CERITA PARE #PART 1



            Yeah, akhirnya punya waktu buat nulis! Oh, meeeeeen, bisa menikmati waktu senggang benar-benar hal yang langka di tengah aktivitas belajar yang menggila ini. Seriusan, liburan semester ini kuisi dengan belajar bahasa inggris -_- Demi apaaaaa aku belajar bahasa inggris, bahasa yang paling aku benci semenjak masuk SMA? Bela-belain nggak pulang kampung, nggak liburan, tapi malah menyasarkan diri ke kampung inggris alias Pare!
            Guys, semua ini karena 1 hal: mengejar mimpi. Belajar bahasa inggris adalah salah satu jalan yang harus kulewati sebelum melangkah lebih jauh lagi. Ibarat tangga, les bahasa inggris di Pare adalah tangga pertama yang kudu diinjek sebelum nginjek tangga selanjutnya: meraih score TOEFL minimal 550. Ibaratnya itu TOEFL bakal jadi tiket masuk buat meraih impian.
            Kenapa  milih Pare? Tentu saja karena kampung inggris ini udah terkenal dengan kualitasnya yang super sekali. Selebihnya karena aku benar-benar penasaran dengan kampung ini, hahaha. Yah, dari pada cuman denger “katanya”, mendingan dateng langsung kan?

            Oke, cukup basa-basinya. Aku mo sedikit cerita tentang kegiatanku sehari-hari di Pare, yang kalau boleh kubilang … errr, ngures tenaga dan cepet bikin laper. Aku dan Anggun ngambil program E-Fast One di lembaga Elfast. E-Fast One itu semacem paket belajar grammar selama sebulan. Yak, aku mulai dari nol lagi! Bener-bener dari nol coooooy. Karena aku sadar kapasitas otakku yang masih kosong melompong kalo disodorin bahasa inggris, jadi aku milih ngambil program dasar.
            Nah, kami nyampe Pare tanggal 7 Juli kemarin. Diawali dengan perjalanan yang sangat freak dan pengen ngumpat sepanjang jalan. Kenapa? Karena travel XXX yang kami pesan jauh-jauh hari tiba-tiba ngebatalin seminggu sebelum keberangkatan. Mereka janji bakal jemput di Stasiun Kediri, dan balikin duit sisa travel. Waktu itu rasanya pengen nyakar-nyakar petugas travelnya. Untungnya sih, kami nggak kabisan tiket kereta. Tapi, lagi-lagi cooooy, kami dikecuin pas nyampe Stasiun Kediri! Siapa coba yang nggak bete nungguin hampir 4 jam tanpa kepastian? Berkali-kali aku nelpon mereka dan ngamuk nggak jelas di depan Stasiun. Akhirnya, kami dijemput daaaan pake motor! Rasanya sangat nggak terima, huh. Enak aja ngeganti travel pake motor! Tapi karena siang itu Kediri lagi panas-panasnya, aku manut aja. Tapi, tetep … aku masang tampang judes sejudes-judesnya pas ketemu mereka. Sadar kalo dijudesin sepanjang jalan, mas-mas yang nganter aku mulai ngoceh tentang objek wisata yang bisa dikunjungi pas hari libur. Lama-lama nggak enak juga sih ngejudesin orang, toh mas-mas yang nganter ini nggak salah sebenernya. Yang salah itu atasan mereka. Sumpah pengen kutabok-tabok!
            Sebelum masuk ke Pare, kami melewati bangunan yang sangat keren. Entah apa namanya, aku lupa. Bangunan itu bener-bener eksotis, berasa di Eropa deh. Beneran :3
Sejak melihat bangunan itulah perlahan-lahan mukaku berubah dari judes jadi datar. Lalu berubah lagi jadi seneng banget pas baca tulisan “Selamat Datang di Kampung Inggris”. Aaaaaaakkkk, nggak sabaraaaan pengen les! Dan setelah nyampe kost, aku langsung tepar. Oh, ya, aku ama Anggun beda tempat tinggal. Dia di camp english area, yang tiap hari ada program harian di camp itu, semacem les. Kalo aku milih kost biasa. Alasannya sih simpel, aku cuman pengen fokus ama les di Elfast. Selain itu, aku juga punya kerjaan yang mayan nyita waktu.
            Aaaaah, nggak kerasa aku udah seminggu di Pare. Besok hari Minggu, dan libuuuurrrr!! Yeay! Ini kesepakatan bersama sih sebenernya. Jadwal aslinya sih les-nya tiap hari tanpa libur, tapi kayaknya semua murid bakal tepar kalo dipaksain meres otak tiap hari. Seneng banget deh pas dikasi hari libur. Makanya ini aku bisa nulis :3
            Ini baru seminggu loh, dan jujur aja kepalaku udah pusing setengah mati. Meeeen, les dengan durasi 5x pertemuan per hari itu WOW banget kaaaan? Aku masih inget banget pas pertama kali berangkat les. Aku dengan lebaynya udah pasang alarm jam 4 pagi! Mandi, shalat subuh, lalu berangkat. Suuumfeeeeh, sejak kapan deh aku bangun sepagi itu? -_- Tapi rasanya seneng banget. Ternyata menghirup udara pagi sambil jalan kaki itu sangat menyenangkan sodara-sodara. Mata rasanya seger banget lihat sawah membentang. Yaps, kampung inggris letaknya emang di pedesaan, tepatnya di desa Tulungrejo. Tapi sejujurnya rada serem juga sih pas ngelewatin rimbunan bambu di pagi buta, mana gelap lagi. Aku ngekost di Najwa House, jaraknya nggak terlalu jauh sih ama Elfast. Sekitar 7 menit kalo jalan kaki. Tiap hari ngelewatin sawah dan rimbunan bambu yang syerem itu.
            Hari pertama les, otakku masih seger-seger aja. Materi yang diajarkan masih bisa lah ya diserap otak. Oh, ya, di program yang aku ambil ini ada 3 pengajar yang kece sekali, yaitu Mr. Fuddin, Miss Ratna, dan Miss Kartika. Mr. Fuddin kebagian ngajar pertama, sekitar jam setengah 6-an.  Abis itu lanjut Miss Ratna rada siangan, jeda bentar trus lanjut Miss Kartika, dan sore harinya Miss Ratna lagi yang ngajar. Rasanya belajar 5x sehari itu bener-bener kerasa. Kerasa mumetnya, tapi juga kerasa semangatnya. Aku tahu, salah satu ciri khas cara ngajar di kampung inggris adalah pake cara pemaksaan. Hahahahaha. Aku sudah membuktikannya sodarah-sodaraaaah!
            Awalnya sih biasa aja, masih materi paling dasar gitu, semisal language componens. Tapi keesokan harinya jangan harap hidupmu bakal tenang. Baru aja ngasih materi langsung disodorin pre test, latihan soal, hapalan. Tiap pertemuan digituin coy, siapa yang nggak megap-megap coba. Percaya nggak kalo aku bisa apal di luar kepala rumus 16 tenses dalam 2 hari? Sama, aku juga nggak percaya, hahahaha. Tapi begitulah kenyataannya. Aku kudu kerja keras di sini biar bisa ngejar materi yang makin hari makin sulit. Serius, makin hari makin njelimet dan bikin pusing kepala. Tapi, aku menikmatinya :) Bukankah aku sudah berjanji untuk belajar sekeras mungkin? Berusaha sekuat yang kubisa? Memang, selama seminggu ini aku ngerasa perkembanganku masih belum sepesat teman-teman. Aku masih sering bingung ngadepin soal, dan jarang ngulang pelajaran selama di kost. Ada hal yang harus kuselesaikan sampai pikiranku bisa bener-bener tenang. Hell yeah, aku sampe sekarang emang belum benar-benar tenang di Pare, gara-gara ‘sesuatu’ yang nggak bisa kutulis di sini, dan ‘sesuatu’ itu mayan nyita waktu dan pikiran. Hzzz…
            Oya, di program yang kuambil itu, ada kelas yang bikin aku mau nggak mau kudu ngomong. Yak, speaking class! Kelas ini diampu oleh Miss. Kartika yang sangat suka mem-bully murid-muridnya, hahahaha. Tapi menurutku ini adalah kelas yang sangat seru, semacam refreshing otak setelah makan grammar seharian. Jadi tuh ya, selama di kelas ini, semua murid-muridnya diwajibkan untuk berbahasa inggris buat ngelatih speaking. Pertemuan awal cukup merangsang mulutku buat ngomong. Miss Kartika bikin kelompok-kelompok kecil, trus disuruh diskusi tentang impian masing-masing, dan pake bahasa inggris tentunya. Kalo ketahuan pake bahasa Indonesia bakal dikasi punishment, yaitu muka dicoreng-moreng pake bedak putih. Dengan cara itu, secara gak langsung temen-temen sekelas bakal berkenalan satu sama lain. Mau tahu nggak bahasa inggrisku kek gimana? Ahahaha, belepotan lah yang jelas. Masa bodoh ama grammar, yang penting aku ngemeng. Dan, Miss Kartika emang ngomong, “Lupakan grammar di kelas speaking!”. Yang penting ngomong dulu, masalah grammar belakangan. Aku suka sekali dengan kelas ini, karena sedikit-sedikit aku bisa belajar ngomong pake bahasa inggris dan nambah vocab. Oh, ya, di Elfast ini bahasa inggris yang diajarkan pake madzab America (US), bukan British. Jadi, yaaah wajar sekali kalo pas Miss Kartika lagi ngomong aku sering nggak mudeng, hahahaha. Nggak terbiasa.
            Di kelas E-Fast One, aku nemu banyak temen dari berbagai daerah. Ada yang dari Makassar, Malang, Jogja, bahkan Aceh pun ada. Alhamdulillah, makin banyak temen :D
Dan kelas ini juga nggak membatasi umur seseorang buat belajar. Anak-anak kelasku umurnya berkisar 19-30 tahun. Di kelas itu kami melebur jadi satu, nggak ada yang namanya senior-junior. Heuheuheu. Pokoknya seneeeeeng banget deh!
            Aku sangat menikmati hari-hariku di Pare saat ini. Meskipun tiap hari megap-megap ngerjain PR, ngerjain soal di kelas bla bla bla, tapi semangatnya bener-bener kerasa. Yeah, petama-tama aku memang harus mencintai bahasa inggris sebelum mempelajarinya. Seperti kata Mr. Fuddin kemarin, “Jika belum apa-apa kalian sudah malas dan enggan belajar, sampai kapanpun kalian nggak akan bisa menguasainya.” Oke Mr, saya akan belajar sekeras mungkin!
            Salah satu hal yang kusukai ketika berjalan kaki adalah suasana kampung inggris. Ke mana pun kakiku melangkah, aku akan menemui gerombolan anak-anak yang asyik belajar. Di halaman samping kosku, tiap pagi sampai sore digunakan oleh lembaga OXFORD buat ngajar. Belajar di bawah rindangnya pepohonan, asyik sekali kayaknya. Di jalanan, aku sering lihat anak-anak yang lagi belajar bahasa inggris. Ada yang ngobrol pake bahasa inggris sambil buka kamus, ada yang naik sepeda sambil apalan vocab, ada yang jalan kaki sambil apalan rumus (ini aku, hahahaha), nyenengin deh pokoknya. Setiap beberapa meter aku selalu nemu lembaga bahasa inggris maupun camp. Aku paling suka pas menjelang buka puasa. Jalanan rameee banget dengan sepeda ontel. Oya, di Pare ada penyewaan sepeda ontel. Jadi, kalo ke mana-mana ya ngontel. Tapi aku lebih memilih jalan kaki. Lebih asyik!
            Hoaaaahm, ngantuk coy. Udah jam berapa ini. Besok libur. Mayan bisa dipake buat dalemin materi ama jalan-jalan sekalian. Yak, besok sore aku rencananya mo keliling kampung inggris dengan berjalan kaki. Percayalah, jalan kaki akan membuat matamu bisa melihat dunia dengan lebih dekat. Dan tentu saja, aku harus menyiapkan buku kecil dan pulpen untuk mencatat apapun yang kutemui di jalanan besok. Aku ingin tahu seluk-beluk Pare. Karena kelak, sepulangnya dari Pare, aku akan merekam semua itu menjadi sebuah novel dengan tema kebudayaan lokal dengan bumbu-bumbu lain yang terasa sedap :)

This entry was posted on Sabtu, 24 Agustus 2013. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply