Linguistik Freak!

Keluar dari kelas, gue langsung disambut dengan muka-muka kusut. Ya, sama kayak muka gue yang kusut dan menahan kantuk setengah mati. Ujian di siang bolong, keterpa angin semilir bikin gue mau gak mau nguap di kelas sambil garuk-garuk kepala, bingung mikirin jawaban. Praktis, ujian semantik hari ini gue mengarang bebas! -_-"
"Nilai UTS lu berapa?" tanya Oji ke Budi.
"40." jawab Budi.
"Elu, Ndy?" tanya Oji ke gue.
"44."
"Gue 48!" kata si Oji.
"Ahahahahahaha, wew, kita emang sahabat sejati! Nilainya kagak jauh beda, cuman beda 4 angka doang. Budi 40, Indi 44, Oji 48. HAHAHAHAH!" Kami pun ngakak, berasa senasib seperjuangan.



Hellloooooo, adaaa gitu mahasiswa yang bangga karena nilainya terjun bebas?
Ya tentu saja ada, dan itu adalah kami. Hahaha

SEMANTIK. Sengaja gue kepslok karena gue lagi stres mikirin itu mata kuliah. Gue gak tahu sebenernya dosa gue ini apaan, rasa-rasanya semua mata kuliah yang berbau linguistik pasti anjlok. And u knoooooow, gue gak pernah dapet nilai bagus di semua mata kuliahnya Pak Bowo! -_-"
Beliau berbaik hati ngasih gue vitamin C biar gue bisa lulus dari matkulnya. *sedih*

Dan sore ini, gue mo curhat! Curhat tentang kegaloan gue tentang linguistik yang gak pernah bisa berjodoh ama gue.
"Yaelah Ndy, nge-blog yang bermanfaat napa! Ngeblog isinya curhatan semua!" gue inget komentar ini, komentar pedes seorang temen yang sok-sokan ngasih gue kultum, padahal dirinya sendiri kagak pernah nulis. *oke, gue emang emosi*
Daaaaaan, gue adalah tipe-tipe orang yang suka ngebales, walopun keselnya gue gak pernah bertahan lama.
"Lah, ya suka-suka gue lah, orang gue emang nulis buat diri gue sendiri! Buat kesenengan gue sendiri!" jawab gue rada sengit.
"Ya tapi mbok ya yang sedikit bermanfaat tho ya,"
"Sejak kapaaan lu tahu mana yang manfaat dan mana yang enggak? Kalo lu gak suka ama tulisan gue ya kagak usah baca!"
"Bukan gitu maksud aku. Ya, rada dikontrol gitu lho tulisannya, dipikir dulu kalo mau nuangin apa-apa. Jangan sampe nanti malah menyesatkan orang ke hal-hal yang nggak bener," dia ceramah lagi.
MENYESATKAN? HAHAHAHAHA ... Gue ngakak!
"Jadi maksud lu tulisan gue banyak nggak benernya? Tau apa lu tentang gue, ha? Hellooooo, kalo sampe ada pembaca yang tersesat karena tulisan gue, berarti dia nggak bisa mikir!" |sarkas meeeeeen
"Lha, kok bisa?"
"Ya bisa lah ... orang kalo baca tuh seharusnya mikir, disaring baik buruknya! Kalo baca trus ditelen semuanya mentah-mentah, itu sama aja kayak bayi yang kagak bisa makan pake tangan, tapi harus disuapin terus!"
Dan dia pun diem. Gue puas. Emang sengajaaaaa gue nyindir, hahaha. Gue tahu, dia sering 'gerah' pas ngeliat gue ngebaca buku macem Djenar Maesa Ayu, Ayu Utami, Fira Basuki, dll. Mereka adalah penulis yang sering dicaci-maki, tapi juga dipuja. Lah, emang apa masalahnya kalo gue baca?
Woooooooeeeey, gue punya otak bray! Otak yang dipake buat mikir. Kalo gue baca dan gue telen mentah-mentah, itu artinya ... gue bego! Ini bukan mentang-mentang gue kuliah di sastra trus gue sok tahu, bukan ... ini karena gue emang gak suka aja ama orang yang suka men-judge ini baik itu buruk tanpa mau tahu apa yang di-judge itu.

STOOOOOOP! Ini gue ngomongin apaan woey? Malah OOT!
Oke, anggep aja itu adalah pembuka sebelum gue ngebahas tulisan inti (?). Intinya, gue gak peduli apa kata orang tentang tulisan gue. Gue gak peduli orang mau ngehina-hina dan ngatain kalo tulisan gue adalah sampah (dan emang ada yang bilang begitu), gue gak peduli......! Gue nulis untuk kesenengan gue sendiri. Buat melepas penat dikala otak gue lagi mendidih. Kalo lu suka, ya monggo dibaca. Kalo kagak, ya kagak usah dibaca dan biarkan gue berkreasi sesuka hati gue, TANPA SUARA-SUARA DARI LUAR! #gue gak peduli lu ngatain gue sadis, karena gue emang sadis beneran, hahaha.

Ini kenapa gue ngamuk-ngamuk lagi seeeeh? Sori-soriiiii, percakapan di atas emang baru aja terjadi, dan gue masih kebawa keselnya.


Jadi ceritanya, gue lagi galo dengan sesuatu bernama LINGUISTIK. Di jurusan gue, Sastra Indonesia, bidang ilmunya ada 3, yaitu Sastra, Linguistik, dan Filologi. Gue gak mau jelasin satu-satu, kalo lu penasaran, lu buka google aja.
Gue masuk di Sastra Indonesia bisa dibilang salah jurusan. Kalo lu mau tahu bagaimana cara menulis atau lu bercita-cita pengen jadi penulis, maka bukan di sini tempatnya. Lu bingung? Sama. Gue juga dulu bingung pas OSPEK nerima kenyataan pahit itu. Kata Bu Tince, dosen gue, Sastra Indonesia pada dasarnya kagak mencetak mahasiswanya sebagai penulis, tapi peneliti, ilmuwan, ya semacem itulah. Yah ... meskipun lu bisa juga jadi penulis, tapi dengan latihan rutin sendiri, karena lu bakal sulit nemuin mata kuliah yang bahas tentang cara menulis blah blah blah!
Kembali ke linguitik tadi. Gue gak tahu apakah gue kena kutukan dari bundadari (?), atau karena gue pada dasarnya emang bego, gue gak pernah beruntung kalo lagi berhadapan ama linguistik. Linguistik itu menurut gue lebih ke tata bahasa dengan rumus-rumus njlimet bin saklek yang bikin kepala gue migrain. Kalo lu anak IPA dan kesasar di jurusan sasindo, mungkin lu ada baiknya ambil linguistik aja, hoho.
Prestasi pertama ketika bercinta dengan linguistik adalah ketika gue menemukan huruf C- di mata kuliah SBI (Struktur Bahasa Indonesia). Iya bener, struktur bahasa indo! Jangan bayangin isinya cuma bahas SPOK doang, itu mah pelajarannya anak SD! Gue gak tahu kenapa bisa dapet nilai segitu, padahal gue terbilang cukup aktif -_- *menurut versi gue sendiri*
Lu tahu gak? Hampir semua mata kuliah yang menjurus ke linguistik pasti bikin gue nyusruk! SBI, Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan terakhir si Semantik tadi. Gue gak tahu kenapa gue gak pernah beruntung di bidang itu.
TUHAN, APA SALAH GUE .....?! *meratap*
Bahkan gue semester 4 nanti juga berencana mo ngulang matkul Morfologi. Gue lulus sih, tapi gue kagak puas sama nilai gue yang super freak itu -_-
Tapi, dibalik kengenesan gue ama linguistik, gue juga terheran-heran dengan diri gue sendiri. Udah tahu nilai gue terjun bebas begitu, tapi KENAPA BANYAK ORANG YANG PERCAYA SAMA GUE buat ngedit tulisan? Entah itu buku, artikel, cerpen, atau apalah. Sumpah gue heraaaaaaaaan!
"Gue percaya ama elu kok ndy," kata seseorang ketika gue tanya kenapa harus gue yang ngedit.
Padahal ... tulisan gue enggak bagus, bahasanya masih acak-acakan, tapi kok mau-maunya percaya. Hahahaha. Bahkan sebuah penerbit X juga pernah meloloskan gue dari audisi editor dan audisi penulis yang berjalan selama 3 bulan lebih daaaaan berakhir dengan PHP! Iyak bener banget, gue di PHP-in, sampe sekarang kagak ada kabar padahal gue udah lolos sampe tahap akhir. Bukankah itu sangat sialan wahaaaaai? *rada esmodi kalo inget*
Tapi biarlah, itu semua gue anggep sebagai latihan aja.

Yah, dari dulu gue emang nggak pernah tertarik ama linguistik, walopun lulusan sasindo yang dipertanyakan pertama kali adalah kemampuannya dalam berbahasa. Prek! Peduli apa gue? Toh gue kuliah buat seneng-seneng, bukan buat nyari kerja. Sayang banget kalo niat kuliah cuma buat dapet ijazah, nyari kerja, idup mapan, aaaaah nggak seru!
Kalo jujur-jujuran nih, gue dari dulu emang cuma tertarik ama sastra, walopun dulu sempet pengen ke filologi sih. Tapi setelah gue sadar diri kalo gue gak terlalu bisa bahasa arab, melayu, ato belanda, gue gak jadi tertarik. Mempelajari naskah-naskah kuno bagi gue rada-rada ngebosenin dan kagak cocok buat gue yang sangat sangat sangat NGGAK TELATEN.
Gue lebih suka dengan dunia imajinasi, dan itu hanya bisa gue dapetin di sastra. Walopun gue kadang rada stres, tapi gue selalu ngerasa bahagia kalo lagi ngerjain tugas analisis karya sastra. Karena, gue bisa mengekplorasi kebebasan imajinasi gue tanpa batas. Ibarat burung, gue bebas mengepakkan sayap, terbang ke mana pun gue suka. Asyik kan?
Makanya, gue kemaren sempet pengen nangis pas ngelihat nilai UTS kritik sastra gue. Cuman 7. Itu nyesek banget dan bikin gue kepikiran T,T

Aaaaarrrgh! Pokoknya gue kagak bakal ambil linguistik!
Sastra ... sastra ... sastra .... gue pengen cepet-cepet semester 5 (soalnya spesialisasinya baru bisa diambil pas semester ini)!

Dengan sastra gue ngerasain kebebasan ...
Dengan sastra gue ngerasain kebahagiaan ...
Dan dengan lingusitik gue ngerasain .... penjara!!!


Edisi badmood UAS
Rabu, 16 Januari 2013
Pukul 17.53




This entry was posted on Rabu, 16 Januari 2013. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply