CERITA PARE #PART 7


Haiii!
How’s life?
Udah tiga minggu lebih aku idup di Pare daaaan nggak nulis apa pun! T.T
So, malem ini aku akan memaksakan diri buat nulis hal-hal nggak penting yang kulalui di sini. Sebenernya sekarang aku harus apalan materi pronunciation buat maju besok, tapi sabodo amat dah. Kalo belajar mulu ntar malah kagak jadi nulis *eaaa.
Ada banyaaaaaak banget yang mo kutumplekin di tulisan, tapi karena aku cuman punya waktu dua jam buat nulis (besok masuk pukul tujuh, coy!), aku bakal nyeritain yang masih anget di otak, hahaha.


FINALLY, AKU KE BROMO JUGAAAAAAAA!!! *tereak pake toa masjid*

Seneng. Seneng nggak karu-karuan! :D
Jauh-jauh hari aku emang udah ngerencanain bakal maen tiap akhir pekan, dan sebagian besar gagal gegara Kelud meletus dua minggu lalu, padahal agenda awal adalah maen ke Kelud -___-
Sampai detik ini, aku sudah mengunjungi Candi Surowono, Gunung Klotok, Goa apaan gitu lupa namanya, Simpang Lima Gumul, Bromo, BNS, dan Alun-Alun Batu. Kalo sekitaran Pare sih di Tansu (Ketan Susu) yang sangat legendaris bagi anak-anak Pare, Taman Kilisuci, Tugu Garuda, Dewi Pending, dll. Pokoknya puas-puasin main, karena tujuan utamaku di sini emang bukan buat belajar 100% sih, tapi buat menjelajah tempat-tempat buat bahan revisi novelku nanti.
Oke, back to topic!
Acara main ke Bromo ini digagas oleh Mbak Lia dan aku. Kami sekamar di camp Griya Kemuning dan sama-sama suka ngabisin duit buat jalan-jalan. Setelah minggu lalu mendaki 400 tangga di Gunung Klotok dan sukses bikin badan encok, kami sepakat buat ngomporin anak-anak se-camp buat main ke Bromo, dan berhasil, huahahahaha. Total yang ikut 15 anak, tapi nggak semuanya anak Griya Kemuning sih. Beberapa ada yang dari camp lain, tapi masih anak Elfast juga.
Kami berangkat sekitar pukul 10 malam dari Elfast. Sampe Bromo sekitar pukul 03.30 pagi. Begitu turun dari mobil, kami langsung diserbu oleh para penjual topi kupluk, syal, sarung tangan, dan sewa jaket. Sumpah, di sana itu dinginnya kagak nahan. Padahal kami belum naek ke atas tapi udah kerasa brrrr banget! Aku udah nyiapin dua jaket tebel, dan ternyata kagak ngaruh apa-apa. Akhirnya, dengan agak berat hati (coy, ane lagi kere!) aku nyewa jaket tebel. Di sana rata-rata harga sewa jaket 20 rebu per biji. Kalo harga semacem sapu tangan dll yah palingan 20 rebu, yang jelas lebih mahal di sana. So, kalo kamu pengen kagak boros, persiapkan semuanya dari rumah. Jaket tebel tiga ato empat rangkep, syal, topi kupluk, kaos kaki, dan sepatu ato sandal gunung. Jangan pake sandal jepit kalo kagak pengen tuh kaki kenapa-napa di jalan.
Kami naek pake pick up buat nyampe atas. Berasa jadi arakan sapi, hahaha. Tapi seru loh daripada naek jeep. Tahu kenapa? Kalo naek pick up, kamu bisa lihat alam terbuka yang amazing banget! Selama perjalanan aku nggak brenti-brentinya nengok ke atas, lihat bintang bertaburan. Sumpah kereeeeen banget, men! Sejauh mata memandang yang kelihatan adalah bintang, di langit maupun di bumi. Dari atas, kami bisa melihat rumah-rumah penduduk yang berkelap-kelip di bawah sana. Persis kayak Bukit Bintang di Gunung Kidul!
Begitu sampai perbatasan yang ga tau apaan namanya, kami brenti dan mulai mendaki. Nggak lama sih, sekitar 30 menitan. Di puncak udah rame banget. Orang-orang pada nungguin sunrise. Karena kami datengnya agak telat, kami kagak kebagian spot yang asyik buat mandang sunrise. Tapi tetep sih, sunrise-nya kelihatan indah banget. Bisa dibilang, ini adalah sunrise terindah yang pernah aku lihat! Sayang banget aku kagak punya kamera, huhuhu. Jadinya cuman bisa motret pake kamera hape yang nggak bagus-bagus amat. Nah, ini dia sunrise-nya! So beautiful, right? :D






Dari atas, kami juga bisa melihat hamparan gunung yang keindahannya nggak bisa diungkapkan pake kata-kata. Bagus bangeeeeetttt!! Puas ngelihatin pemandangan, kami kembali ke pick up untuk melanjutkan perjalanan. Oh, ya, di Bromo ada yang namanya Bukit Cinta. Nggak tahu apa filosofinya kok dikasi nama begitu, tapi yang jelas ada banyak orang yang ke sono. Dan berhubung pick up yang kami tumpangi cuman ngelewatin doang, kami cuman bisa gigit jari sambil mandang tuh bukit.
Tempat yang kami kunjungi selanjutnya adalah Bukit Teletubies. Jadi, di sana tuh ada banyak bukit hijau menjulang dengan indahnya. Bener-bener kayak yang di Teletubies itu loh. Kami juga menemukan bunga edelwais yang tumbuh liar di sana. Indah. Sangat indah. Dalem ati pengen banget metik, tapi nggak jadi karena nggak tau musti dikasiin ke siapa, hahaha. Kan biasa tuh, orang-orang suka ngegombal pake tuh bunga. Oya, di sana juga banyak penjual bunga edelwais yang dirangkai jadi cantiiikk banget. Tapi, lagi-lagi aku harus menahan diri untuk nggak beli karena duitku mepet abis. Hiksss…
Tapi it’s okay, aku udah cukup bahagia melihat pemandangan maha indah di sana. Nggak keitung berapa kali aku ngelakuin aksi selfie di sono, hahahaha. FYI, aku sebenernya nggak tahu itu tempat namanya apaan. Kami asal aja ngasih nama Bukit Teletubies, hahahaha. Tapi kurasa nama itu cocok. 

bunga keabadian :*

abaikan mas-mas di belakang saya. Dia merusak pemandangan -____-

heuheuheu...


Next, perjalanan pun dilanjutkan. Kami berhenti di sebuah tempat bernama Pasir Berbisik. Unik banget nggak sih namanya? Pas aku tanya ke sopir, katanya sih masyarakat ngasi nama itu karena pas musim kemarau pasirnya pada bertebaran dan berisik. Alasan yang cukup masuk akal. Berbeda dengan Bukit Teletubies, di sana yang terlihat sejauh mata memandang adalah gundukan pasir dan gunung menjulang. Selain itu, di sana hawanya juga panas, jadi kami memutuskan untuk melepaskan jaket. Oya, di sana aku juga menemukan beberapa penjual makanan. Jadi, meskipun berada di tempat yang jauh dari kehidupan, kagak usah khawatir ya. Pasir Berbisik indah nian, sodara-sodara. Bagaikan berada di Arab dah. Coba aja di sana ada Onta, pasti makin keren :D





Puas ngambil gambar di Pasir Berbisik, kami pun melanjutkan perjalanan. Di mana lagi kalo bukan di Kawah Bromo! Oh, meeeeen, it’s so amazing! Wonderful!
Turun dari pick up, kami langsung diberondong sama tukang kuda (bingung nyebutnya, hahaha). Mereka pada nawarin jasa kuda gitu buat nganterin sampe bawah tangga. Awalnya kami menolak. Sambil jalan, aku sok-sokan nolak sekaligus nawar dengan harga semurah mungkin. Awalnya ngotot banget mau jalan kaki, tapi begitu ngelihat dari deket betapa horor jalanan sampe puncak, aku langsung nyewa kuda (dengan harga murah tentunya). Masalahnya nih encok belum ilang, kalo ditambah jalan kaki yang jaohnya kagak ketulungan itu, yakin nih encok bakal makin parah. Emang seberapa jaoh? Sayangnya aku kagak ngukur, hahaha. Tapi yang jelas jaooooooooooooh banget. Jadi di sana tuh ada tangga yang kalo nggak salah sih sejumlah 250 anak tangga. Tapi, sebelum itu kamu juga kudu ngelewatin jalanan nanjak yang mayan jaoh. So, mending naek kuda deh kalo kagak mau tepar.

Jaraaaan! *eh, aku orak misuh lho*

Awalnya geli campur takut gitu naek kuda, abisnya baru sekali itu aku diarak pake benda idup, hahaha. Takut kalo tuh kuda tiba-tiba ngamuk trus lari. Tapi pas udah jalan ternyata rasanya asyik. Sambil jalan, aku ngobrol-ngobrol sama bapak tukang kuda. Kata beliau, di sana ada sekitar 500 tukang kuda yang beroperasi setiap harinya.
“Tiap hari biasanya dapat berapa penumpang, Pak?” tanyaku.
“Yah, kalau lagi rame sekitar lima sampai enam penumpang, Mbak.”
Mataku terbelalak. “Serius, Pak?”
“Iya, Mbak. Itu nanti hasilnya masih dipotong buat Koperasi. Kan ini bukan punya saya, Mbak. Ini usaha milik bersama.”
Aku speechless.
“Wah, ini kudanya apa nggak capek ya, Pak, bolak-balik naik-turun?” aku mengalihkan topik.
“Kudanya mah udah kebiasa, Mbak. Malah biasanya sama bule dipake buat balapan kuda. Yang capek, ya, manusianya, Mbak. Ngos-ngosan gini, hehehe…”
Lagi-lagi aku speechless. Sekilas aku melihat bapak tua disampingku itu. Peluh bercucuran di wajahnya. Aku pun terdiam dan tidak menanyakan apa pun lagi.
Sampai atas, aku turun dari kuda dan melanjutkan perjalanan pake kaki. Ngelihat tangganya aja aku udah lemes, tapi karena anak-anak pada semangat, aku jadi semangat juga. Sumpah capeeeeekkk coy! Berkali-kali brenti buat ngatur napas dan tentu saja nge-selfie, hahahaha. Begitu nyampe atas, semua rasa capek langsung ilang. Buyar. Takjub melihat pemandangan di bawah sana. Kawah Bromo. Akhirnya aku melihatnya!

Pose galau andalan.

Masya Allah … sungguh indah ciptaan Allah ini. Di balik pembatas, aku menikmati pemandangan yang luaaarrr biasa. Sayang banget waktunya cuman bentar, padahal aku masih pengen jalan-jalan di sekitaran situ, huhuuhuuuu. Pas nyampe bawah, bapak tukang kuda kembali menyambutku dengan senyum lelahnya. Dan lagi-lagi kami mengobrol. Pas nyampe di jalanan datar, aku baru sadar kalo di sana ada pura yang cukup besar. Kata bapak tukang kuda, masyarakat di sini mayoritas beragama Hindu.
“Berarti kalau pas Hari Raya Galungan ramai dong, Pak?” tanyaku.
“Iya, Mbak. Biasanya mereka ke sini buat ngambil air suci.”
“He? Air suci?”
“Di sana ada sumber air yang disucikan begitu, Mbak. Yah, kalau di Islam itu kayak semacam air zam-zam di Makkah sana. Mereka ke sini buat ngambil air sekaligus melakukan ritual keagamaan.”
Aku manggut-manggut. Dalam perjalanan pulang, aku baru sadar kalau aku melewati perkampungan ala Bali. Bener-bener berasa di Bali. Aku juga sempat melihat patung Dewa entah apa namanya dipajang di pinggir perempatan.
Ketika pulang, lagi-lagi aku disuguhi pemandangan alam yang luar biasa menawan. Sawah berundak-undak rapi dengan beragam warna, sekilas seperti potongan kue tart. Awan putih yang berarak. Kawah. Gunung-gunung menjulang. Aaaaaaaaaaaaaah!
Sampai bawah, kami melanjutkan perjalanan ke Batu. Tujuan wisata kami selanjutnya adalah BNS (Batu Nigh Spectacular). Di sinilah semangatku langsung turun drastis. Mendadak pusing dan perut kram nggak karu-karuan. Yes, I got period -_____-
Bener-bener nggak ngambil foto di BNS. Boro-boro, ini perut sakitnya minta ampun. Di sana, aku cuman ngelihatin anak-anak naik roller coaster (kalo ga salah namanya ini) sambil nahan sakit. So baaaaaad! T.T
Untunglah ada salah satu wahana yang nggak begitu menyakitkan buat cewe yang lagi PMS. Kami nonton film 4D. Durasinya emang cuman 10 menit, tapi adrenalin bener-bener terpacu. Sebelum film diputar, kami diharuskan untuk memasang sabuk pengaman dan memakai kacamata 4D kami. Dan woooooow, amazing banget! Kami diajak petualangan melewati tempat-tempat horor. Itu pemandangan berasa ada di depan mata, padahal kami cuman duduk di kursi yang gulang-guling, hahahaha. Ya iyalah, namanya juga 4D -___-
Anak-anak lalu masuk ke taman lampion. Daaaan berhubung sakit perutku udah kagak nahan, aku memutuskan buat balik ke mobil bareng beberapa temen lainnya. Pukul 9 malam, kami berhenti di Alun-Alun Batu buat makan bakso. Abis itu pulang. Huaaaaaaaah, seneeeeeng!
Dan semua itu musti dibayar dengan ketidakhadiranku hari ini. Yes, aku bolos. Kram-ku masih kambuh aja. Untung pas sore udah mendingan, jadinya aku bisa masuk kelas malem. Oke, segini dulu aja deh ceritaku. See u!

Pare, 3 Maret 2014.
Pukul 23.45 WIB.

This entry was posted on Selasa, 07 Oktober 2014. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply