DIET? PENTING GAK SIH?



           Haiiish, sebenernya aku paling males bahas ginian, tapi lama-lama rada gerah juga ngedenger kritikan orang-orang yang ngeliat sedikit perubahan pada diriku. #apa sih ini!
            Intinya, berat badanku mbludak. So?
     Anggun, sahabatku, terang-terangan bilang kalo aku pantas menyandang gelar omnivora alias pemakan segala. Kejamnya lagi, dia juga bilang kalo aku adalah…. GAJAH DUDUK!! #Kejam
            Yeah, akhir-akhir ini nafsu makanku emang lagi horor. Mungkin ini adalah efek dari hari-hari kemarin saat aku sering sakit *balas dendam ceritanya*. Makan ga teratur dan ujung-ujungnya mangkal di GMC. Bu Dokter yang udah kenal sama aku (karena keseringan mangkal) itu menyarankan agar aku makan teratur dan berhenti puasa untuk sementara mengingat kondisiku yang masih suka ngedrop. Oke lah, karena aku ga mau sakit lagi, aku turutin aja saran Bu Dokter.
            Makan teratur.
            Makan teratur.
            Makan teratur.
        Lama-lama nafsu makanku kembali membaik dan SEMAKIN membaik. Efeknya, berat badanku nambah drastis, hahaha. Beberapa temen yang sadar dengan perubahanku langsung komen yang intinya mengatakan kalo aku makin gemuk. So what?
            “Aku tuh ya, kalo berat badanku nambah sekiloooo aja, haduh pusiiiiing!!” kata si M, salah satu temenku.
            “Aku juga nih, belom nimbang berat badan dari bulan kemaren!”
            “Heeeewh, pokoknya aku harus diet!”
            “Besok ke GMC yuk, nimbang berat badan!”
       Jujur, aku terheran-heran mendengar perkataan mereka. Yeah, emang sih cewek biasanya suka histeris kalo tahu berat badannya nambah biarpun hanya satu ons. Plis deh, emang penting ya? Terlalu berlebihan menurutku.. -___-
          Pada dasarnya, aku emang doyan makan. Bahkan aku dapet julukan “juglangan urip” waktu SMA, hahaha. Mungkin itu efek ikutan ekskul PMR yang emang nguras tenaga banget! Aku jadi inget, dulu waktu diklat PMR, seniornya suka kejem karena ngasih waktu buat makan cuma 5 menit. Banyak temenku yang gelagapan en ga bisa ngabisin tuh makanan. Pokoknya militer banget lah! Tapi tetep, aku bisa ngabisin makanan itu, bahkan membantu temen-temen yang lain biar cepet abis, hahaha…
            Dan saat ini nafsu makanku emang lagi ugal-ugalan. Makan apa saja. Mungkin benar kata Anggun tadi, OMNIVORA. Dua hari ini Anggun mencak-mencak gara-gara mendengar rengekanku setiap kali aku menyatroni kamarnya.
            “Nggun, aku luweee!”
            “Pingin cemilan….”
            “Ayo tuku donat neng Mak’e…”
            “Ayo golek mangan…..”
            Pokoknya, aku bakalan merengek terus sampai keinginanku bener-bener dituruti.
            “Apa gak ada kata-kata lain selain makanan?” Anggun frustasi.
            Ehehehehe. Maafkan aku sobat. Aku emang sering ngerasa laper akhir-akhir ini. Dan juga, suka ndremimil. Apalagi kalo ngerjain tugas pas tengah malam, pasti deh ada ‘teman setia’ di sampingku, entah itu biskuit atau snack. Entah karena efek PMS ato stress ngerjain deadline, yang pasti aku lagi horror banget sama yang namanya makanan.
            “Deloken kuwi lho pipimu, Ndi! Wes bunder tambah bunder!” komen Anggun.
            Lalu, aku pun menghadap kaca. Iya, pipiku yang emang terlahir chubby (apaan sih!) keliatan makin bulet. Temen-temen paling suka mbateki pipi seolah-olah aku ini karet yang bisa molor… -_____-
            Hm. Entah sudah berapa orang yang histeris ngeliat perubahanku. Intinya, mereka menyarankan satu hal: DIET. Oh nooooooooo!! #pingsan
Waktu aku kumpul-kumpul sama anak-anak Jember tadi, beberapa temenku langsung komen, padahal aku baru aja berdiri di depan pintu, belum masuk ke dalem rumah.
            “Kowe kok tambah lemu!”
            Ifo, adik kelasku yang mo tes di ISI juga mengatakan hal yang sama.
            “Mbak Indy tambah bunder!”
        Ya sudahlah, terserah apa kata kaliaaaaaan! Yang penting, sampai sekarang aku masih idup dan tentu aja sehat wal afiat. Tentang diet tadi, jujur aja aku ogah. Bukannya aku gak sayang sama tubuh, tapi aku emang gak terlalu suka mikirin hal-hal begituan. Emang sih, ada beberapa yang bilang kalo diet itu berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi tetap saja, diet adalah bentuk penyiksaan menurutku.
            Ada salah satu temenku yang amat sangat menjaga keidealan berat badan alias diet ketat. Dia menolak untuk memakan gorengan dan yang berbau lemak lainnya, gak mau makan malam, anti camilan, pokoknya horror banget deh! Suer, ngeri banget kalo sampe aku kayak gitu. Ga bisa bayangin!
            Sebenarnya, tanpa diet ketat pun kita tetap bisa memelihara kesehatan tubuh kok. Setidaknya, pengalamanku yang sering K.O hari-hari kemarin bisa dijadikan pelajaran. Pertama, makanlah secara teratur. Oke-oke, akhir-akhir ini pola makanku emang ra aturan alias nggragas, tapi ntar lama-lama juga normal kembali kok… *ngeles*. Kedua, istirahat yang cukup. Alhamdulillah, aku udah mulai bisa ngilangin sedikit demi sedikit penyakit nglowo alias insomnia *terharu*. Ketiga, olahraga teratur. Gak perlu angkat-angkat barbel, pake sepeda ontel setiap hari udah cukup kok. Keempat, puasa. Percaya deh, puasa akan membuat tubuhmu semakin sehat. Aku pernah baca artikel tapi lupa di majalah mana, intinya tuh puasa bisa ngilangin racun-racun yang ada di dalam tubuh. Mengenai sakitku tadi, itu penyebabnya bukan karena puasa lho. Tapi karena aku ga teratur makan.
            Kalo keempat cara itu bisa kamu terapkan dengan baik, yakin deh tubuhmu akan senantiasa seger buger. Gak perlu lah yang namanya diet ketat ampe nyiksa diri sendiri. Hidup ini harus dinikmati, sob. Dan mengenai berat badan yang bertambah, plis ga usah dijadiin beban. Apa pentingnya sih terlalu mikirin fisik? Kan yang penting hatinya *Eaaaaaa*.
         Alah ini sebenernya aku mo nulis apaan sih, kenapa malah jadi mblarah kemana-mana? -_-
            Intinya, disyukuri saja lah. Syukuri apa yang ada….hidup adalah anugerah….tetap jalani hidup ini…melakukan yang terbaik…. #malah nyanyi
            Oke-oke, sebelum menjalar kemana-mana, mari kita akhiri!

Jogja, Sabtu 19 Mei 2012
Pukul 00.45 WIB
           

This entry was posted on Jumat, 18 Mei 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

2 Responses to “DIET? PENTING GAK SIH?”

  1. cantik fisik itu entar juga peot.. kata bapaknya temenku, cantik hati itu malah yang susah dicari.. :D

    BalasHapus
  2. Ahahahaha...
    Bener, Ang!!
    Mangkane, ra usah mikiri diet2an... :D
    Seng penting atine ayu, hehehe.

    BalasHapus