Kok Masih Gelap? -___-



            Semua ini bermula saat Puri dan Dilla menyatroni kosan gue tiga hari yang lalu. Kami mo ngerjain poster plus bikin analisis puisi. Gue seneng banget, secara temen-temen gue jarang maen ke kosan. Alasannya sih, kosan gue jauh dari kampus. Sebenernya gak jauh-jauh amat kok, hanya bikin kaki gempor kalo perjalanannya ditempuh pake kaki. Hahaha…
            “Kamar lo polos banget, Ndy?” komentar Puri.
         “Ya emang kayak gini kosan gue…” jawab gue. Yeah, gue emang gak kayak cewek kebanyakan yang suka memoles-moles kamar biar tampak sedep kalo dipandang. Selain gak telaten, gue juga males. Ribet.
            “Temboknya ditempelin apa kek, biar gak surem nih kamar…” tambah Dilla.
            “Lha itu kan udah?” gue menunjuk mading setengah terisi yang tertempel di tembok.
            “Garing banget, Ndy. Kamar luas begini lo sia-siain gini….dikasih tempelan pasti keren!”
            “Tempelan apaan?”
         “Apa ya? Gue lupa namanya. Pokoknya tempelan lah. Ntar kalo lampu kamar lo dimatiin, tempelan itu bisa nyala. Bagus deh, bikin  nyaman kalo tidur…” Dilla mengompori. Kayaknya nih anak bakat banget jadi tukang sales.
            “Alah dil, gue mah kalo mo tidur ya tinggal tidur aja. Kagak pake ritual mantengin tembok kaleeee…”
            “Hari rabu ke Mirota yok? Gue pengen nyari nih…” kata Puri.
            Dan pada akhirnya gue pun tertarik. Gue penasaran, kayak apa sih tempelan yang bisa nyala itu. Gue ngebayangin dinding kamar gue yang menyala di malam hari. Kayaknya asik juga tuh…
           Seperti yang udah disepakati, kami mangkat hari rabu siang. Gue, Puri, Dilla, dan ketambahan satu lagi, Vika, meluncur ke Soping. Sebelum ke Mirota, kami mo nyari buku dulu ke Soping. Kebetulan, gue emang mo nyari buku Fonologi dan kumpulan puisi. Begitu nyampe Soping, kami langsung mengubek-ubek isi Soping. Gue mati-matian menahan diri buat gak ngelirik ke arah buku-buku yang menggoda nafsu gue. Buku-buku itu seolah-olah berteriak-teriak girang ke arah gue, “Belilah aku….belilah aku….aku sangat menarik loooooooh…..”
          Dan…yeah…hati gue pun luluh. Stress gara-gara gak dapet antologi puisi, gue pun menyandra beberapa buku. Lumayan, buat bacaan akhir pekan. Hahaha, gue emang demen ngoleksi buku. Suatu saat, gue mo bikin taman bacaan “ZAKIA” di rumah gue dan perpustakaan keliling. Gue pengen bikin anak-anak di daerah gue demen baca, ceilaaaaah…gaya bener deh gue!
           Setelah acara belanja buku kelar, kami langsung meluncur ke Mirota. Kami naik ke lantai tiga, tempat jualan pernak-pernik en mainan anak-anak. Dilla langsung menunjukkan tempelan yang dimaksud.
            “Kayak gini bisa nyala?” Gue sangsi. Ternyata tempelan yang dimaksud Dilla adalah sebuah mainan plastik dengan berbagai bentuk. Masa sih bisa nyala?
            “Bisa lah….” Dilla meyakinkan.
            Gue mengangguk-angguk. Gue  mencomot tempelan itu, lalu membawanya ke kasir. Setelah itu, kami balik ke kampus buat pertemuan Dian Budaya.
            “Abis ini makan yuk! Gue laper!” kata gue.
            Dilla mengangguk. Puri dan Vika gak ikut, udah masak di kosan katanya. Sehabis acara Dian Budaya, kami pun cabut ke lembah. Nyari makan. Saat itu waktu udah menunjukkan pukul 7 malam. Berhubung kami emang lagi berhalangan shalat, jadinya ya kami santai-santai aja.
            Pas lagi enak-enaknya makan, HP gue bunyi. Anggun sms.
            Lo balik apa kagak?
            Gue lalu mengetik sms balasan.
            Balik lah. Ini lagi makan. Ada apa?
            5 menit kemudian, Anggun membalas.
            Pogung lagi pemadaman! Take care!
            “Hah??” gue panik.
            “Kenapa, Ndy?” Tanya Dilla.
     “Pogung lagi pemadaman, Dil! Haduh, gue harus cepet-cepet balik nih. Berabe kalo kemaleman…”
            Setelah makan, gue pun langsung cabut. Dan emang bener, malam itu lagi pemadaman. Gak hanya di Pogung aja, tapi daerah sekitar Fakultas Teknik juga gelap. Warung-warung di pinggir jalan hanya diterangi lilin seadanya. Memasuki daerah pogung, gue rada merinding. Sepi. Gelap. Apa lagi pas lewat depan kuburan, gue gak berani noleh kemana-mana.
            “Assalamualaikum!” salamku begitu nyampe kost dengan selamat.
            Gak ada jawaban.
            Krik… Krik…
          Ternyata orang-orang pada keluar. Gue langsung ke kamar Anggun, nyari temen. Tapi apa daya, dia udah gak sadarkan diri. Gue lalu masuk ke kamar gue, nyalain lilin.
         “Ah! Tempelan!” gue tiba-tiba keinget sama tempelan yang gue beli tadi. Mumpung lagi pemadaman nih….
          Dengan semangat ’45 gue langsung menempelkan tempelan bermotif bintang dan planet-planet itu ke dinding. Setelah semuanya selesai, gue langsung matiin lilin.
            Gue membuka mata. Gelap…. Lho, kok gelap?
            Gue melotot sambil meraba-raba tembok, mencari tempelan yang katanya bisa nyala itu.
       “KOK TETEP GELAAAAAP?” gue syok. Dan saat itu lah, gue pengen memakan Dilla idup-idup…. -____-



Jogja, 22 Maret 2012
Pukul 22.46 WIB

_Zakia Salsabila_
           

This entry was posted on Kamis, 22 Maret 2012 and is filed under ,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

2 Responses to “Kok Masih Gelap? -___-”

  1. hahaha.... buduung.. eyalaah gelap. tempelan itu sistemnya dia menyerap cahaya dulu biar bisa berpendar. Jadi dia harus kena cahayaaa dulu baru kalau gelap bisa nyalaaa...

    BalasHapus