IMM= Obat Galo :D :D :D

Apa yang akan engkau lakukan ketika mengalami masalah?
Nangis?
Jedotin kepala ke tembok? *sadis*
Mendekatkan diri kepada Allah? *ya ini wajib!*

Seperti umumnya yang dirasain oleh orang yang lagi bermasalah, seringan apa pun masalahnya, bawaannya pasti sensi. Ya kayak gue ini, sejak bangun tidur rasanya gak mood mo ngapa-ngapain. Antara pengen marah, nangis, sama makan, hahaha. Ini kepala rasanya pusiiiiing puol, mengingat gue baru bisa tidur jam 5 pagi dan bangun mendadak jam 8. Mo ngapa-ngapain kok ya males. Hergh!
Dan akhirnya gue pun ngebuka sosmed sebagai pelampiasan, dan nemuin beberapa sahabat gue yang 'beruntung' gue jadiin tempat sampah (baca: tempat curhat).
Sekitar jam 11 siang, si Triatun sms gue di saat kondisi gue lagi 'gak banget' buat diajak mikir jernih.

Indi, ban sepedaku bocor. Aku dateng telat. Kalo kamu belum berangkat, aku minta tolong beliin snack buat pembicara ya.

Gue menepok jidat. Baru keinget kalo jam 11 ada kajian rutin immawati setiap jumat. Di saat bersamaan, muncul sebuah e-mail dari penerbit yang mau gak mau menyita waktu gue. Akhirnya, dengan sedikit rasa bersalah, gue bales sms Triatun.

Maap tri, aku ga bisa dateng. Ada urusan yang harus aku kelarin cepet-cepet.


Gue pikir bakalan lama ngelarin tuh urusan, ternyata gak sampe 20 menit udah kelar. Gue kepikiran buat ke komsat, tapi lagi-lagi gue dikalahin ama 'sesuatu yang menyebalkan' itu. Daripada ntar gue masang muka gak enak di komsat (gue kalo lagi badmood keliatan banget soalnya), ya mending gue mengasingkan diri di kamar. Tapi dalem ati gue bakal dateng ke komsat jam 4 sore nanti. Ada diskusi keilmuan yang gue PJ-in.

Jam 2 siang ...
Gue masih gak mood! -_-

Jam 3 siang ...
Apa gue gak dateng aja ya? *ini setan yang bilang*

Untunglah Anggun dateng dan menepis si setan yang tereak-tereak di gendang telinga gue. Dalam keadaan apapun, pokoknya gue harus dateng, gak bisa enggak! Lagian, sejujurnya gue juga orang yang sering ngerasa ewuh kalo ninggalin tanggung jawab tanpa alasan yang jelas. Gue pasti bakal diburu rasa bersalah. Ini acara bidang keilmuan (bidang gue pula), masa iya mo gue tinggalin hanya gara-gara masalah ego? *pikir dong, ndi!*
Dan akhirnya, dengan semangat yang mencapai 70% (sisanya kemakan masalah X), gue berangkat ke komsat setelah mampir dulu ke Gading Mas buat beli snack buat pembicara dan temen-temen.
Begitu nyampe di sana ... entah kenapa gue ngerasa ada yang plong di dalem ati gue. Ngelihat keceriaan temen-temen bikin gue ikut seneng :)
Acara diskusi pun berlangsung. Pembicaranya adalah Cak Priyo, immawan dari IMM Al-Khawarizmi yang lagi kuliah di ... (apaan ya? arsitektur kalo gak salah), dengan pemantik Mas Faris, dan MC-nya adalah diri gue sendiri. Tema diskusi kali ini adalah mengenai keberagaman budaya dalam kerangka NKRI. Isi diskusinya adalah .... *SKIP, gue ga mau ngasih materi di sini, kalo penasaran dateng aja ke diskusi-diskusi kami :p
Nah, pas diskusi itu, gue ngerasa BAHAGIAAAAAAAAA! Bukannya lebe ato apa, tapi seriusan deh, tadi gue ngerasa seneng banget. Walopun gue ngebuka diskusi itu dengan perasaan gak enak plus bete, tapi pada akhirnya gue ngerasa seneng! :p
Tahu kenapa? Pertama, karena diskusinya rame. Gue terharuuuuuu ngelihat komsat penuh manusia! *soalnya dulu-dulu rada sepi sih*
Diskusi yang berlangsung santai karena pada dasarnya Cak Priyo emang humoris *eelaaaah*, secara gak langsung bikin gue lupa akan hal-hal yang terjadi 24 jam yang lalu. Melihat mereka semua, gue jadi mikir begini, "Bukankah berdiskusi bersama mereka jauh lebih bermanfaat daripada mikirin hal yang gak perlu dipikirin?"
Dari sini gue ngerasa kalo IMM adalah obat dikala hati gue lagi galo. *uwooooo!
Bagi gue, IMM bukan hanya sebuah organisasi, bukan hanya pergerakan mahasiswa biasa, tapi IMM adalah keluarga, tempat di mana gue harus pulang ketika gue sudah tersesat terlalu jauh. *mulai melankolis gue*
Kenapa IMM? Banyak orang yang nanya kenapa gue 'betah' di organisasi yang tampak 'kering' dan 'tandus' ini. Ada banyak hal yang gak bisa gue jelasin tentunya. Gue sendiri juga ga ngerti kenapa gue milih di sini, berjuang bersama mereka. Ketika gue akan memutuskan tempat untuk tinggal, maka yang gue pikirin pertama kalo adalah RASA NYAMAN. Kalo gue gak ngerasa nyaman, maka selanjutnya gue bakal males.
Dan di IMM itu lah, gue merasa nyaman. Bagi gue, mereka adalah keluarga gue. Gue masih inget ketika pertama kali gue masuk ke sini, gara-gara disuruh bokap sih sebenernya, hahaha. Gue dulu kayak anak kecil yang tersesat di tengah padang pasir, bingung dan gak ngerti apa-apa. Sempat beberapa kali ngalamin yang namanya beda pemikiran, mulai dari A sampe Z. Saat itu, asal lo tau aja, gue gak cuman ikut IMM doang, haha. Gue pernah ikut pergerakan  A, B, C, dan D saking bingungnya. Puncaknya adalah pas Darul Arqam Dasar IMM setaun lalu, gue ngerasa nih otak kayak diperes abis-abisan. Bahkan pas acara pengucapan janji (gue lupa namanya apaan dulu), gue mundur karena takut. Takut 'diresmikan' secara paksa.
Tapi ... apa yang gue dapet? Selepas acara itu, mbak-mbak dan mas-mas gak pernah menyinggung masalah itu. Mereka tetep ramah dan baik ke gue. Gak pernah nanya-nanya. Dari situ gue mulai merasa nyaman di sini.
Lagi, kenapa IMM? Di sini, hal yang paling bikin gue merinding adalah 'semangat memberi dengan rasa ikhlas'. Memberi apa pun! Entah itu dana, waktu, tenaga, pikiran, dll. Ini yang paling gue salutin dan bikin gue banyak belajar. Sebagai organisasi eksternal yang tentu saja gak dapet sokongan dana dari kampus, kami masih bisa melakukan berbagai kegiatan meskipun tibo tangi
Di sini, gue belajar untuk menghadapi perbedaan. U know lah, beda pergerakan = beda pemikiran. Dan selama ini, jujur, gue emang gak pernah yang namanya mempermasalahkan yang namanya PERBEDAAN. Entah itu perbedaan agama, ormas, atau apalah itu. Semua mempunyai dasar pemikiran masing-masing, dan gak semua orang bisa nerima kan?
"Kenapa IMM, sih? Emang lo dapet apa di situ?" tanya seorang temen.
Maka gue jawab, "Gue gak niat mencari, tapi memberi." Terkadang seseorang melihat sesuatu hanya dari luarnya doang tanpa mau tahu apa isinya. Kalo mendatangkan 'sesuatu', maka akan diambil. Kalo kagak, ya mending pergi.
Gue masih inget, ingeeeeet banget perkataan Mas Yusro 1,5 tahun lalu, ketika kami berdiskusi mengenai masalah 'memberi' dan 'meminta'. Dia cerita, intinya ada seseorang yang bilang kek gini, "Kalo ada kapal yang besar yang bisa menampung saya, untuk apa saya mendayung sampan yang pasti akan mudah tenggelam?"
Artinya, orang itu memilih untuk 'mencari' dan mendapatkan 'sesuatu', bukan 'memberi' dan 'membangun' sesuatu yang kecil itu. 
Oke lah gue tahu, IMM yang gue ikutin ini emang kadang kering kayak padang pasir. Mengingat anggotanya terdiri dari macem-macem jurusan yang tentunya sering bentrok jadwalnya, untuk mengadakan kajian atau diskusi rasanya susaaaaah banget. Belum lagi kami juga mengikuti organisasi lain di kampus. IMM pun kering bak gurun sahara. Komsat sepi tanpa penghuni. 
Trus, apa dong yang bikin gue betah dan mendahulukan organisasi ini dibanding yang lainnya?
Karena IMM itu berbeda. Ibaratnya, kami tengah mendayung sampan  di tengah laut dan seringkali kena ancaman badai. Mungkin IMM memang bukan apa-apa, gak sebesar organisasi lain, tapi di sini gue bener-bener 'belajar' untuk 'membangun', bukan sebagai makhluk pasif yang hanya bisa 'meminta' dan mendapatkan sesuatu.
Gue masih inget sebuah kalimat dari salah satu alumni, "Jangan meminta, tapi berilah apa yang kalian mampu."
Selain itu, gue juga punya tanggung jawab moral terhadap diri gue sendiri. Dulu, gue pernah berjanji ama diri gue sendiri, "Ketika pencarian gue berakhir, ketika gue udah menemukan apa yang gue cari, gue akan memperjuangkannya sekuat yang gue bisa."
Untuk itulah, gue gak bakal meninggalkan organisasi ini meski semakin lama semakin 'sepi' karena ditinggalkan tanpa jejak, seolah lupa dengan sumpah yang telah diikrarkan di PP Muhammadiyah dulu, seolah lupa dengan tanggung jawab yang wajib diemban. Untuk teman-teman tercinta yang entah hilang di mana, siapa pun yang ngebaca blog ini dan merasa agak 'tersindir' dengan kalimat barusan, gue minta maap. Gak ada maksud buat sok-sokan ato menggurui, soalnya ini kalimat juga berlaku buat gue sendiri yang terkadang khilaf. Yah, namanya aja manusia. Kalo gak ada khilaf-khilafnya ya berarti malaikat lah. Maka, harapan gue cuma 1, "Kembalilah .... kembalilah ... pintu komsat akan selalu terbuka buat kalian!"
Salah seorang temen mengaku takut disidang gegara sering gak nongol, dan gue cuma bisa senyum sambil bilang, "Gak bakalan, tenang aja sih ... lo masih tetep anggota keluarga di IMM, sebandel apapun elo."

Huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa, ini kenapa gue malah curhat panjang gini? -_-"
Terlalu bersemangat kali yak, hahaha. Oke deh, sekian dulu. :p
Intinya, IMM = Obat galo :D :D :D


[11-01-2013, Jumat Pukul 20.54 WIB]


This entry was posted on Jumat, 11 Januari 2013. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

4 Responses to “IMM= Obat Galo :D :D :D”

  1. IMM itu bukan sekedar organisasi buat mu. Buatku juga.

    BalasHapus
  2. Yup! :)

    Terima kasih udah berkunjung ke blog ini mas :)

    BalasHapus
  3. Terima kasih mas fikra :)
    Insya Allah selalu semangat :)

    BalasHapus