MOS (Memori Orang Sarap)


                 Iseng-iseng gue ngenet, eh nemuin info lomba "Cerita Gokil di Sekolah". Udah baca di postingan sebelumnya kan? Hmm, ini adalah tulisan yang gue bikin pas masih SMA dulu. Hahaha, lumayan lah buat iseng-iseng diikutin lomba. Kali aja menang, hoho...
                Ok, selamat membaca tulisan jadul gue!


                                                             

           MOS (Memori Orang Sarap)
           
            Siapa seeeh yang seumur idupnya gak pernah punya kenangan sama sekali? Cuma orang sarap aja yang ngalamin hal itu. Gue yakin banget, semua orang pasti punya kenangan, entah itu yang menyenangkan ato menyedihkan. Nah, begitu pula dengan gue. Gue punya segudang kenangan yang gak terlupakan, salah satunya adalah MOS (Masa Orientasi Sekolah) yang gue alamin empat tahun silam.
            Waktu itu, hari pertama MOS di SMA Chandradimuka. Seperti halnya di sekolah–sekolah laen, MOS emang identik dengan ajang balas dendam alias perploncoan. Peserta MOS seringkali disuruh ngelakuin hal–hal konyol yang gak masuk akal. Gue masih inget banget gimana dandanan peserta MOS saat itu. Semuanya disuruh pake baju dari kresek merah, rambut dikepang dua dan dihiasi balon warna merah kuning ijo, make tas dari kresek warna putih, dan terakhir make kalung dari kardus berukuran 20 x 30 cm yang udah dikasih tulisan aneh–aneh. Persis banget kayak orgiba (orang gila baru) yang biasa keluyuran di pinggir jalan. Dan yang lebih ngebetein lagi, peserta MOS kudu dateng tepat waktu yaitu jam 5 pagi dan kalo sampe telat bakalan dapet sanksi. Gila gak sih? Yah…berhubung gue termasuk anak yang susah bangun pagi, gak usah heran deh kalo gue selalu dateng telat. Itu pun gue juga kagak sempet mandi. Sebenernya bukannya gak sempet sih, tapi karena guenya aja yang males. Gue kagak mau mati kedinginan gara–gara mandi di pagi buta!
            Next… hari pertama gue berangkat bareng temen gue, namanya Yulia. Belom apa– apa kita udah telat. Di depan gerbang, beberapa anak OSIS udah nunggu dengan tampang sok sangar. Gue dan Yulia langsung lari ke gerbang.
            “HEH! KALIAN TAHU GAK INI JAM BERAPA?!” bentak Defri.
            Gue udah apal banget ama tak–tik kayak gini. Sok galak, sok merintah, sok berkuasa, dan sok–sok laennya. Gue dan Yulia cuma diem ngedengerin ocehan itu. Berkali–kali gue nguap karena masih ngantuk.
            “KAMU MEREMEHKAN SAYA, YAH?! HAH?!” Defri tereak – tereak lagi, dan… CROOT!! Muka gue kebagian ujan lokal gratisan dari mulut Defri.
            “Sompret, bau geblek!!” Gue langsung mengusap muka gue dengan tampang bete. Apes.
            “Hei dek, buruan masuk ke dalam barisan! Upacara pembukaan mo dimulai tuh!” teriak sebuah suara dari kejauhan.
            Refleks gue menoleh. Sedetik kemudian, wajah gue langsung pucat pasi kayak kertas begitu ngeliat cowok yang baru dateng itu. Hah? Gak salah tuh? Makhluk itu… makhluk itu jadi OSIS di sekolah ini? Gue mengucek-ucek mata beberapa kali, seakan gak percaya dengan apa yang gue lihat. Rasanya kayak mimpi! Tubuh gue langsung kaku kayak abis kesengat listrik. Gimana nggak, tuh cowok ternyata orang yang udah bertaon–taon nongkrong di dalem ati gue. Lu tau gak dia itu siapa? Yah…sebut aja Majesta. He is my first love!! Pasti lu bakalan bertanya–tanya,” Kok bisa? Kapan kenalnya? Bukannya lu masih murid baru?”. Oke lah, gue bakal ngasih sedikit penjelasan. So, Majesta itu sebenernya kakak kelas gue sejak jaman SMP dulu. Gue ngerasain love at first sight saat pertama kali ngeliat dia pas MOS jaman SMP. Dan anehnya perasaan itu kagak pernah ilang sampe gue nginjek SMA. Hohoho…
            Sejak saat itu lah, gue semangat banget kalo MOS. Gue selalu nyuri–nyuri waktu buat ngeliat senyum dia yang bikin ati adem itu (Cie…). Oh ya, waktu MOS semua peserta dibagi menjadi enam planet. Yang dimaksud planet di sini adalah kelas yang diibaratkan sebagai sebuah planet. Nah, setiap planet mempunyai nama yang unik dan selama MOS nama peserta akan disesuaikan dengan nama planet yang dihuni. Sungguh sial, gue ditaroh di planet “ Memedi” alias S – E – T – A – N! Parahnya lagi, gue dikasih nama “ Han Rai Tho.” Sekilas tuh nama emang tampak keren, tapi asal lu tahu…artinya tuh ancur banget! Hantu Rai Tongos (bahasa jawa) yang artinya Hantu Berwajah Tongos. Gile, gue dikasih nama kayak gitu! Saat itu juga gue langsung keinget ama mulut Tukul Arwana yang tongos abis! Temen–temen seplanet gue pun gak jauh beda ama gue. Ada yang namanya hantu jembatan ambrol, tuyul botak cling, kolor item, sundel beranak, kuntil bolong, pocong ngesot, dan macem–macem nama aneh lainnya. Udah gitu, semuanya wajib berekspresi di depan kelas sesuai dengan nama julukan masing–masing. Sarap banget!

            Setiap planet dibimbing oleh dua anak OSIS. Gue ngarep banget kalo yang jadi pembimbing planet gue adalah Majesta, tapi ternyata bukan. Majesta jadi pembimbing planet laen, huhuhu…
            “Ok adek–adek, sampe di sini dulu acara perkenalannya. Sekarang, kalian silahkan keluar sambil membawa peralatan kebersihan masing–masing. Untuk cowok membersihkan halaman sekolah, dan untuk ceweknya membersihkan kelas.” Kata Aden, pembimbing planet gue.
            Semua anak langsung keluar dari kelas dan ngerjain tugas masing–masing. Gue memilih ngelap kaca jendela di depan kelas. Sambil nyanyi–nyayi kecil, gue mulai membersihkan debu–debu yang nempel di kaca. Saat itu lah, Yulia nyamperin gue.
            “Woi, gimana planet elu? Seru gak?” tanya Yulia.
            “Ya…gitu deh. Planet lu sendiri gimana?” gue balik nanya.
            “Seru donk…anaknya rame semua!” jawab Yulia.
            “Ssst…ngomong–ngomong, Kak Majesta mana yah? Gue pengen ketemu dia nih…” bisik gue.
            “Alah muke lu! Baru gak ketemu Kak Majesta seben…”
            “Ya? Ada yang manggil saya?” Majesta tiba–tiba nongol kayak hantu. Sumpah, jantung gue rasanya kayak mo jatoh ke dengkul! Muka gue langsung pucet kayak kertas burem. Gue grogi…
            “Oh..Mmm…gak ada apa–apa kok, Kak…” gue gelagapan.
            Majesta manggut–manggut sambil senyum, lalu pergi dari hadapan gue. Gue teler di tempat. Oh my god…senyumannya itu lho, kagak nahaaaan! Bikin gue klepek–klepek gubrak aja. Hehehe :D
            “Kenapa lu gak PDKT aja ma tuh anak?” celetuk Yulia.
            “Ha?!” gue melotot.
            “Iya, mending lu PDKT aja! Ini kan MOS, lu punya banyak kesempatan buat ngedeketin dia. Siapa tau mata dia kelilipan batu pas ngeliat elu, trus tampang lu di matanya keliatan kayak Breatney Spears gitu, nah trus dia jatuh cinta deh sama elu!” kata Yulia dengan semangat.
            “Hmmm, boleh juga ide lu. Lagian gue juga udah tiga taon lebih mendem nih perasaan, lama–lama gak betah juga…” kata gue.
            Akhirnya, hari itu juga gue memutuskan untuk PDKT ama Majesta. Tapi yang ada, gue malah kayak kucing–kucingan ama dia. Gimana nggak, saat dia ada di deket gue, gue langsung kabur karena gak kuat mandang wajah dia lama–lama. Gue suka lemes mendadak kalo ada di deket dia. Untungnya gue kagak sampe mimisan, hahaha. Tapi kalo jauh dari dia, gue selalu nyari batang idungnya. Nah, bikin bingung kan? Ya, itulah yang gue rasain pas ngalamin yang namanya jatuh cintrong. Pengennya dekeeeet terus, tapi kalo udah deket malah ngibrit gak jelas. Kalo gue inget kejadian itu, pasti ngakak gak abis–abis. Ah, betapa sarapnya gue waktu itu…hahaha…
            Oh ya, waktu MOS di sekolah gue itu, semua peserta dikasih sebuah kertas berisi daftar nama anak–anak OSIS, dewan guru, dan karyawan. Semuanya wajib minta tanda tangan ke semua nama yang tercantum di kertas itu. Tujuannya sih biar kita semua pada kenal sama keluarga besar SMA Chandradimuka. Nah, gara–gara kertas itu lah gue ngalamin kejadian yang…yah…gue juga kagak tau pantesnya di sebut kejadian menyenangkan ato mengenaskan.
            Gue lupa kejadiannya pas MOS hari ke berapa, tapi yang jelas saat itu gue lagi bingung banget mo minta tanda tangan ke Majesta. Tau sendiri lah, gue suka nerpes kalo ada di deket dia.
            “Dek, deadline ngumpulin tugasnya besok! Bagi yang belom penuh tanda tangannya, buruan minta ya!” kata Aden.
            Oh my god…gue blingsatan di tempat. Gue menatap kertas tugas gue. Hanya tinggal beberapa aja yang belom gue mintain tanda tangan, termasuk Majesta.
“Duh…gue minta tanda tangan ke dia gak ya? Tapi gimana caranya?” gue bingung.
            Gue cuma berdiri di depan kelas dengan tampang dongo. Beberapa meter dari tempat gue berdiri, gue ngeliat Majesta dikerubutin anak–anak yang sibuk minta tanda tangan. Gila, kayak artis aja tuh cowok. Gue garuk–garuk kepala kayak orang bego. Duh… gue minta tanda tangan ke dia gak ya? Kapan lagi coba bisa sedekat ini? Gue harus minta…gue harus minta! hati gue udah tereak–tereak, ngomporin gue supaya ngedeketin Majesta. Dan…yah…akhirnya gue memberanikan diri mendekat. Gak bisa dibayangin deh gimana gugupnya gue waktu itu. Gue lalu masuk ke dalam kerumunan itu.
            “Mmm… Kak, boleh minta tanda tangannya?” kata gue dengan suara bergetar. Sumpah, gue nerpes gila!
            “Oh, boleh. Tapi gak gratis dek, ada syaratnya!” Majesta tersenyum sembari menandatangani beberapa kertas tugas milik peserta MOS. Senyumnya itu lho, so sweeeet…
            “Apa?” tanya gue setenang mungkin.
            “Kamu harus bisa menjawab semua pertanyaan saya, baru ntar saya kasih tanda tangan!”
            “Apa pertanyaannya, Kak?”
            “Yang pertama, bagaimana bunyi rumus Pythagoras?”
            “Apaan?” gue bingung.
            “Itu tuh pelajaran matematika SMP, masa gak bisa sih?”
            Gue menggeleng dengan begonya. Gue emang alergi dengan pelajaran itung–itungan. Gue benci banget ama yang namanya angka, kecuali angkanya duit. Beberapa saat lamanya gue hanya diem kayak patung idup.
            SIALAAAAAN!! Kenapa harus kayak begini sih model pertanyaannya? Ketauan deh begonya gue! Huh, tau gitu gue gak bakal minta tanda tangan ke dia!
            Gue bingung harus ngomong apa. Hiks… :(
            “Hhh, oke lah. Kalo gitu kamu sekarang nyanyi gih!” kata Majesta akhirnya.
            “Ha?!” gue melongo.
            “Iya, nyanyi. Ayo nyanyi di planet artis!” ajak Majesta.
            Gue gak tahu harus gimana. Bayangin aja deh, NYANYI! Ini adalah hal tergila yang pernah gue lakuin pas  MOS. Ok, suara gue emang merdu banget. Saking merdunya, gue berani jamin semua orang bakalan kejang–kejang kalo dengerin suara gue.
            “Haduh Kak, gak usah repot–repot deh…” kata gue.
            “Gak ngerepotin kok. Ayo buruan!” kata Majesta lagi.
            “Mmmm…mmm…” gue garuk–garuk kepala.
            “Buruan nyanyi dek! Ntar kita kasih tanda tangan deh!” kata Mona. Anak OSIS laennya manggut–manggut.
            Yah…dikeroyok kayak gitu, akhirnya gue pasrah deh. Rasanya gue mo pingsan saat Majesta menatap gue sambil tersenyum. Gue menarik napas perlahan, lalu mulai menyanyi.
            “Saaaya siii putriiii, si putri sinden panggung…datang kemari…menurut panggilan Anda…” gue menyanyi ala Uut Permatasari.
            “Hahahaha, bagus dek!” semuanya ngakak ngeliat aksi gue siang itu. Sumpah, gue tengsin abis! Pengen cepet–cepet kabur dari tempat itu!
            Setelah nyanyi, gue dapet tanda tangan anak–anak OSIS yang ada di ruangan itu. Gue seneng banget, lebih–lebih pas ngedapetin tanda tangannya Majesta. Rasanya sayang banget kalo kertas itu gue serahin ke  OSIS, hehehe…
            Tapi, dunia gue langsung jungkir balik pas MOS di hari terakhir. Ada kabar angin yang mampir di kuping gue. Majesta suka ama cewek dari planet Perkakas, namanya Kiky. Info itu gue dapetin dari Yulia. Awalnya gue gak mau percaya, sampe akhirnya datanglah sebuah kejadian tragis menimpa gue.
Saat itu, gue sama Riko, temen gue lagi gelantungan di pohon mangga belakang sekolah seabis pelajaran olahraga. Tempat itu bisa di bilang sepi dari peradaban manusia.  Kami ngadem di tempat itu sembari makan buah mangga yang kebetulan lagi berbuah. Gak lama kemudian, datanglah dua anak manusia yang bikin jantung gue berasa jatoh ke dengkul. Majesta dan Kiky! Mereka duduk di bangku yang berada tepat di bawah gue! Gue menahan napas. Riko yang emang udah tau tentang perasaan gue ke Majesta pun ikut-ikutan keder.
Lima menit berjalan. Majesta dan Kiky duduk dalam diam. Gue berasa mo pingsan.
“Ky…” Majesta memulai. Kayaknya dia grogi.
“Ya?”
“Aku mau ngomong sama kamu…”
“Ya?”
“Ini tentang perasaanku ke kamu…”
“Ya?”
“Aku gak tahu harus mulai dari mana…”
“Ya?”
“Kok ya-ya-ya mulu sih?” Majesta jengkel.
“Emmm, maaf…”
“Kiky…” Majesta menahan napas.” Kamu…aku…eh…maksudku…”
“Kakak sebenernya mau ngomong apa sih?” tanya Kiky.
Gue menggigit bibir. Tubuh gue udah panas dingin gak karuan. Gue takut…
“Kiky…mmmm…Kiky…udah punya cowok belum?” tanya Majesta akhirnya.
Gue menutup muka. Gua mulai paham kemana arah pembicaraan ini.
“Ha?” Kiky mendongak, memperlihatkan raut mukanya yang terkejut.
“Aku…sayang..Kiky…”
Dunia serasa berhenti berputar.
“Kak Majesta…sayang sama Kiky?”
“Iya… Maaf kalau aku terlalu lancang ngomong kayak begini, tapi aku…”
“Wah, bakal jadian nih!!” bisik Riko dengan muka gak bersalah.
“Diem bego!!” Gue membekap mulut Riko dengan penuh kekesalan. Riko memberontak, mencoba melepaskan tangan gue.
“Hei, siapa itu?” Majesta celingak-celinguk.
“Kak…kayaknya suaranya berasal dari situ deh…” Kiky menunjuk gedung tua yang letaknya pas di samping pohon. Gedung yang udah lama gak dipake itu emang terkesan serem.
Majesta merinding. Dia menggenggam tangan Kiky erat-erat. “Jangan takut ya, Ky…jangan takut….”
“Siapa yang takut sih? Kakak kali yang takut, tangannya dingin begitu!” celetuk Kiky.
“Hmm…hm..hihihi..” Gue nahan ngakak, takut ketahuan.
“HEI, SIAPA ITU??!” teriak Majesta lagi.
Gue langsung diem sambil komat-kamit. Jangan sampe dia mendongak ke atas!
“Kayaknya suaranya dari atas sini…” Kiky mendongak, tapi kepalanya langsung ditundukin lagi sama Majesta.
“Jangan aneh-aneh, ah! Ayo pergi….”
“Kakak takut?”
“Nggak, siapa bilang?”
“Hehehe, mukanya kayak orang takut sih…”
“Enggak kok, aku gak takut…Cuma aku gak nyaman aja ama tempat ini. Ayo kita pergi!”
Kiky ketawa. “Hahahaha, Kakak lucu…”
“Aduh, ayo pergi, Ky…”
“Mmm, gak mau mendengar jawabanku nih?”
“Emang apa jawabannya?” Majesta agak kesal, udah gak sabaran pengen cepet-cepet cabut dari tempat ini.
“Kiky juga sayang Kakak.”
Majesta terdiam. Matanya menatap lurus mata Kiky.
Kiky menundukkan mukanya yang bersemu merah.
Gue? Gue juga terdiam. Gue tahu, sebentar lagi kristal bening itu bakalan jatuh di pelupuk mata gue.
“Makasih, Kiky…” Majesta menggandeng tangan Kiky erat. Kemudian mereka pergi. Gue menatap tubuh mereka yang semakin menjauh dengan hati yang gak karuan. Riko yang ada di sebelah gue berusaha menghibur.
“Sabar, yah….gue tahu sih elu gak secantik Kiky, gak sepintar dia, gak seimut dia, gak sefeminim dia, gak….”
“MAKSUD LU APA NGOMONG KAYAK GITU???” gue mencak-mencak. Tersinggung!
“Hehehe, sori…emang kenyataannya kayak gitu. Tapi yang pasti, lu suatu saat nanti bakalan nemuin cowok yang baik buat lu…” kata Riko sambil ngikik.
Ya, itu lah untuk pertama kalinya gue ngerasain yang namanya patah hati, hiks…hiks…jadi pengen nangis kalo keinget (Ada tissue gak?)
            Gak usah ditanyain deh gimana perasaan gue waktu itu. Coba bayangin seandainya lu memendam perasaan ke seseorang selama bertahun–tahun dan ujung–ujungnya tuh orang suka ama orang lain? Menyakitkan! Rasanya hati ini kayak ditusuk–tusuk ama ribuan jarum. Gue pengen tereak–tereak, pengen nangis, pengen marah, dan tentunya pengen makan! Sudah tahu luuuka…di dalam dadaaaaku…sengaja kau siram dengan air gaaaram… Kejamnya sikaaapmu membakar hatiiikuuu…sehingga cintaaaku berubah haluan… Oooh, sungguh teganya dirimu teganya…teganya…teganyaaaaa! ( Lah, malah nyambung ke lagu dangdut!)
            Yeah, itu lah kisah gue waktu jaman MOS SMA. Gue dibikin ngedrop ama cowok bernama Majesta. Selama hampir lima tahun perasaan itu nongkrong di hati gue, dan pada akhirnya gue bertekad untuk ngelupain Majesta sepenuhnya. Gue gak pengen hidup gue makin ancur gar –gara tuh cowok. Gue udah janji gak akan mengulangi kegilaan gue: terlalu mencintai cowok.
            Ssst…biarpun hati gue udah dikoyak abis–abisan ama tuh cowok, tapi endingnya gue seneng banget! Loh, kok bisa? Yup, bagi gue dia adalah sumber inspirasi terbesar gue. Karena, gara-gara patah hati itu lah gue bisa membuat sebuah karya.Ternyata patah hati bisa bikin gue kreatif loh! Gue berhasil mengubah rasa sakit itu menjadi sebuah novel yang gue garap selama dua minggu. Novel itu gue kasih judul “ Me Vs Einstein.” Lu pasti penasaran kaaaan? So, doain yah moga tuh novel bisa cepet terbit. Amiiin!
            Majesta…lu akan menjadi sebuah kenangan yang gak terlupakan dalam hidup gue… Makasih udah bikin gue terluka, karena sekarang gue udah berhasil mengubah sebongkah luka itu menjadi sebuah karya yang indah…Semua kisah itu diperankan dengan sempurna oleh tokoh – tokoh hasil imajinasiku… gue puas!!
            Selamat tinggal cinta…

           

This entry was posted on Sabtu, 16 Juni 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

8 Responses to “MOS (Memori Orang Sarap)”

  1. Dasar sarap lu! Haha tp lu sarap ending2nya klepek2 juga sama *ehm... 'majesta'/'*****' ^^V

    BalasHapus
  2. Hei.. Hei... Hei...
    WHAT IS THE MAKSUUUDDD?--"

    Itu fiksi og nduk..hehe..

    BalasHapus
  3. ooow,,, manisnya... sakitnya,, :D
    Bagus..bagus.. pertahankan yaa rasa sakitnya *lho ??
    maksudnya biar terus jadi pemicu semangat !!
    Keep Spirit yaaaa ?! :)

    BalasHapus
  4. Apa sih pit?? --"

    Lu kesannya kayak nyemangatin orang patah hati aja -,-

    Itu cuman fiksi.... --"

    BalasHapus
  5. majesta refer to siapa?

    #mupen(muka penasaran)

    BalasHapus
  6. kasi tau gak yaaaaa?? :D

    Hahaha....

    BalasHapus
  7. kasih tau laaa

    heheh

    #ibuibupenasaandengangosip

    BalasHapus
  8. Einstein ki berhubungan karo fisika lho....sopo ya yg dulu ahli fisika?

    #tafsirkan sendiri :D

    tapi ini sebagian cuma fiksi kok... -_-

    BalasHapus