Rindu Kampung Halaman…



            Malam ini, otakku benar-benar terasa buntu. Aku lelah menulis kalimat demi kalimat. Agak kesal karena sudah dua kali cerpen yang kusimpan di netbook menghilang karena keteledoranku sendiri. Dan sekarang aku terserang virus malas. Gak mood. Ya sudahlah.
            Malas ngapa-ngapain, aku hanya duduk diam sambil memandangi FB. Malas update status. Malas chatting. Malas lihat status orang-orang alay. Iseng-iseng aku menyebarkan info lomba Apresiasi Sastra ke beberapa grup. Tiba-tiba saja, seorang manusia mengajakku chatting. Oalah, Mas Iwan tibakne.
            Mas Iwan        : Nduuuk, piye kabare? Lek enek waktu luang sms mase..
            Aku                 : Wes tak sms, nomere samean ra aktip nhu.. -_- Ganti a?
            Mas Iwan        : Hehe, iyo. Iki nomerku:085XXX

            Dengan malas aku mencatat nomer itu, lalu meng-sms masku.
            Wooey mas! Ki Lia.

            Mas Iwan        : Smsmu wes masuk nduk. Tapi mas iwan lagi ga nduwe pulsa..
            Aku                 : *Halah yo wes*

            Aku diam tak menanggapi. Tiba-tiba saja Mas Iwan datang lagi, tapi sambil ‘membawa’ Mbak Fifin, sepupuku yang lain.

            Mas Iwan        : Hallooooo adek-adekku…… :D
            Aku                 : *mengernyitkan dahi* Lho? Kok Mas Iwan ada dua?

            Aku bingung. Kok FBnya bisa buat chattingan 3 orang sekaligus?

            Mbak Fifin      : Emboh. Aku yo bingung..
            Mas Iwan        : Ah, kalian ini. Ga pernah diajarin dosen ya?
            Aku                 : Mana ada dosen ngajarin pesbukan?-___-
            Mas Iwan        : Eh, Mas Yus mau menikah lhooooooooo…. *sambil memasukkan Mas Yus ke daftar chat kami*
            Aku                 : *heboh* Aaaaaah, tenane? Kapan? Kapaaaaaaannnn?

            Wedew, tahu-tahu ni orang mau nikah aja. Oya, Mas Yus Ini kakak kandungnya Mas Iwan. Mbak Fifin itu anaknya Budeku. Alah ribet banget sih, pokoknya mereka itu sepupuku. Dan aku di sini yang paling kecil. Mas Yus udah kerja, Mas Iwan lagi S2, Mbak Fifin baru aja lulus dan sekarang lagi ngajar anak SMP.
           
            Mas Iwan        : Hahaha, yo takono nang arek’e dewe…
            Mas Yus          : *mengheningkan cipta*
            Mbak Fifin      : Mas Yus kok ra enek abane tho?
            Aku                 : Weleeeeh, isin kuwi paleeeeeeng. Rupane mesti abang wi, hahahaha… :D
            Mas Iwan        : Iyo, macak turu wi…hahaha. Ayo dijaluk’i duiiiiit….
            Aku                 : Aku mas! Sakdurunge rabi, aku njalok sangu sek!
            Mas Yus          : *Pura-pura mati*
            Mbak Fifin      : Aku njalok nang Mas Iwan ae seng luweh cedek (Posisinya Mas Yus di Malang, sedangkan Mas Iwan di Jember)
            Mas Iwan        : Cedek’an Lek Man (Lek Man adalah babenya Mbak Fifin)
            Mbak Fifin      : Bapak ra nduwe duit Mas, bar operasi…
            Mas Iwan        : Hhohohoho, aku tak operasi plastik lah. Liaaaa, wes maem nduuuk?
            Aku                 : Halah-halah, karepe ape tiru-tiru wong korea a? Hahaha. Durung mas, engkok2an ae lha..
            Mas Iwan        : Kowe ki rung mangan polae ngirit opo ra nduwe duit?
            Aku                 : *kurang asem tenan* Ngenyek w!
            Mbak Fifin      : Lek ra nduwe duit, kono lho nang Alun2 kono karo nggowo omplong. Hahaha
            Aku                 : *merasa terhina* Maksudmu aku mbok kongkon ngamen?
            Mas Iwan        : Ora, kowe ra iro iso ngamen. Cukup menengadahkan tangan saja…
            Aku                 : NGEMIS??! *benar-benar dianiaya*
            Mbak Fifin en Mas Iwan        : Hahahahahahahahahaha!
            Mas Yus          : *udah mati beneran kali ya*
            Aku                 : Alah yo wis, tak off disik aku. Ape sinau sek…
            Mas Iwan        : Yo, sinauuuu…sinauuuu seng pateng nduk! Fifin pisan sinauo kono…
            Mbak Fifin      : Lah, lopo aku melok2…
            Mas Yus          : Yow is aku off pisan. Disambung kapan2 eneh. Oyo, dungakne Mbah Putri ben ndang cepet waras…

            OFF!!

            Aku terkesiap. Ya Allah, Mbah Putri masih sakit? Hmmph….kupikir sudah sembuh, tapi ternyata masih sakit. Ah, Mbah Putri….semoga engkau lekas sembuh dan bisa menimang cucu cicitmu yang lucu-lucu…
            Lama aku terdiam. Kangen. Tiba-tiba saja aku terbayang-bayang kampung halaman. Banyak kabar yang baru saja kuketahui. Mas Yus mau menikah. Mas Iwan hampir kelar S2. Mbah Putri masih sakit. Aiiiih, chattingan tadi benar-benar membuatku rindu kampung halaman. Timbul keinginan untuk berkumpul bersama keluarga besar seperti saat lebaran kemarin. Ramai. Bayangkan saja, cucunya Mbah Putri 40an lebih, belum lagi kalau ditambah anak dan menantu. Weleeeeh, keluarga besar tenan!!
            Rindu. Rindu. Rindu. Ingin berkumpul bersama keluarga besar. Bermain bersama keponakan-keponakanku yang lucu-lucu. Muhammad, Fatih, Ali, Rahmat, Putri, Wardah, Lupi, Dian, Tiwi, Ifa, Firman, Lukman, juga Danial yang baru saja terlahir di dunia ini. Rindu bercanda ria dengan sepupu-sepupuku yang gokil abis! Mbak Arum, Mbak Ari, Mbak Fifin, Mas Iwan, Mas Yus, Mas Faruq, dan laskar keluarga besar “Siddiq” lainnya…
            Rindu memancing dan mendaki gunung bersama Bapak. Berpetualangan ke hutan  bersama murid-muridnya yang ikut ekskul PA. Mengibarkan bendera merah putih di puncak. Darul Arqam di sekolah Bapak waktu bulan puasa. Pokoknya selalu membuntutinya… :)
            Rindu menggoda adik-adikku. Dinda yang masih berumur 6 tahun dan sedang giat-giatnya belajar shalat dan ngaji di TPA. Anak kecil yang lincah, selalu ingin tahu, nyaris hiperaktif. Melihat dinda seperti melihatku di waktu kecil, hmmm. Rima, adikku yang lain dari yang lain. Tidak seperti Dinda dan aku, dia amat pendiam. Sangat pemalu. Patuh dengan orang tua. Pintar. Tutur katanya lembut. Pokoknya dia anak rumahan banget lah. Dia mewarisi sifat Ibu. Sedangkan aku dan Dinda mewarisi sifat Bapak. Suka berpetualang, berwatak keras seperti batu, tidak bisa berbicara lemah lembut seperti Rima.
            Aku rindu Ibu. Rindu mendengar nasehat-nasehatnya. Rindu belajar memasak bersamanya. Rindu bercanda sembari membersihkan rumah….
           
            Ahhhh….
            Tiba-tiba saja aku ingin pulang…..

Jogja, 26 Maret 2012
Pukul 23.42 WIB

_Zakia Salsabila_

This entry was posted on Jumat, 30 Maret 2012 and is filed under ,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply