Kisah Dua Orang Anak Manusia

Inilah kisah paling mengenaskan sepanjang abad!! T-T
                Kisah tentang dua orang anak manusia yang gak lain dan gak bukan adalah gue dan Anggun. Kenapa gue bilang mengenaskan? Ya makanya, lo tuntasin dulu baca ini biar tahu, hahaha.
Sekitar jam 9 pagi, gue ma Anggun dengan penuh semangat meluncur ke Malioboro pake bus Transjogja. Kami mo nyari oleh-oleh buat keluarga. Beberapa hari lagi kami mo pulang kampung, euy! :D
Begitu nyampe jalanan Malioboro, dengan gaya sok kaya kami menyusuri jalan. Cuci mata, ngeliat pernak-pernik bagus yang cuma bisa bikin kami nelen ludah (inget kantong woy!). Ujung-ujungnya kami masuk ke pasar Beringharjo. Semua toko kami satroni, mulai dari lantai bawah sampai lantai atas. Pokoknya yang ada di otak kami, gimana caranya biar bisa dapet barang bagus tapi murah (dasar!), mengingat keluarga di rumah gak cuma satu dan pastinya kami bakalan bangkrut kalo gak pinter-pinter ngatur duit.

                  “Nggun, mana tempat kerudung bagus yang lo bilang?” tanya gue.
                  “Di lantai paling atas sono noh!” Anggun menyeret gue ke lantai paling atas. Lalu sampailah kami di toko R*** M**** (nama tempat disamarkan demi kebaikan bersama). Dan gue pun mulai memilih-milih barang.
                  “Emak gue pantesnya dikasih warna apa ya?”tanya gue.
                  “Merah bagus tuh!”jawab Anggun.
                 “Mencolok atuh, neng. Mana cocok ama baju emak gue yang warnanya orange gelap gitu.”
                  “Ya udah, putih aja.”
                  “Bentar, gue telpon emak gue dulu.”
                   Beberapa saat kemudian….
                  “Ok. Putih aja katanya.” Gue pun beranjak ke kasir. Dalem ati gue amat berharap, semoga emak gue tercinta berkenan make jilbab plus kerudung yang gue beliin. Amiiin… :D
                Lanjuuuut! Kami meluncur ke lantai paling bawah. Aksi tawar-menawar sadis pun dimulai…
                “Bu, ini harganya berapa?” tanya Anggun sambil menunjuk sebuah celana batik. Sodaranya ada yang nitip.
                “Itu 55 ribu, neng…” jawab sang penjual.
                “15 rebu, Bu!” tawar Anggun dengan muka sadis. Gue cuma ngikik di belakangnya. Gile nih anak…
                 “Yah, nggak boleh, neng. 25 deh…”
                “Kagak, ah! Yuk cari di tempat laen…”
                Kami pun pergi, gak peduli sama penjual yang manggil-manggil. Gue kasih tahu ye, lo kalo lagi di Malioboro kudu pinter-pinter nawar. Kalo kagak, bisa ketipu lo.
                “Bu, ini berapa?” tanya Anggun ke penjual lain. Barang yang ditunjuk sama persis kayak yang tadi.
                “35 rebu, neng!”
                “Mahal amat. 15 rebu dah!”
                “Nggak boleh…mentok 25 rebu ni!”
                “Mmmm…nggak jadi, deh.” Kami pergi sambil masang tampang sok gak butuh. Padahal dalem ati udah jingkrak-jingrak aja. Mendekati harga pas, hohoho. Kami pun mulai menghitung langkah. Wahai penjual, berserulah! Satu…dua…ti…
                “Ya udah deh mbak, 20 rebu boleh…nih yang ukuran XL!”
                Tuuuh kan, apa gue bilang! Hahaha. Gue dan Anggun tersenyum penuh arti, lalu mendatangi target. Assseeeeek….. :D
                Keluar dari pasar Beringharjo, gue kelaperan. Ngeliat penjual pecel yang berjejeran, gue jadi tergoda.
                  “Makan yok! Gue belom sempet sarapan tadi…” kata gue.
                Anggun mengangguk.” Makan di mana?”
                “Di tempat nenek-nenek itu aja yuk! Kayaknya murah kalo beli di nenek-nenek, hehehe.”
                Dan kami pun memesan makanan.
                “Mbah, tumbas pecel nggih..diparingi mie sekedik kaleh gorengan…” gue sok-sokan ngomong pake jawa alus. Padahal asli, gue kagak begitu bisa ngomong pake jawa alus. Hehehe, biarpun gue orang jawa, tapi di jawa timur kebanyakan pake jawa ngoko. Tapi kok di tulisan ini gue ngomong pake gue-elo sih? Ya…suka-suka gue lah.
                “Oh, nggih mbak. Niki…bla…bla…..” si Mbah bercas-cis-cus ria dan gue bener-bener kagak ngarti apa yang diomongin. Gue cuma mesam-mesem gak jelas. Sok-sokan banget sih gue... -_-
                Dan saat pembayaran…
                “Berapa semuanya, Mbah?”
                “XXXX!” jawab si Mbah yang langsung bikin jantung gue berasa nyungsep di tanah. Harga sengaja gue samarkan demi kebaikan bersama. Yang pasti, harga itu setara dengan 4 mangkok mie ayam favorit gue di Jember.
                Gue dan Anggun menelan ludah. Selesai membayar, kami pun beranjak dari tempat itu.
                   “Nggak lagi-lagi deh…nggak lagi-lagi!” gue geleng-geleng.
                “Nggak nyangka harganya segitu. Tahu gitu mending makan di restoran aja sekalian…” kata Anggun.
                Kami lalu menyusuri jalan, nyari shelter Transjogja. Kami mo nyari tiket buat pulkam di stasiun lempuyangan. Setelah ngobrol panjang lebar, Anggun merasakan sebuah keganjilan.
                “Yakin kita mo ke Lempuyangan pake shelter yang ini?” tanya Anggun.
                Gue memasang tampang cengok.” Mana gue tahu….”
                “Lah, lo gimana seh? Bukannya ini jalan menuju Taman Pintar?”
                “Kalo mo ke shelter Taman Pintar ya ke sono…”gue nunjuk ke sebuah arah yang ujungnya udah gak kelihatan saking jauhnya.
                “Hah? Jadi kita jalan kaki ampe gempor gini tapi…salah jalan?” Anggun syok.
                “Hehehe, ya udah sih, coba aja ke shelter yang ini.” Gue masang tampang gak berdosa.
                Dan bener aja, bus transjogja yang kami tumpangi berjalan jauuuuuuuh, jauh banget sampe ngelewatin Bantul. Gue kira kami bakalan kesasar, tapi Alhamdulillah kagak. Kami nyampe di shelter bus dekat stasiun Lempuyangan.
                “Stasiunnya kok kagak keliatan ya?” gue terheran-heran.
                 “Naik becak aja, Neng…saya antar sampe stasiun!” tukang becak menawarkan.
                “Nggak deh, Pak. Makasih…” gue  pergi dari tempat itu.
                “Jauh gak seeeh? Kaki gue udah gempor, suer!” kata Anggun.
                “Mana gue tahu. Tanya orang aja, yuk…”
                Kami lalu bertanya kepada seorang Bapak yang tengah duduk di angkringan. Daaaaannnn, apa yang terjadi sodara-sodaraaaaaa? Ternyata, stasiun lempuyangan gak sedekat yang kami bayangkan! T.T
Dengan sedikit terpaksa kami berjalan kaki sejauh….mmmmm, seberapa jauh yak? Pokoknya jauuuuuuh banget!! Di terik siang yang panasnyaaaaa minta ampun! Gak usah dibayangin gimana keadaan kaki kami. GEMPOR!!
                Setelah numpang shalat duhur di sebuah tempat, kami lalu melanjutkan perjalanan panjang dengan napas senin-kamis alias ngos-ngosan.
                “Di deket stasiun ada shelter gak ya?”
                “Moga aja ada. Gue gak mau balik ke shelter tadi. Bisa pingsan di jalan gue!”
                “Hmmmm, gue juga capek….”
                Begitu nyampe di stasiun, kami langsung beli tiket. Setelah itu, kami bingung. Celingukan di depan stasiun.
                “Kok gak ada shelter transjogja sih?”
                “Pasti ada…pasti ada…pasti ada…” gue sok optimis.
                “Naik taksi aja, Neng!” tawar seorang supir taksi.
                “Gak, Pak. Makasih…” sahut Anggun. Sopir taksi lain mencoba merayu, tapi gak kami hiraukan. Naek taksi? Mahaaaaaal! Kami lalu bertanya ke seorang pedagang.
                “Di sini ada shelter transjogja gak, Pak?” tanya Anggun.
                “Oh, ada….” Jawab Bapak itu.
                Muka gue langsung cerah.” Di mana, Pak? Di mana?”
                “Agak jauh, Neng. Jalan terus ke sana….” Bapak itu menunjuk ke arah utara.
                GUBRAK!! Itu kan tempat yang tadi… T-T
                “Udah, naek taksi aja yook!” ajak gue. Suer, gue udah gak kuat jalan kaki lagi. Kaki gue berasa mo putus!
                “Yakin? Ntar kalo mahal gimana?”
                “Coba aja dulu!”
                Kami lalu mendatangi para supir taksi yang tadi. Sebenernya agak tengsin juga sih, tadi nolak mentah-mentah, eh sekarang malah ngedatengin. Hahahaha, muka tembok! Biar aja lah… -_-
                “Pak, kalo ke UGM bayar berapa?” tanya gue.
                “25 rebu, Neng!”
                “Hah? Mahal amat! Kagak jadi dah!” gue geleng-geleng.
                “Yah, itu mah standar, Neng…”
                  Standar apaan? Orang dulu gue pernah naek taksi dari Malioboro sampe kos, cuma bayar 15 rebu. Lah ini? Masa cuma sampe UGM bayar segitu? Mahaaaaaaaaaaaaaallll!! Mo nipu gue? Kagak bakal bisa.
                “15 rebu!!!”
                “Waduh, gak boleh, Neng…”
                “20 rebu ya? Ya? Ya?”
                “Gak bisa, Neng… harga standarnya 25 rebu…”
                “OGAH!! Gak jadi deh, Pak!!” Gue ngeloyor pergi. Sebel banget!!
                “Eh…Eh…Iya deh, 20 rebu!” Sang Supir berlari mengejar.
                “Ogah! Mending gue naek kaki!”
                Udah keburu kesel. Biarin aja dah.
                “Kita jalan kaki aja ya? Gue gak mau naek taksi. Bisa jatuh miskin…”
                “Hahaha, iya. Mending naik kaki, murah meriah…” Anggun mencoba menghibur diri.
                Dan sore itu pun kami berjalan kaki LAGI. Menuju shelter bus yang tadi. Wajah kami udah merah campur item gara-gara kesengat matahari. Capeeeeek… T.T
                “Mo ke mana, Mbak?” tanya petugas transjogja saat kami tiba di shelter.
                “Ke UGM.”
                “Yang dekat Kopma apa R.S Panti Rapih?”
                “Panti Rapih aja.”
                “Ok. Naek jalur 2B, ntar langsung dianter ke R.S Panti Rapih.”
                Kami lalu menunggu bus transjogja jalur 2B sambil berharap semoga busnya kagak penuh, biar kami bisa duduk. Tapi apa mau dikata, kami tetap harus berdiri…. T.T Dan gak tahu gimana ceritanya, tiba-tiba kami disuruh turun di shelter berikutnya.
                “Kalo mo ke UGM transit 3A dulu,” kata Petugas.
                Kami lalu turun dan nunggu bus 3A. Tapi gue sebenernya curiga. Setahu gue, bus 3A ntar ujung-ujungnya ya berhenti di Kopma (Koperasi Mahasiswa). Dan ternyata dugaan gue bener… Saat itu, gue pengen banget mencak-mencak ke petugas yang tadi nurunin kami!
                Kenapa kami mencak-mencak? Karena Kopma tuh jauh banget ama Maskam (Masjid Kampus), sedangkan R.S Panti Rapih deket. Sepeda kami dititipkan ke Maskam. Dan itu artinya, kami musti jalan kaki dari Kopma ke Maskam! T.T
                “Gue gak kuat lagi……”
                “Pengen pingsan…”
                “Laper…”
                “Kaki gue….hadoooowh…”
                Dan bermacam-macam rintihan kami keluarkan sepanjang jalan. Begitu nyampe Maskam, kami langsung shalat Ashar, lalu tergeletak tak berdaya di sudut Maskam bagaikan gembel. Gak kuat buat mengayuh sepeda sampe kos. Tenaga terkuras habis. Mengenaskan…..


Jogja, 15 Januari 2012
Pukul 02.08 WIB
             

This entry was posted on Rabu, 11 April 2012 and is filed under ,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply