CERITA PARE #PART 4


            Aaaaaaaaaaaaaaaakkkk!! *tereak pake toa masjid* Terlalu banyak yang pengen kuceritakan malam ini, tapi aku ngantuk, hoaaaaahm. Aaaargh, nggak … nggak boleh! Aku kudu tetep melek sampe tulisan ini kelar! Mumpung lagi selo (pura-pura lupa ama ujian), ayo nulis, Ndi!
            So, dari mana aku memulainya? Isi kepalaku udah mo numplek, terlalu banyak yang diendapkan beberapa hari terakhir. Dari mana … dari mana … nggg … baiklah, aku akan mulai dari UJIAN. Yaps, ujian yang bikin aku nangis darah dan pengen balik ke rumah saking lelahnya. Jadi, di E-Fast One ini ada 2 program, basic program I dan basic program II. Di basic program I ada 3 ujian, yaitu multiple choice, writing, sama modal. Kalo di basic program II belum tahu, belum ujian soalnya. Nah, di basic program I ini, aturannya harus lulus multiple choice dulu kalo mau ujian writing dan modal. Kalo multiple choice nggak lulus, jangan harap bisa ikut ujian writing dan modal sampe kiamat. Di ujian multiple choice ini, bisa dibilang aku frustrasi, biarpun malam sebelumnya aku bela-belain nginep di camp Anggun dan minta ajarin dia, dalam keadaan sakit pula. Yak, saat itu aku emang masih sakit dan besoknya udah ujian. Ketinggalan hampir 25 kali pertemuan, dan itu sangat menyedihkan sodara-sodara. Biarpun Anggun udah jelasin panjang kali lebar kali tinggi, rasa-rasanya yang masuk ke otakku nggak lebih dari 30%. Siapa pula yang sanggup meres otak dalam keadaan sakit? Jadi bisa ditebak kan gimana ujianku? Hancur! Hiks … hiks … seriusan, hari pertama ujian langsung down banget pas tahu kalo aku nggak lulus. Pengen nangis di tempat deh rasanya. Dari semua soal, aku mati di bagian fungsi tenses dan modal. 2 materi itu kutinggalin pas aku sakit. Pas bagian direct-indirect speech dll sih masih rada nyambung, tapi kalo yang dua itu … cukup pake feeling dah. Tapi setelah aku tahu kalo anak-anak kelasku banyak yang nggak lulus, aku jadi tenang, HAHAHAHAHA! *puas banget -_- *. Sorenya, aku langsung remidi dan gagal! Pas remidi ketiga, bawaannya udah pengen pulang ke rumah dan tereak ke ayahanda tercinta, “Lihatlah, betapa bodohnya anakmu ini. Engkau seorang guru Bahasa Inggris, tapi kenapa anakmu yang cakep ini tak bisa sewas-wes-wos dirimuuuu??”. Dan saat itu aku sadar bahwa peribahasa “Buah jatuh tak jauh dari pohonnya” adalah peribahasa  yang menyesatkan!! Tapi … syukurlah, Elfast berbaik hati meluluskanku di remidi ke-4. Hzzz…

            Selanjutnya, aku ikut ujian writing. Dan alangkah nyeseknya pas tahu aku nggak lulus hanya gara-gara keliru dua huruf! Elfast menuntut kesempurnaan di setiap ujian, tapi bukankah tidak ada manusia yang sempurna, wahaaaai? Akhirnya, sore tadi aku ikut remidi writing dan entah gimana hasilnya. Moga aja lulus dan bisa ujian modal secepetnya. Belum lagi ada ujian basic program II! Aaarggghhh … tanggal berapa ini? Tanggal 1 Elfast tutup dan itu artinya, aku cuman punya waktu 2 hari buat nyiapin ujian modal (kalo writing lulus) dan ujian basic program II. Seharusnya nih ya … seharusnya sekarang aku belajar. Apalan modal kek, ngulang pelajaran kek, tapi kenapa aku malah nulis ini? Hla yo mbuh, salahkan tanganku yang nggak bisa berhenti nulis ini.
            Next, hari Minggu kemarin aku dan temen-temen E-Fast One main ke air terjun Madakaripura dan Alun-alun Batu, Malang. Padahal, besoknya kami ada ujian speaking. Hahaha biarlah, kami ingin menjernihkan otak sejenak. Nah, pas jalan-jalan ini, aku bener-bener seneeeeennng banget! Sayang, yang ikut cuman 15-an orang. Sisanya nggak bisa ikut karena berbagai alasan. Menurutku, jalan-jalan dan sejenisnya adalah alat pemersatu yang sangat ampuh *uomong opoh*, bisa mengakrabkan teman-teman. Biasanya pas acara begini nih semua sifat asli temen-temen bakal keluar, dan itu terbukti hahahaha. Buat acara jalan-jalan ini dibutuhkan pengorbanan yang super sekali. Udah pernah kukasih tahu kan, E-Fast One kagak ada liburnya. Minggu tetep masuk. So, kami ngakalin jadwal dengan cara dipadetin. Jadwal yang awalnya dari setengah 6 pagi sampe setengah 6 sore, ditambah dengan jam malam sehabis tarawih. Praktis, hidup kami diabisin di Elfast dari pagi ampe malem. Berasa lari maraton dah, beneran. Abis tarawih berjamaah di Elfast, langsung lanjut materi sampe jam 9 malem. Biasanya pas jam malem ini udah banyak yang klenger. Mata natap papan tulis tapi pikiran udah ke kasur, hahaha. Tapi, demi liburan, kami relaaaa kerja rodi! Bayangkanlah wahai, balik jam 9 malem bawa oleh-oleh PR dari Miss Ratna atawa Mr.Fuddin. Nyampe kost/camp udah ngantuk berat, dan PR itu musti dibahas besok pagi. Hzzz … entah udah berapa kali aku cuma menatap PR itu sekilas, ngerjain satu dua soal, lalu ketiduran dengan posisi kepala di atas buku, atau pulpen yang entah gimana ceritanya bisa nancep di idung -_-
            Oke, back to topic. Kami berangkat ke Madakaripura sekitar jam 6 pagi, pake jasa travel. Oh, ya, Madakaripura ini letaknya di Probolinggo. Butuh waktu berjam-jam buat nyampe sana. Seingetku sih, kami nyampe sana menjelang dzuhur. Dan, Oh My Allah, jalanannya itu lho, mirip ama Gunung Kidul. Pas ngelewatin daerah Batu, jalanannya meliuk-liuk kayak uler. Belum ada 2 jam, Miss Ratna dan beberapa temen udah melambaikan tangan alias mabok. Apalagi pas ngelewatin jalanan menuju Madakaripura, bener-bener deh! Berasa naek Roller Coaster. Sepanjang jalan kami jerit-jerit. Lumayan lah, anggep aja kayak naik Roller Coaster beneran. Toh rasanya juga mirip. Bikin orang pengen muntah, hahaha. Tapi pemandangannya, Masya Allah … sangat indaaaaaaah! Di kanan kiri yang terlihat hanyalah pegunungan yang membentang, dengan lukisan langit nan biru cerah, juga burung-burung yang beterbangan. Tapi jangan sekali-kali nengok ke bawah kalo nggak pengen jantungan, karena yang kalian lihat adalah jurang. Alhamdulillah, kami tidak mengalami halangan apapun sepanjang perjalanan. Rasa lelah kami terbayar ketika sampai di Madakaripura. Pemandangannya jauuuuuuuh lebih indah dari perjalanan tadi. Benar-benar lukisan alam yang luar biasa! Untuk menuju air terjun, kami harus melawan derasnya arus sungai dan bebatuan cadas yang kalo nggak ati-ati bisa bikin kakimu soak. Ngeri … ngeri banget perjalanannya! Kami butuh waktu kira-kira 30 menit buat nyampe sana. Entah berapa kali kami harus naik turun dengan  napas ngos-ngosan. Dan yang rada serem tuh pas ngelewatin jembatan yang hororrr banget! Itu jembatan udah bolong-bolong. Kalo nggak ati-ati dan kepleset, maka tunggulah malaikat Izrail menjemputmu. Hiiiiii *lebay mode on*

Ini nih jembatannya. Itu si Ihzan sama Mbak Sabil malah begayaan di sono -_-


E-Fast One Ceria ^^
            Ketika hampir nyampe di air terjun, tiba-tiba dateng segerombol orang yang jualan payung dan mantel. Katanya, ntar bakal kena ‘ujan deres’ di tengah jalan. Rada nggak mudeng sih awalnya. Tapi karena kami emang niat mo basah-basahan, jadi kami menolak tawaran itu. Cukup beli kresek 1 buat ngebuntel (apa sih bahasa indonya? Lupa, hahaha) tas, selebihnya kami ujan-ujanan. Dan, Oh My Allah … ternyata bener-bener ada ‘ujan deres’ di tengah perjalanan. Pas hampir nyampe air terjun, kami harus melewati arus sungai dan bebatuan gede, dan dari atas ada air mancur (bingung jelasinnya kek gimana hahahaha) yang dereeesss banget. Otomatis kami langsung basah sebelum nyampe air terjun. Kami harus ekstra hati-hati, soalnya tuh arus deres banget. Sendalnya si Fara aja sampe copot, punya Adi malah kemakan lumpur dan nggak bisa balik lagi. Beberapa anak juga kepleset (termasuk aku) dan luka di beberapa bagian tubuh. Maknyooosss sakitnya, tapi lagi-lagi semua itu terbayar pas udah nyampe air terjun. Coba kau rasakan, yang ada di sekililingmu hanyalah lukisan alam yang sangat indah. Bebatuan menjulang tinggi, air terjun yang sangat sangat sangat sangat sangat indah, hijaunya pepohonan, sungai, aaaah nggak bisa diungkapin lewat kata-kata deh. Kalo pengen renang di bawah air terjun, kami lagi-lagi harus melewati aral melintang. Kami kudu manjat tebing (namanya tebing kan ya? Opo sih? Lupa ah, pokoknya gitu) yang nggak terlalu tinggi tapi sangaaaaatt licin, kalo nggak ati-ati bisa nyemplung ke sungai dan kalo nggak bisa renang, ya wassalam lah. Aku cuman ngandelin feeling dan komat-kamit, takut banget. Bebatuannya campur lumpur soalnya, jadi rawan kepleset. Aku jalan pelan-pelan sambil meraba-raba batu yang ada di depanku buat pegangan en jaga keseimbangan. Berasa kayak Spiderman, sumfah! Dan aku tiba-tiba kepikiran Anggun, lalu bersyukur karena dia nggak jadi ikut. Bukannya apa-apa, tapi medan yang kudu dilewatin bener-bener horror, sedangkan aku tahu kalo tuh bocah takut ketinggian. Naik tangga kosan aja udah bikin bulu kuduknya merinding, apalagi mo manjat-manjat? Yakin deh, dia bakal nangis sepanjang jalan kalo ikut. Horor banget soalnya.

Ini tebing serem abis, tapi kami sempet-sempetnya begaya, hahaha!
            Next, sampailah aku dan Miss Ratna di air terjun, nyusul anak-anak yang udah duluan nyampe. Masya Allah, lagi-lagi kami terkagum-kagum dengan ciptaan Allah yang Maha Sempurna ini. Dari atas, kami dapat melihat sungai yang membentang di bawah sana, di samping kami terhampar air terjun yang sangaaaaaatttt indah! Aku dan temen-temen sempet nyebur di bawahnya, tapi enggak sampe ke tengah karena takut tenggelem. Orang di pinggirannya aja airnya udah nyampe pinggang! Di sana, kami hanya bisa bertahan sekitar 30 menit karena dinginnya yang sangat sangat sangat menusuk tulang. Gigi kami sampai bergemeletuk, tangan berkerut pucat, bibir membiru, dengan kaki yang pucat … cat … cat. Kami lalu turun dan melewati tebing tadi. Lagi-lagi aku komat-kamit dan nggak berani lihat bawah. Alhamdulillah, kami tiba di bawah dengan selamat. Selanjutnya, kami beristirahat sebentar sambil foto-foto ria bersama Granpa, heuheuheu. Mau tahu siapa Granpa? Nanti lah kujelasin di tulisan berikutnya. Akan kukenalkan teman-temanku satu per satu.
            Di sinilah letak keakraban kami. Bahu-membahu melewati derasnya sungai dan bebatuan curam, bercanda sepanjang jalan, ngetawain temen yang jatoh dengan posisi nggak banget (aku yang diketawain sih sebenernya, hzzz), nyanyi-nyanyi, dan lalalalala. Pukul setengah 5 sore, kami menuju Alun-alun Batu. Tapi sebelumnya kami nyari tempat buat buka puasa, lalu shalat di Lawang. Nyampe Batu sekitar jam 8-an. Sopirnya cuman ngasih waktu 30 menit doang buat maen, jadi kami cuman jalan-jalan bentar sambil foto-foto. Sebenernya aku pengeeeeen banget naek keranjang muter-muter (lupa namanya, hahahaha), tapi antre sekaleeee. Yasudah, kami lalu duduk-duduk di sekitar air mancur. Dan, ada kejadian aneh di sana. Pas kami foto di bawah tulisan “Kota Wisata Batu”, ada yang aneh pada … wajahku. Iya, wajahku! Kami foto di bawah tulisan, tapi entah kenapa huruf B-nya bisa ada di depan mukaku. Itu kan nggak logis banget! Yang bener itu huruf ada di belakangku, bukan nempel depan muka! Kupikir itu gegara aku yang tiba-tiba nyelonong pas anak-anak mo dipotret, tapi mestinya kan gambarnya ngeblur. Lha ini? Hurufnya tampak sangat jelas, di depan wajahku. Padahal huruf lainnya ada di belakang. Ngeri banget pas lihat fotonya. Sialnya, si Granpa malah bilang, “Ada sesuatu pada diri kamu, Ndi”. Mukanya serius banget lagi pas ngomong kaya gitu. Entah sesuatu itu apa, dia juga nggak tahu. Lah, si Fatjri ama Rodli malah nakut-nakutin. “Awas lho, Indi. Hayo lhooooo, hayoooo. Jangan-jangan itu yang manggil-manggil kamu kemarin itu”. Aaaaaakkk, sialan! Dan astagaaaaaaah, sekarang aku di kamar sendirian! Hampir setengah 2 pagi! Baru inget kalo Aya, temen sekamarku udah balik karena programnya udah kelar. Mamaaaah, kok jadi merinding gini sih. Tapi kalo dipikir-pikir, aku emang ngalamin beberapa kejadian horror selama di Pare. Aku pernah iseng-iseng  motret gedung Elfast pas sore-sore abis les, dan entah kenapa gambar yang muncul adalah … err, nggak  berani lanjutin. INI KENAPA AKU MALAH CERITA HOROOOORRRR??? *ketakutan sendiri*

Horror banget ga sih? -_-
            Oke, skip. Lanjut ke cerita awal. Setelah foto-foto, kami balik ke mobil. Pulang sambil memamah biak makanan apapun yang ada di mobil, hahahahaha. Bener-bener deh, perut kami kayak karung berjalan. Apapun ditelen. Hari itu aku bener-bener seneng. Liburan yang menyenangkan sekali. Sepanjang jalan, aku jadi suka mikir, kenapa baru sekarang kami seakrab ini? Menjelang detik-detik terakhir perpisahan kami? Huwaaaaaaa *narik tissue*. Kalo inget awal-awal program, iuuuuh kelas itu mati suri kayak kuburan. Nggak ada yang namanya celetukan. Pada (sok) serius merhatiin Mr dan Ms di depan. Dengerin. Nyatet. Bikin tugas. Pulang. Bahkan, di hari pertama kami terlebih dahulu berkenalan dengan kamus Oxford dibanding berkenalan satu sama lain *ngutip kata-katanya Ihzan*. Hahahahaha. Lalu suasana pun mencair seiring berjalannya waktu. Aku baru sadar kalo ternyata temen-temen kelas A E-Fast One adalah orang yang keliatannya diem tapi aslinya rame. Keakraban itu muncul tanpa bisa ditahan *oposih*. Yaiyalaaaaah, bayangin aje, dari pagi sampe malem ketemunya ya sama anak-anak kelas yang tampangnya itu-ituuuuu aja. Gimana nggak apal? Gimana nggak akrab? Heuheu. Tiba-tiba aja aku jadi kangen sama kelas malam. Keinget ama cerita seremnya Miss Ratna yang kocak sekali. Bayangin, sambil nunggu temen-temen cowok dateng, kami para cewek malem-malem di kelas paling belakang nyeritain hantu-hantu Elfast. Lampu kelas lainnya pada mati. Kenapa kocak? Karena ujung-ujungnya Miss Ratna yang ketakutan dan nggak berani ke kamar mandi, padahal udah kebelet pipis banget. HAHAHAHAHAHA. Yang nakut-nakutin siapa, yang ketakutan siapa -_____-
            Oh, ya, sampe lupa. Hari ini ada ujian speaking. Itu ujian beneran horooorrr banget! Kami berasa ikut ajang Miss Universe gitu deh. Maju satu per satu, ngambil kertas, trus nyepiking apapun yang tertulis di kertas itu. Aku ngarep banget dapet pertanyaan seputar impian buat kuliah di luar negeri, tapi sialnya aku malah dapet pertanyaan yang nggak terduga dan aku nggak ada persiapaaaaaan! Tahu nggak pertanyaannya apaan? Kayak begini nih, “Apa yang akan kamu lakukan ketika tahu umurmu tinggal 3 hari?”. Mati-matian minta ganti topik, tapi nggak dibolehin ama Miss Kartika ( _ _!). Ya sudah, aku nyepiking asal ngejeplak aja. Peduli amat ama grammar. Ceritaku udah ngawur ke mana-mana. Di akhir cerita, karena nggak tahu mo ngomong apa lagi, aku bilang kalo aku pengen terbang ke Jepang buat memetik bunga sakura, gentayangan di TUFS (Tokyo University of Foreign Studies), maen ke Akiba, ketemu Yui, after that … I’ll go back to Indonesia and I’ll die peacefully, hahahahahaha -____-
            Dan Alhamdulillah, dengan cerita yang rada ngawur itu Miss Kartika berbaik hati meluluskanku. Nggak perlu remidiiiiii! Lalalalala. Hari ini pertemuan terakhir kami dengan Miss Kartika. Besok udah nggak ada kelas lagi. Ada yang bikin aku kepikiran sampe sekarang. Miss Kartika tadi bilang kalau beliau kecewa dengan anak-anak kelas A, kelas kami. Di minggu kedua, kami berubah jadi annoying banget dan bikin beliau badmood buat ngajar. Kenapa? Karena anak-anak pada sering absen. Bayangkan ketika kamu menjadi guru, udah nyiapin materi dengan mateng, lalu disambut dengan perlakuan seperti itu. Aku tadi rada kesindir juga sih, soalnya aku jarang masuk kelas speaking. Tapi sejujurnya, itu bukan disengaja, serius …. T-T. Aku berkali-kali nggak masuk karena tepar. Di minggu kedua dan ketiga, kesehatanku rada naik-turun. Tapi kalo boleh buka-bukaan, seperti kata Fatjri tadi pas di kelas, semua ini bukan kesalahan Miss Kartika ataupun lembaga Elfast. Ini kesalahan kami. Sejujurnya, banyak di antara kami yang syok dengan kelas speaking. Karena di awal pertemuan kami sudah pake English area, langsung bikin kelompok dan mempresentasikan impian terbesar masing-masing, tanpa perkenalan terlebih dahulu. Kaget, tentu saja. Tahu-tahu langsung cas-cis-cus ngemeng bahasa Inggris, sedangkan kami sejujurnya belum mampu kalo langsungan kayak gitu. Belakangan kami juga baru tahu kalo kelas speaking emang didesain buat level 4. Jadinya banyak yang kabur. Alasan lainnya, teman-teman juga ada yang ngambil program di lembaga lain. Ah, ya sudahlah … bagaimana pun ini adalah pelajaran berharga untuk kami. Maafkan kami, Miss Kartika …! Meski beliau sempet bete ama kelas ini, beliau tetap mengundang kami untuk reunian 9 tahun mendatang. Oh, so sweeeeeeeettt, Miss! Entah apakah kita bisa bertemu lagi atau tidak. Tapi semoga saja kami bisa bertemu. Aaaaamin!
            Oh, ya, tadi kami makan malem buat yang terakhir kali. Judulnya bukan buka puasa lagi, soalnya kalo buka puasa waktunya mepet ama shalat maghrib, jadi kami milih makan abis tarawih. Tadi yang dateng dikit, sih, Miss dan Mr juga nggak bisa dateng. Tapi tak apalah. Makin ke sini, anggota kelas A emang makin menyusut. Banyak yang tumbang di tengah jalan, entah karena sakit atau pun emang udah dijadwal pulang kampung. Padahal belum ujian basic II. Dari 27-an murid, yang masih bertahan sampai sekarang sekitar 16-an.
            Tadi kami makan malam di Waroeng Batoek (bener nggak ya?). Dan baru kali ini lah kami kebingungan milih menu biar bisa abis 7 ribu. Kami ngambil tempat di atas, dan setiap orang wajib pesen minimal 7 ribu. Masalahnya, makanan di sana sangat sangat sangat murraaaaah dan kami bingung gimana caranya ngabisin duit 7 ribu! Udah pesen ini, itu, eh jatohnya masih 5 ribu sekian. Anak-anak pada berisik semua, bingung mo mesen apa lagi. Hahahaha, dasar manusia! Dikasih mahal bingung, dikasih murah juga bingung -_-
            Dan seperti biasa, kami akan mem-bully Fatjri dan Mbak Risma di mana pun dan kapan pun kami berkumpul, HAHAHAHAHAHA. Entah sejak kapan anak-anak kelas A sepakat mem-bully menjodohkan mereka. Aku paling nggak tahan kalo udah lihat tampangnya si Fatjri pas diolok-olok, “Cieeeeee”. Mukanya itu lho, meraaaah banget! HAHAHAHAHAHA. Dasar anak muda, ckckckckc. Dan entah sejak kapan pula, si Fatjri punya kebiasaan buat nyeletuk “Yeeee” setelah ada orang ngomong. Misalnya, “Yeeee, Makassar!”, “Yeeee, Elfast!”, “Yeee, Usta!”, apapun dikasih embel-embel “Yeeee” dengan aksen khasnya dia. Bingung nulisnya di sini, hahahaha. Aku ama Mbak Yuwa berkali-kali niru gaya dia tapi enggak bisa. Hahaha, ya sudahlah, biarkan celetukan “Yeee” ala Fatjri jadi ciri khasnya dia.
            Eh, iya, kami (aku, mbak yuwa, mbak risma, fatjri, ihzan, adi, hanif) tadi baru balik jam setengah 11 malem coba. Laennya pada balik duluan. Hzzzz, horror banget. Gerara ngomongin acara maen besok ini. Entah siapa yang punya ide, tadi tiba-tiba nyeletuk aja buat maen ke Candi Surowono abis kelas-nya Miss Ratna. Rencananya sih mo ngontel bareng ke sana, sekitar sejaman lah. Sabodo amat dah kalo besoknya ada ujian, ini otakku udah nyut-nyutan. Ibarat gelas yang diisi aer sampe penuh, trus pas dilemparin bola, tu bola mental *minjem kata-katanya Ihzan*. Kalo boleh jujur, di basic II ini aku rada blank. Bisa masukin materi 50% per pertemuan aja udah syukur banget. Entahlah, otakku jadi lemot gini. Makanya, aku pengen maeeeeeeeen! Kapan lagi bisa maen bareng anak-anak? Pokoknya besok kudu maen. Aku emang ada kepentingan di sono. Mau wawancara guide Candi Surowono buat ngegali info. Udah kubilang kan, kedatanganku ke Pare ini nggak sekadar belajar, tapi sekalian riset buat setting calon novel ketigaku nanti. Yaps, di mana pun aku berada, alangkah sia-sianya kalo nggak diabadikan dalam bentuk tulisan. Berkumpul dengan teman-teman E-Fast One udah cukup memunculkan inspirasi. Rencananya sih ntar mo nyeritain tentang kampung inggris dan segala bumbunya. Elfast, Madakaripura, Alun-alun Batu, Candi Surowono, dll. Tema besarnya sih pengen ngangkat tentang kebudayaan lokal. Kalo nggak, mungkin bakal pake tema passion show, sekalian buat lomba novel bulan September nanti. Targetnya tuh novel bakal kelar akhir Agustus nanti. Aaaamin! Pokoknya novel itu bakal kujadiin kado buat temen-temen E-Fast One :)
            WOOOOOOOIIII, JAM BERAPA INIIIIIIIIH???
            Astagaaaaah, tau-tau lihat jam udah mo jam 3 pagi! Perasaan di awal nulis tadi aku bilang kalo aku ngantuk, kenapa malah keterusan nulis segini banyaaaaak? -_- Hahaha ya sudahlah, segini dulu aja. Malah nggak bisa tidur. Oh My Allah, aku harus tiduuuurrrrr!! PR dari Miss Ratna belum dikerjaiiiiin! -_-
            Oke, oke. Bye!


Pare, Selasa 30 Juli 2013
Pukul 02.45 WIB
Dini hari yang sunyi

This entry was posted on Sabtu, 24 Agustus 2013. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply