Dua Kutub Magnet



           Siang itu, kami berlima lagi ngumpul di rumah Zulfa. Aku, Anggun, Zulfa, Dian, dan Novi. Sebenernya kurang satu, si Dilla, tapi waktu itu dia lagi mudik. Di siang bolong, obrolan kami random banget. Absurd, tapi lama-lama jadi penting buat dipikirin. Halah.
            “Percaya nggak kalo cewe ama cowo bisa bersahabat dekat?” tanya Novi.
       “Nggak! Nggak bakalan bisa! Paling mentok-mentoknya juga jadi temen seru-seruan. Tapi kalo hubungan itu terlalu intens, bukan sahabat lagi namanya.” Jawabku.
            “Trus apa?”
            “Yah, pasti salah satu di antara mereka bakal ada yang suka.”
            “Ah, sumpe?”
            “Sumpe dong!”
            “Eh, tapi kan temenmu banyakan cowo, Ndi. Pernah sampe suka gitu nggak?”
            “Sejauh ini belum pernah, sih …”
            “Iyalah, ente kan cowo juga! Hahahahahaha!”
            “Sial!”
          “Hahaha.  Kan dirimu sukanya sama orang yang susah digapai. Ujung-ujungnya patah hati guling-guling. HAHAHAHA!”
            SIAL -_________-
            Oke, back to topic. Ngomongin masalah persahabatan cewe ama cowo emang nggak ada abisnya. Bikin kontroversial. Hahahahaha. Pertanyaannya, ada nggak sih persahabatan antara cewe ama cowo? Dari dulu gue berkeyakinan kalo cewe ama cowo itu sah-sah aja bersahabat. So what gitu loh? Tapi, itu duluuuu. Sekarang gue berpikiran sebaliknya: cewe ama cowo nggak bakal bisa bener-bener pyur jadi sahabat. Kalo pun bisa, perbandingannya mungkin 1 banding sejuta, hahaha. Gue nggak bikin riset resmi sih, cuman sejauh pengamatan gue selama 6 taun terakhir *heleh*, kok nggak ada ya persahabatan cewe cowo yang bener-bener tulus? Dalam artian, nggak ada pihak yang nggak naroh perasaan. Pasti adaaaa aja yang suka, entah itu si cewe ato cowo, ato malah dua-duanya.
            Nah, kalo tiba-tiba sekarang ada yang ngebaca blog gue dan nggak terima ama pendapat gue, ya silakan. Toh ini emang pendapat gue sendiri, hahaha. Menurut gue sih ya, cewe dan cowo itu ibarat dua kutub magnet. Kalo dua kutub itu disatuin, pasti bakal menimbulkan reaksi yang saling tarik-menarik, yah walopun nggak keliatan secara langsung sih. Ada yang baru punya rasa setelah 8 taon bersahabat, ada yang ngerasa kehilangan setelah sahabatnya pacaran ato kawin sama orang lain, ada yang emang suka dari awal tapi nggak berani ngomong gegara takut ngerusak persahabatan, macem-macem lah pokoknya. Walopun gue sekarang ini juga punya sahabat cowo, tapi persahabatan gue nggak seekstrim dulu, hahaha. Gue punya beberapa pengalaman yang bisa dibilang bikin gue ga mau terlalu deket sama cowo. Dan tentu saja pengalaman itu ngerusak persahabatan gue. Hiks. Iya, sih, gue emang punya banyaaaaak banget temen cowo, tapi nggak ada satu pun yang bener-bener gue izinin buat jadi dekeeeettt banget ama gue. Nggak boleh. Yah, sekadar temen organisasi ato temen main paling-paling.
            Setelah persahabatan gue rusak beberapa tahun silam, bisa dibilang pandangan gue tentang persahabatan cewe ama cowo berubah. Tapi anehnya ya, pasti adaaaaa aja makhluk cowo yang masuk lingkaran persahabatan gue, hahaha. Nggak di SMP, SMA, bahkan kuliah. Nah, yang terakhir ini nih yang bener-bener gue jaga. Jangan sampe kejadian kaya masa sekolah terulang lagi. Makanya gue bilang kan, gue ga mau terlalu deket. Terlalu ngeri kalo ampe kejadian lagi.
            Dulu waktu SMP, pernah deket banget ama cowo. Sobatan gitu deh. Sering ngecurcol bareng, maen ke mana lah, ngapain lah, sampe pada akhirnya temen gue bilang kalo dia suka ama gue. Dan ga tau siapa yang mulai, tau-tau udah berjauhan sampe lulus. Masuk SMA, ga tau juga siapa yang mulai, tau-tau gue punya geng, hahaha. Tiga cewe dan dua cowo. Kami dulu nyebutnya lima sekawan. Udah akrab banget lah kayak lem fox. Ini nih yang gue katain ekstrim tadi. Terlalu deket, terlalu sering smsan, terlalu apapun deh pokoknya. Apalagi kami juga seorganisasi. Intensitas ketemunya makin sering. Lama-lama kejadian juga. Di antara kami ada yang jadian. Tapi waktu itu masih baik-baik aja. Kami sama sekali nggak masalah dengan perubahan status itu. Tapi, di pertengahan tahun, mulailah dua makhluk itu masukin masalah pribadi mereka ke dalam persahabatan kami berlima. Gue paling bete kalo mereka lagi marahan, jalan jadi nggak asyik lagi. Nggak kayak dulu, kompak berlima. E e e e, nggak lama kemudian, malah gue sendiri yang kena. Anggep aja namanya si A. Dia bilang kalo dia suka ama gue, hahahaha. Gue ngakak waktu itu, bisa-bisanya. Tapi nggak sampe jadian kaya dua sobat gue itu, karena gue emang ga ada perasaan. Persahabatan masih berlangsung, tapi lama-lama jadi kampreeeet banget! Tuh anak suka kesel dan ngejauhin gue gegara nggak suka lihat gue ama si cowo yang satunya, yang punya cewe itu loh. Hellloooo, siapa yang nggak kesel? Dia siapa gue coba, pake acara ngambek segala. Lama-kelamaan dia ngejauh beneran. Nggak sapa-sapaan. Berarti tinggal 4 biji yang bertahan di lingkaran itu. Tapi nggak bertahan lama, karena dua sobat gue yang pacaran itu pada akhirnya putus. Persahabatan kami jadi surem banget kaya kuburan. Kalo lagi ngumpul dan ada si cowo, si cewe nggak mau gabung. Begitu pula sebaliknya. Pada akhirnya? Ya … bubar jalan! Sampe sekarang kalo pun ngumpul ya pasti cuman bertiga, gue, cowo itu, ama cewe yang satunya. Sedih banget gue waktu itu. Sekarang udah jarang kontak-kontakan lagi. Udah beda kota semua. Hiks.
            Bukti lainnya masih ada. Bukan dari gue sendiri, tapi dari pengalaman orang laen. Temen kuliah gue dulu pernah sobatan gitu kaya gue pas SMA. Dia dekeeett banget ama salah satu cowo di antara sahabatnya itu. Gue bilang, “Ati-ati lu. Kalo terlalu deket gitu, lama-lama jadi demen tau rasa!”. Tapi dia tetep menyangkal. Kata dia, “Hahahaha! Nggak mungkin lah gue jadian ama dia, Ndi. Gile lu, dia udah gue anggep jadi sahabat deket gue”. Oke, gue diemin aja. Tahu-tahu di semester berikutnya omongan gue kebukti. Gue bilang juga apa, kan?
            Terlalu banyak bukti yang bikin gue nggak percaya kalo cewe ama cowo bisa pyur sobatan. Pernah suatu kali, temen gue galo badai gegara sahabatnya deket ama cewe. Cemburu kali dia, hahaha. Kalo dia emang cuman nganggep sahabat, ya nggak usah segalo itu juga kaleeeee. Pas gue tanya apakah dia punya perasaan lebih setelah bertahun-tahun bersahabat, dia bilang, “Kayaknya sih gitu, Ndi. Witing trisno jalaran saka kulino”. Hzzzz…
            Seperti yang gue bilang tadi, cewe ama cowo itu ibarat dua kutub magnet yang saling tarik-menarik kalo dideketin. Gue yakin banget, kalo lu terlalu deket ama orang, pasti suatu saat entah kapan bakal ada perasaan walopun cuman sebesar kerikil. Karena biar gimana pun cewe ama cowo adalah makhluk berlainan jenis, yang kalo keseringan berhubungan bisa menimbulkan perasaan lope-lope. Ke mana-mana bareng, keseringan sms-an ato chattingan, intensitas ketemunya udah tingkat ekstrim, pasti deh bakal ada salah satu yang suka, ato malah dua-duanya.  Dulu pas gue masih SMA, gue kan ikut ekskul PMR tuh.  Nah, saat itu ada aturan yang mayan ekstrim buat anak belasan tahun macem gue. Aturannya, selama masa kepengurusan, ga boleh pacaran seorganisasi, takutnya bakal kesulitan misahin urusan pribadi ama organisasi. Asal lu tahu aja, PMR di sekolah gue tuh masuk ke jajaran ekskul paling kompak kekeluargaannya *nyombong ceritanya*, makanya jangan sampe organisasi rusak gegara masalah cinta. Tapi, yah, namanya bocah, ada aja yang ngelanggar, termasuk dua sobat gue itu. Ujung-ujungnya sebelum masa kepengurusan selesai, mereka udah bubar jalan. Kalo lagi ngumpul organisasi bakal diem-dieman kaya orang ga kenal, hzzz…
            Sekarang ini, gue juga punya sobat cowo di masa kuliah. Susunannya hampir sama kaya pas SMA dulu. Cuman bedanya, kami enggak seekstrim pas jaman gue SMA dulu. Biasa aja sih kalo kata gue. Paling sesekali maen ke mana lah. Kalo dulu pas SMA, yang namanya masalah pribadi diceritain ampe ke akarnya. Kalo sekarang enggak terlalu. Sejauh ini aman-aman aja, dan jangan sampe ada kejadian kaya dulu lagi, sumpah gue ogaaaaah! -_-
Iya, gue emang nggak terlalu ngizinin makhluk bernama cowo buat masuk ke ranah pribadi gue. Pernah satu kali gue deket banget ama makhluk cowo, yang segala sesuatu tentang gue pasti dia tahu. Apapun deh, sampe ke akar-akarnya. Dan karena endingnya emang bikin ati gue ‘kraaakkkk’ banget (u know lah maksud gue apaan, hahaha), gue enggak mau lagi terlalu jauh berurusan sama cowo. Takut bakal nyakitin diri gue sendiri.
            Kisah tentang sahabat jadi cinta ada begitu banyak di muka bumi ini. Udah bejibun film atawa novel yang mendokumentasikan kisah itu. Walopun film ato novel itu tergolong fiksi, tapi bagi gue, sefiksi apapun pasti ada pengaruh dari dunia nyata. Gue beberapa kali baca novel tentang persahabatan yang berubah jadi cinta, semacem 5 CM ato Dear Friend with Love. Kalo drama, contohnya Proposal Daisakusen, kisah persahabatan antara Kenzo ama Rei. Mereka bersahabat sejak SD, aslinya sama-sama suka tapi nggak ada yang berani ngungkapin, sampe akhirnya si Rei memutuskan buat kawin ama dosennya. Asli ngenes banget dah nonton tuh drama. Masih banyak tulisan ato Film yang nyeritain tentang sahabat jadi cinta, lu coba googling aja deh. Dan gue saat ini juga lagi bikin novel dengan tema kaya gitu, HAHAHAHAHA. Sayang banget kalo pengalaman-pengalaman gue kaga dituangin dalam bentuk tulisan. Kan kalo ntar ada penerbit yang mau nerbitin novel gue, mayan tuh bisa dapet duit buat nyambung idup. *prinsip ekonomi tetep jalan dong!*
            Yah, begitulah pendapat gue tentang persahabatan antara cewe dan cowo. Lu kudu pinter ngebentengin diri lu sendiri kalo nggak pengen persahabatan lu rusak kaya jaman gue SMA dulu. Pokoknya, gue masih berkeyakinan kalo cewe ama cowo nggak bisa beneran jadi sahabat ‘doang’, hahahahahahaha.  


This entry was posted on Selasa, 10 September 2013. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply