Nostalgila With My Novel



    “Ndi, gimana novelmu?” seorang temen bertanya lewat hape pas gue lagi enak-enaknya ngaso di Bangjo (baca: Bangku Ijo).
          “Gimana apanya?” gue balik nanya.
          “Ya novel elu lah! Udah terbit?”
          Gue nelen ludah. Sebuah pertanyaan menusuk!
          “Belom. Gue biarin ngangkrak di netbook, hehe.”
          “Ah, payah lu! Direvisi napa!”
          “Males banget. Lagian itu udah dari jaman kapan kali, Bel!”
          “Huuuuu, dulu aja semangat banget pas nulis!”
          “Kan dulu gue terbawa emosi, hahaha…”
          “Hhh, ya udah deh. Gue kuliah dulu ya! Bye!” Bella pamitan.
          “Bye!”
         
          Hmmm, novel gue apa kabar yah? Tiba-tiba gue ngerasa kangen sama tu novel. Begitu nyampe kos, gue langsung menyambar netbook, lalu mengubek-ubek sebuah folder.
          “Ah! Ini dia!” teriak gue.
          Tertulis sebuah judul: Me Vs Einstein.
          Gue lalu ngebaca tulisan yang udah karatan itu. Gila, gue ngakak abis! Hahahaha, baru nyadar, ternyata cerita yang gue bikin tuh konyol banget. Bikin geliiiiii……
          Pantesan aja waktu gue kirim ke penerbit langsung ditolak mentah-mentah. Iye lah, orang ceritanya ancur banget gitu. Tapi, diem-diem gue jadi bernostalgila ama novel itu. Gue masih inget kayak gimana kondisi gue pas nulis tuh novel. Kayak orang kesambet! Gue menyelesaikan novel 190 halaman itu dalam waktu dua minggu. Setiap hari yang gue lakuin adalah nulis, nulis, dan nulis. Gak peduli dengan mata gue yang bengkak gara-gara kurang tidur. 2 minggu ngedekem di kamar kayak orang bertapa. Sampe-sampe kalo pas lagi di sekolah suka gak nyambung waktu diajak ngomong.
          Parahnya lagi, gue nulis tuh novel menjelang UAN! Gue masa bodoh amat, seolah-olah UAN itu gak lebih penting dibanding novel gue. Waktu itu gak tau kenapa gue lagi emosi tingkat dewa. Seseorang udah bikin gue darah tinggi gak karu-karuan. Sebuah cerita yang tersimpan lama tiba-tiba terkuak, minta dituliskan. Seolah ada sebuah suara yang teriak-teriak kayak gini di kuping gue: Saatnya balas dendam!! Selesaikan semua itu sebelum lu lulus!!
          Akhirnya, gue mati-matian nulis novel itu. Semua jalan cerita tersusun rapi di otak gue. Dan begitu novel itu kelar, gue nangis. Ya, gue nangis. Gak nyangka bisa nyelesein tuh novel. Meskipun ceritanya gak bagus-bagus amat, tapi gue seneng. Ada sebuah perasaan lega setelah menuliskannya…
          Membaca novel ini bikin gue geli sendiri. Kadang ngakak pas baca di bagian yang konyol, tapi rada-rada mak “jleb” juga pas menginjak bagian akhir cerita. Rasanya ada yang berseliweran di depan mata. Hmmm…novel itu begitu berharga buat gue. Sangat berharga. Karena novel ini gue bikin dengan penuh perjuangan. Kadang-kadang kayak ngerasa tekanan batin pas nulis, tapi akhirnya gue mampu menyelesaikannya dengan baik.

          “Kenapa gak dibikin novel aja?” tanyanya.
          “Gak ah…gue gak bisa nulis banyak…”
          “Gue pengen baca tulisan lo. Buktiin dong kalo lo bisa nulis, jangan cuma omong doang!”
          “Lo gak tau siapa gue.”
          “Gue tau…”
          “Ga usah sok tau. Lo bakalan tau akibatnya kalo gue beneran ngebikin tuh novel!”
          “Apa?”
          “Lo akan mati pelan-pelan.”
          “Kenapa?”
          “Karena lo akan tau siapa gue sebenernya.”
          “Hahahaha, lo ngomong apaan sih. Ngelantur…”
          “Lo beneran pengen baca tulisan gue?”
          “Iya.”
         “Tunggu sampe cerita ini selesai. Karena gue juga ga tau mo gue bikin kayak gimana endingnya…”
          “Ok, kalo udah kelar, kasiin ke gue ya.”
          “Gue punya dua cara buat ngasihin tuh novel.”
          “Apa?”
          “Pertama, gue kasih langsung ke tangan lo. Kedua, gue timpukin novel itu ke kepala lo.”
          “Ha? Maksudnya?”
          “Haha, gak kok. Santai, gue cuma bercanda doang…”

          Setahun kemudian.
          Ending sudah ditemukan. Dan gue pun mulai menulis 2 minggu lamanya…
          Me Vs Einstein!!




  
                                                             Me Vs Einstein

 



Jogja,30 Maret 2012
Pukul 18.56 WIB

_Zakia Salsabila_


This entry was posted on Sabtu, 31 Maret 2012 and is filed under ,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply