kalo kebanyakan, ntar gue lu kata-katain kayak Mario Teguh lagi, hahahaha. Pokoknya, buat siapapun yang lagi patah hati, bangkitlah dengan caramu sendiri. Karena dunia ini tidak sebatas tentang cinta menye-menye, maka alangkah ruginya jika waktu terbuang sia-sia hanya demi sebuah perasaan dan keegoisan semata.

This entry was posted on Rabu, 29 Mei 2013. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

7 Responses to “Cerita Patah Hati”

  1. eksis terus nih,. :)
    salut, iri juga tapi,.
    tak kira dirimu yang patah hati kak,. :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tengkyu ...


      Hahahaha nguawoooorrr, nggak yoooo ... ini cuman buat berbagi cerita aja kok :v

      Ntar kalo novelku udah naik cetak jangan lupa beli yaaaa :p

      Hapus
  2. Kayaknya gue kenal sama tokoh Aira dan Saiko (_ _!)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha. Kalo Aira lu udah tahu, tapi kalo Saiko itu temen gue cuuurrr, bukan yang cinta mati ama cewe surabaya itu... hzzz...

      Hapus
    2. Cieee yang kesindir cieeee :p

      Hapus