The Proposal…



            Rea memandangi laptopnya dengan stress. Tangannya mengetik huruf demi huruf dengan cepat. Hanya ada satu kata yang memenuhi kepalanya saat ini: Deadline. Keningnya tampak berkerut-kerut. Belum lagi lingkaran hitam yang menggantung di bawah kelopak matanya. Sudah tiga hari ini dia tak bisa tidur dengan tenang. Banyak tugas yang harus segera diselesaikannya. Proposal, surat undangan, surat izin dan tetek bengeknya, tugas kampus, dan entah apa lagi. Rasanya sekarang dia kesulitan bernafas.
            Drrrt….Drrrt…Drrrt…
            Hapenya bergetar pelan. Ada beberapa sms masuk. Rea membacanya dengan cepat. Satu sms dari ketua panitia, menanyakan apakah surat yang dia bikin sudah selesai. Satu sms dari teman organisasi, menagih proposal yang harus segera diselesaikan. Rentetan sms dari peserta lomba, meminta konfirmasi naskah dan macam-macam pertanyaan lainnya.
             “Aaaarrggghhhh!!” Rea memegangi kepalanya. Pusing. Bingung menatap laptop, kertas-kertas yang berceceran, hape yang tak mau berhenti berbunyi, semuanya!
            “Please…sedetik lagi, aku bisa pingsaaaaannnn!!” Rea berteriak-teriak seorang diri di kamarnya. Semua penghuni kosan sedang pergi. Jadilah dia stress seorang diri. Ya, akhir-akhir ini dia memang agak sibuk dengan persiapan acara kampus dan acara organisasinya.
                  Drrrt….Drrrt….Drrrt…
          Hapenya berbunyi lagi. Kali ini ada yang menelepon. Rea memandang layar hapenya. Nomor asing. Dibiarkannya hape itu. Dia memang paling malas menanggapi nomor tak dikenal. Tapi nomor itu terus-menerus menerornya. Dengan agak kesal, dia pun mengangkat telepon itu.
            “Rea…….!!! Rea……!!!” teriak sebuah suara di ujung sana. Rea bahkan belum sempat berucap satu patah kata pun.
            “Siapa?” tanya Rea dingin.
            “Hei! Jangan bilang kamu gak kenal aku lagi!”
            Rea mengerutkan kening sebentar, lalu tersenyum. “Ah, Amel! Kamu ini selalu aja ganti-ganti nomor, bikin bingung saja!”
            “Hehehe, maaf deh, kemarin nomorku terblokir…” suara Amel terdengar renyah.
            “Haisssh….oke lah, ada apa? Aku gak bisa lama-lama nih, banyak kerjaan….”
            “Ish, sok sibuk banget…!”
            “Beneran, Mel. Aku lagi sibuk banget, huhu. Aku gak bisa lama-lama nih…”
            “Oke-oke…. Mmh, Re, kamu udah dapat proposal belum?” tanya Amel.
       “Proposal? Hahaha, iya ini aku lagi mikirin itu. Gila, banyak banget, aku kerempongan tahu!” Akhirnya, aku bisa curhat sedikit.
            “Waaaah…..!! Dari siapa aja, Re?”
            “Biasa lah, proposal acara kampus sama acara organisasi. Emangnya kenapa sih?”
           “Hadeeeeeeh, kamu tuh dari dulu emang gak pernah berubah, suka banget ngurusin gituan, hahaha…” Amel ngakak.
            Rea mendengus. “So, sebenernya kamu mo ngomong apa sih?”
            “Eh…itu….” Amel terdengar gelagapan. “Aku…juga abis nerima proposal…”
      “Ha? Sejak kapan?” seingatku, Amel tidak terlalu suka dengan kegiatan surat-menyurat. Ikut organisasi saja dia malas. Dia lebih suka berdiam diri di perpustakaan dan membaca.
            “Sejak…..” Amel menghembuskan nafasnya sejenak. Dia pun mulai bercerita. Dan sepertinya Rea lupa dengan semua tugasnya yang menumpuk.

_September 2005_

            Surat itu datang menghampirinya. Isinya sangat polos: Aku suka kamu. Rea yang membaca surat itu tak bisa menahan tawa. Sementara itu, Amel hanya memandanginya dengan raut muka kesal.
            “Hahaha, cie….dapat surat cinta!” goda Rea.
            “Pokoknya, aku gak suka dia!” Amel mencak-mencak.
            “HAHAHAHAHAHAHA!!!” Rea gulung-gulung, gak kuat nahan tawa. Gimana gak ketawa, dia tahu persis siapa pengirim surat itu. Dia adalah Ardi, cowok SMA sebelah yang gak lain adalah sahabat Rea.
            “Dieeeemmmm!!” Amel makin menjadi-jadi.
        Dan sejak saat itu lah, hidupnya memang tak tenang lagi. Ardi, Ardi, dan Ardi. Cowok itu nyaris seperti teroris yang senantiasa memburunya kemanapun dia pergi. Hampir setiap hari cowok itu lewat di depan rumahnya, nongkrong di depan gerbang sekolah saat bel pulang berbunyi, berharap bisa bertemu Amel. Apa yang dia lakukan? Tentu saja berusaha merebut hatinya. Hahaha, Rea selalu saja tertawa melihatnya.

_November 2006_
           
            Kali ini, Amel mengamuk di depan Rea.
            “Aku benci Ardiiiiiii!!” teriaknya.
            “Hahahaha, kasian banget sih kamu!” lagi-lagi Rea ngakak.
            “Hidupku gak tenang, Re….Haaaahhhhh!!”
            “Ya udah, kalo kamu gak suka ya biarin aja, gitu aja kok repot…”
            “Tapi aku kesel tiap hari diteror terus sama dia! Aku gak bebas….”
            “Udah biarin aja. Ntar kalo capek pasti dia bakal diem…” kataku, tapi setengah gak yakin. Masalahnya, Ardi gak gampang menyerah. Ah, kasihan kau, Rea…

_Januari 2007_

            Sesuai dugaan Rea, Ardi memang gak gampang nyerah. Sudah dua tahun ini dia meneror Amel dengan rasa tak bersalah. Sebaliknya, Amel merasa sangat tersiksa. Rea masih ingat dengan satu kejadian yang tak akan pernah dilupakannya.
            “JANGAN GANGGU AKU LAGI…..!!” Amel merobek-robek surat cinta itu tepat di depan muka Ardi.
            Ardi hanya terdiam mirip patung hidup. Rea ingin tertawa tapi juga kasihan. Jadi, dia memilih untuk diam saja.
            “Pergi!!” usir Amel.
            Ardi menghembuskan nafas perlahan, lalu pergi dengan tampang mengenaskan.
            “Jangan kasar-kasar gitu lah, Mel. Kasian dia….” Kataku.
            “Bodo!! Aku gak suka dia gangguin aku terus!!”
            “Jangan gitu, nanti kamu bisa-bisa malah suka sama dia, hahahaha….”
            “Gak akan pernah!!”
            Ya sudah lah….

_April 2008_

            Rere dan Amel kini sudah SMA. Ardi memang tak bisa lagi melongok ke gerbang SMP seperti yang biasa dilakukannya, tapi bukan Ardi namanya kalau tidak ngotot bin ngeyel. Dia masih rutin lewat di depan rumah Amel, juga mengiriminya surat cinta.
            “Tolongin aku dong, Re, dia tuh bener-bener ganggu hidup aku!!” keluh Amel seperti biasanya.
         Rea mendesah pelan. Apa lagi yang harus dilakukannya? Dia sudah memperingatkan Ardi berulang kali, tapi jawaban Ardi tetap sama.
            “Pokoknya dia, Re. Pokoknya dia….”
            “Tapi dia gak suka sama kamu, Di! Menyerahlah sebelum kamu makin sakit ati…” kata Rea.
            “Apa aku salah?”
         “Kamu gak salah suka sama dia, hanya caramu mengungkapkan itu yang salah. Lebay tau!”
            “Lebay?”
            “Iya, kamu terlalu berlebihan!”
            “Hahaha, tapi aku suka!”
            “Ya sudahlah, terserah kau saja!!” Rea menyerah.
            Rea tahu, Amel memang tak pernah menyimpan perasaan apa-apa terhadap Ardi. Cewek kutu buku itu lebih mencintai buku daripada berurusan dengan cinta. Baginya, buku itu lah pacarnya.
            “Sampai kapan aku digangguin terussss?? Sampai mati?? Haaahhhh, aku gak akan sanggup!” Amel mengeluh lagi.
            “Mel, kenapa sih kamu kok benci banget sama dia? Kasian tahu, tiap hari kamu semprot kayak gitu…”
            “Aduh, Re, coba deh bayangin kalo kamu jadi aku. Tiap hari disatronin, emangnya kamu gak kesel? Hidupku gak akan pernah tenang sampe cowok itu bener-bener pergi dari hidupku!!”
            “Jadi, kamu gak suka sama dia?”
            “Nggak!! Nggak akan pernah!!! Sampe mati pun aku gak bakal mau sama dia!!”
            “Hati-hati. Nanti termakan omongan sendiri…”
            “Idih, apaan sih, Re! Sekali kagak, ya tetep kagak!”
           
_Desember 2009_

            Rea memandangi sepucuk surat di tangannya, lalu bergantian menatap Ardi yang tampang gundah.
            “Aku tahu, Re. Aku salah….” Ucapnya.
            “Kamu gak pengen menemui dia untuk yang terakhir kali?” tanya Rea.
            Ardi menggeleng dengan pasrah. “Gak perlu, Re. Nanti dia pasti mencak-mencak lagi…”
            “Mmmh…”
            “Ini memang sebuah kesalahan, Re….”
            “Ya?”
           “Betul katamu, caraku mengungkapkan memang salah. Amel pasti merasa terbebani selama ini. Aku menyesal mengganggu hidupnya lima tahun ini…Aku menyesal….” Suara Ardi bergetar, dan….dia menangis!
        “Di….” Rea bingung. Seumur-umur, dia gak pernah melihat cowok menangis. Apalagi Ardi si Kepala Batu!
            “Tolong sampaikan maafku padanya ya, Re…”           
            Rea mengangguk. “Kapan kamu berangkat?”
            “Nanti malam Pakde akan menjemputku. Aku gak ada pilihan lain, Re….”
         Ya, Rea tahu. Ardi tak bisa kuliah karena keterbatasan ekonomi. Pakdenya yang orang kaya itu menawarinya untuk kuliah dan bekerja sambilan di Sumatera. Beliau lah yang akan membiayai keperluan hidupnya.
            “Kamu menetap di sana?” tanya Rea dengan sedih.
       “Ya. Aku harus bekerja keras agar adik-adikku bisa sekolah semua…” katanya tercekat.
            “Ganbatte Kudasai!!” Rea menyemangati.
            Ardi tersenyum. Kali ini, senyum itu tampak menyedihkan…
            Kasihan….cinta yang bertepuk sebelah tangan…hmmm…

####

            “Ini, ada surat dari Ardi….” Rea mengulurkan sebuah surat.
            “Mau apa lagi anak itu? Gak ada capek-capeknya gangguin aku!!” seperti biasa, Amel ngomel-ngomel. Dia lalu merobek surat itu tanpa membacanya terlebih dahulu. Rea hanya geleng-geleng kepala.
            “Mulai sekarang, dia gak akan mengganggumu lagi.” Kataku.
           “Omong kosong! Ya, hari ini dia emang gak lewat di depan rumahku. Tapi, lihat saja besok….”
            “Ardi sudah pergi ke Sumatera. Jadi, dia gak akan gangguin kamu lagi…” potong Rea.
            “Apa?”
            “Iya, dia sudah pergi ke Sumatera. Ikut Pakdenya ke sana. Tenang saja, dia bakal menetap di sana kok, jadi dia gak bakal ganggu kamu. Hhhaaaaahhh, sekarang kamu pasti merasa bebas!” kata Rea sambil tersenyum riang.
         “Ha? Oh…iya…aku sekarang merasa bebas…” Amel tersenyum. Tapi, entah kenapa, Rea merasa kalau senyum itu tampak lain…
###

            Ada yang aneh. Dan ini yang membuat Rea curiga. Semenjak Ardi pergi, gadis itu mendadak pendiam. Bukankah seharusnya dia senang?
            “Kamu kenapa sih?” Rea mulai menangkap ada yang gak beres dengan gelagat Amel.
            “Aku gak papa kok…” Amel mencoba tersenyum. Tapi, mengapa senyum itu seolah-oleh penuh luka?
            “Jangan bilang kalo kamu kepikiran Ardi!” tebak Rea.
            “Ih, apaan sih!”
            “Ya, habisnya sejak dia pergi, kamu mendadak murung gitu…”
            “Enak aja, ini bukan karena dia!”
            Memang, ada yang lain semenjak Ardi pergi. Tak ada lagi yang selalu merecokinya, lewat di depan rumahnya, mengiriminya surat atau menantinya di depan gerbang sekolah. Tak ada lagi yang  membuatnya jengkel. Tak ada lagi yang bisa dimaki-maki sepuas hati. Dia sudah pergi…
    “Hahaha, iya aku tahu. Kamu gak mungkin suka sama Ardi! Hmmm, Ardi…Ardi…gimana ya kabar dia? Dia gak pernah ngasih kabar sih…”
            “Emang aku pikirin?!” Amel mendadak sewot.
            Rea mengerutkan kening. Dia semakin bingung. Ada apa dengan anak ini?
            “Mulai bulan depan, aku dipondokkan sama Bapak…” katanya kemudian.
            “Ha?”
            “Iya. Bapak sama Ibu akan bekerja di Bali. Mbakku sudah menikah semua, jadinya gak ada yang bisa jagain aku. Aku disuruh mondok sama Bapak…”
            Rea mendadak sesak. Dia akan kehilangan sahabatnya…
            “Mondok di mana?”
            “Di Kota...”
            Rea terdiam. Amel adalah sahabat yang sangat dia sayangi. Sebentar lagi, Amel akan mondok di Kota, jauh dari desa tempat tinggalnya….

_Mei 2012_

           Sekarang, gadis itu banyak berubah. Dia mulai mengenakan jilbab semenjak kakinya menginjak pesantren. Sikapnya pun telah banyak berubah. Tidak grasak-grusuk seperti dulu. Entah kenapa, di mata Rea, gadis itu kini tampak begitu dewasa.
            “HAH??!!! SERIUSSSSSS??!!” teriak Rea kencang. Jantungnya hampir saja copot demi mendengar kabar yang disampaikan sahabatnya itu.
            “Hehehehe, iya….” Suara Amel tampak riang sekali.
            “JADI….?!!” Rea masih heboh.
            “Iya. Nanti undangannya akan aku kirim ke Jogja…”
            Rea baru sadar. Ternyata, proposal yang Amel maksud bukanlah proposal seperti yang ada dalam pikirannya, tapi proposal dalam arti lain. Alias, lamaran. Rea memukul-mukul kepalanya berulang kali. Gak percaya.
            “Cepet banget, Mel….?? Wah, gak nyangka kamu bakal seberani itu!”
            “Hehehe. Aku kan sekarang sudah dewasa….”
            “Dewasa apanya, umur aja baru 19 tahun!”
            “Kedewasaan gak diukur dari segi umur saja, Re..”
        “Widih, kata-katamu gaya bener, hahahaha. Hhhhaaaahhhh, aku bener-bener gak nyangka!! Seriusssssss!!”
            “Ah, kamu bisa aja. Kamu gak nyusul?”
            “Kagak, ah. Ntar aja kalo udah lulus S2!”
            “Keburu tua lo!”
            “Hehehe….”
            Tiba-tiba saja, Rea tergelitik untuk menanyakan sesuatu.
            “Ngomong-ngomong, siapakah laki-laki tak beruntung yang memilih kamu?”
            “Huuussssh, enak aja ngatain laki-laki tak beruntung! Dia…itu….ngggg….”
            “Ish, siapa sih? Santri pondokmu?”
            “Dia….Ardi…”
            “Ardi?” Rea mengerutkan kening, mencoba mengingat-ingat. Lima detik kemudian, suaranya kembali memecah kamar. “ARDI YANG WAKTU ITU……???!!!!”
            “Mmmm…begitulah…”
            “HAAAAH?!!” Rea melongo. Bagaimana mungkin?
            “Dia yang menemui Bapak, Re…”
           “Masalahnya, KOK BISA SIH?!! Bukannya dia ngilang di Sumatera??” Rea masih gak percaya.
            “Kalau sudah jodoh, ya mau gimana lagi….”
            Rea melotot. Matanya nyaris copot!
            “Tunggu…tunggu….” Rea tiba-tiba curiga. “Jangan-jangan, dulu kamu juga suka sama dia?”
            “Ha?”
            “Ahahahaha, kena juga kau! Kemakan omongan sendiri, hahahaha…” Rea ngikik. Benar-benar tak dapat dipercaya!
            “Huuusssst….sudah-sudah….jangan diungkit-ungkit lagi!”
            “Hahahahaha….!!”
            “REA……..!!!”
            “Hahahahah…..!!”
            “REA!! AKU TUTUP NIH!!”
            “Eh…iya, iya…maap. Hehehe, abis aku gak percaya sih. Tapi, Mel….”
            “Ya?”
            “Barakallah ya….”
            Mendadak hening.
            “Terima kasih ya, Rea…”
            “Hiks…..” Rea terisak. “Aku gak nyangka bakal secepat ini….”
            “Rea…”
          “Rasanya baru kemarin aku main-main sama kamu, eh sekarang tahu-tahu kamu mau menikah….”
            “Hmmmm….”
      “Selamat ya, Mel… Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah….”
           Lima menit kemudian, sambungan terputus. Rea terpekur seorang diri. Amel adalah sahabatnya sejak kecil. Dan…sebentar lagi akan menikah? Sungguh tak dapat dipercaya. Parahnya lagi, dia akan menikah dengan Ardi, laki-laki yang dulu amat dibencinya. Mengingat semua kejadian dulu, hahaha jadi pingin ngakak. Memang benar, ada kalanya sesuatu yang amat kita benci akan berubah menjadi kita cintai. Begitu pula sebaliknya, sesuatu yang amat kita cintai bisa saja berubah menjadi kita benci. Yah, intinya jangan membenci atau mencintai sesuatu secara berlebihan.
            Drrrrt….Drrrrt…Drrrrt…
            Hape Rea bergetar lagi. Ada yang menelepon.
            “Rea, proposalnya udah kelar?”
            “Ha? Oh…eh…iya, akan segera saya selesaikan!”
      Rea gelagapan. Dia segera menghadap laptop, kembali berkutat dengan tugas-tugasnya….

Jogja, Kamis 17 Mei 2012
Pukul 20.15 WIB
           
                       

This entry was posted on Kamis, 17 Mei 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply