Ditolak (Lagi) -__-"

Pagi-pagi, sekitar jam setengah 12 (menurut gue ini masih pagi), gue kebangun dan langsung nyalain laptop. Cling cling, YM gue bunyi. Ada e-mail masuk. Oih, dari penerbit XXX! *gue langsung bangun 100%*
Dengan mata yang masih belekan karena belon ke kamar mandi, gue langsung buka e-mail. Dan gue ketawa sendiri baca e-mailnya.

Hai Indi,

Bukannya naskah ini pernah dikirim ke X ya?

Gaya penulisannya "teenlit" ya?

Heuheu, ternyata pimrednya tau kalo gue pernah ngirim naskah ini ke penerbitnya. Waktu itu emang gue ikutin lomba sih, tapi kaga menang. Dan gue baru tahu alesan gue gak menang setelah mas-mas pimrednya bilang kayak begini ke gue:

Mbak Indi,

Naskah ini gaya "teenlit" banget. Dan, tidakkah mbak tahu bahwa gaya "teenlit" sudah lewat zamannya? Gunakanlah gaya genre romance. Panduannya, kami kira sudah detail, ada di blog YRI.
 
 
Apaaaa? Lewat zamannya? Oke oke, secara ga langsung dia ngatain novel gue jadul alias kagak ap tu det. Dipikir-pikir bener juga sih, soalnya itu novel gue tulis pas gue masih SMA, masih unyu-unyunya.  Abis gue rombak di sana-sini, gue kirim ke penerbit itu dan ... jeng ... jeng ... *backsound petir serem* ternyata belum lolos. Emang sih,kalo nurutin keinginan pasar, novel gue udah gak cocok lagi ama selera pasar. Dari hasil pengamatan gue setiap nyatronin toko buku, novel yang lagi hot sekarang itu novel semacem korea-koreaan dan jejepangan. Wajar sih, secara indo lagi digrebek ama J-Pop, K-Pop lalala. Dan gue adalah salah satu yang keseret J-Pop ama K-Pop, tapi nggak gila-gila amat sih. Nah, fenomena inilah yang bikin gue tertarik buat gue bikin skripsi ntar :)
Balik ke e-mail tadi. Setelah gue bales tuh e-mail, gue iseng nanyain kabar audisi nulis yang pernah gue ikutin di penerbit itu. Kan ceritanya posisi gue masih digantungin coy. Mana novel yang gue ajuin itu juga udah setengah jalan (sekitar 45%), pengen gue kirim ke penerbit tapi takutnya ntar jangan-jangan gue lolos audisi *penyakit GR, hahahah!*
Daaaan, lu tahu apa jawaban mas-mas pimred itu?

Dear Indi,

Kamu punya blog?
 
Gue langsung masang muka cengok.  Kenapa pertanyaan ama jawaban kagak nyambung? -__-
Pengen gue bales, "Cieeee, masnya kepo deh ... :P" tapi enggak jadi, hahahaha. Ntar dikiranya gue apaan. Ya udah sih gue kasih aja blog gue yang super dekil ini. Kali aja dia mau baca curhatan tulisan gue yang laen. Ato jangan-jangan .... masnya naksir gueeee? Hahahaha! *langsung digampar*


Ngomongin soal penolakan nih, sebenernya ini bukan penolakan pertama gue. Gue udah lupa berapa kali gue ditolak ama penerbit. Sebulan lalu naskah gue ditolak ama penerbit Z, dan sekarang naskah gue ditolak penerbit ini. Gara-gara keseringan ditolak jadinya gue biasa aja. Cuman ngurut dada doang sambil bilang, "Belom rezeki lu, nyong!"
Tapi terkadang penolakan ini bikin gue lumayan stress. Bukan karena gue gak pede sama tulisan gue, tapi karena omongan-omongan orang yang kadang bikin gue mikir. 
"Ih indi, tulisan lu keren tahu!"
"Ajarin gue nulis dong ...!"
"Maaak, bikinin gue cerpen buat tugas!"
"Ndi, tulisan lu idup banget. Gue suka bagian yang ini ... bla ... bla .."
Dikatain begitu bukannya bangga, gue malah stress sendiri. YAKALIK GUE DIPUJI-PUJI TAPI BELOM PERNAH NERBITIN APAPUN????!! *tereak pake toa masjid*
Pertama kali nerbitin tulisan duluuuuu banget, taon 2011. Itu pun cuma cerpen dan isinya curhat, gue ceritanya ngambek ama bokap gegara gak dibolehin kuliah di luar kota. Daaaan, bokap gue baca. Hahaha!
Udah itu doang, coy! Gue belom bisa nembus media apapun setelah itu. Pernah menang lomba nulis, itu juga cuman sekali. Abis itu gak pernah menang lagi pas ikut lomba nulis T.T
Jadinya gue ngeblog aja lah, ato nge-note di FB, hahahahaha. Tau deh, kayaknya gue emang belum beruntung di dunia tulis-menulis. Bahkan di kelas Penulisan Kreatif, Pak Aprinus belum pernah sekali pun ngelirik tulisan gueeeeh! Padahal gue pengen banget dapet makian dari beliau. Tapi tulisan gue malah langsung masuk ke tong sampah -_-

Haaaaaah, ya sudah laaaaaah. Mending gue sekarang fokus ngelarin novel romance "Love in Sakura" aja deh. Moga sebulan udah jadi, trus bisa dibaca ama temen-temen :D


Eh ... gue jadi mikir. Jangan-jangan, pas gue mosting ini tulisan, mas-mas pimred tadi lagi ngepoin blog gue? Hahahahahakkkk!!
 

This entry was posted on Senin, 29 April 2013. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

2 Responses to “Ditolak (Lagi) -__-"”

  1. coba deh jangan cinta"an? ato kalaupun cinta cintaan tokohnya di ganti pakai anak atau sodara kita yang berkebutuhan.. disitu ngenalin adanya cinta tulus dr seseorang yang utuh dan nerima seseorang yang berkekurangan.. tp plis jgn flat konfliknya bun, bikin yang agak bergejolak.. #cm usul Bunda pasti bisa.. :*

    BalasHapus
  2. Heuheu, kalo nurutin saranmu aku harus penelitian dulu nak ... :)

    BalasHapus