Skripsi Atau…SkripShit?!



            Fyeah…akhirnya gue bisa ngisi blog ini lagi! Kasian juga nih blog udah jarang gue urusin #gara-gara sibuk UAS kemaren -_- . Ok stop, jangan bahas UAS sekarang!
           
******* ******* ********

            Terkadang gue terheran-heran, kenapa sih para angkatan tua (baca: mahasiswa tingkat akhir) sering memplesetkan kata Skripsi menjadi SkripSHIT? Apakah emang segitu sulitnya bikin tugas akhir a.k.a skripsi ampe ngomong kayak gitu? Dan, kenapa juga tampang mereka sering kusut ga karu-karuan? Fyeah…akhirnya pertanyaan itu terjawab juga sodara-sodara!
            Jadi ceritanya, beberapa hari terakhir ini gue disuruh ngedit skripsinya anak sastra jepang. Namanya…mmmm…ya, sebut saja Bunga :D *berasa ngiklan*. Awalnya, gue ragu. Ga tau kenapa, kalo ngomongin soal edit-mengedit, gue agak trauma. Gue pasti kebayang-bayang ama hasil ujian SBI (Struktur Bahasa Indonesia) semester 1 kemaren. Bayangin aja, Pak Dosen tega-teganya ngasih gue vitamin C!! Saaakkkkiiiiiiiittttt….. ditambah lagi nilai UTS morfologi yang bikin gue syok setengah mati. Kok bisa gue dapet *tiiiiiiiit* (sensor)? Dua matkul itu berhubungan erat sama yang namanya ngedit. Dan jujur aja, kepercayaan diriku langsung ilang setelah melihat nilai-nilai itu. Berasa salah jurusan -____-
            “Gapapa, aku percaya sama skill kamu kok,” kata dia saat gue ngasih tau kalo gue ga begitu bisa ngedit tulisan. Gue ga yakin dia bakal ngomong kayak gitu lagi kalo udah ngeliat hasil ujian gue -_-

            Ya udah sih, berhubung bulan ini gue banyak selownya, jadi ya gue terima aja permintaan dia. Itung-itung  sambil latihan buat persiapan kelas penyuntingan nanti. Hahahaha, gue seneng banget. Masalahnya, skripsi yang gue edit ini berhubungan sama Jepang. I like Japan!! :D
            Bisa dibilang, gue lumayan jatoh bangun dalam ngedit nih skripsi. Awalnya sih, dia cuma minta editin 2 Bab, tapi ujung-ujungnya 1 skripsi gue edit semuanya. Gue sih sebenernya ga masalah mo ngedit 1 skripsi, cuma gue ngerasa takut aja. Gue takut salah. Soalnya, detlen yang dia kasih tuh amazing banget! Bayangin, 3 Bab dalam sehari! Ini rekor, bro. Agak kebingungan juga ngedit segitu banyak dalam waktu singkat.  Takut ga bisa teliti karena keburu-buru. Dulu, gue pernah jadi editor buku seseorang dan detlennya cukup lama, 2 minggu. Lah, kalo ini? -_- Ok, jadilah malem itu gue ngalong (baca: jadi kelelawar) ngedit tuh skripsi ampe jam 10 pagi. Setelah beres, langsung gue kirim ke dia.
            Hidup pun berlanjut kawan *eleh*. Gue kira udah beres, eh taunya dia dateng lagi. “Tolong diedit sekali lagi. Kata Dosenku pembahasannya kebanyakan. Kalo bisa, dilesapin ya biar jadi lebih tipis.”
            Gue garuk-garuk kepala. Jujur, gue ga berani motong tulisan orang. Gue ga begitu menguasai materi tentang anime dan tetek-bengeknya, takutnya ntar malah salah motong. Akhirnya, gue putusin untuk ngedit tata bahasanya doang (masih dalam keadaan takut).  Pas ngedit tuh skripsi, yah sedikit banyak gue mulai belajar lah tentang seluk-beluk skripsi. Dan jujur aja, emang ribet. Mulai dari pendahuluan, isi sampe kesimpulan bikin gue geleng-geleng. Oh my god, segitu sulitkah bikin skripsi?
            Beberapa hari kemudian…

            Plis, bantu ngedit lagi! Gue udah pendadaran, tapi nih skripsi musti gue revisi. Gue harus ngejar yudisium sebelom tanggal 20 neh, soalnya ntar gue juga mo interview beasiswa S-2 di Jakarta.
           
            Sms itu bikin gue syok sodara-sodara. Masalahnya, hari itu gue juga punya detlen nyelesein 3 naskah cerpen yang mo gue kirim buat Lomba Cerpen Tingkat Nasional. Pengumpulan terakhir besok tengah malem dan gue belom bikin satu kalimat pun. Pengen nangis aja deh bawaannya, ditambah ada masalah XXX plus gue gak tidur sejak kemaren gara-gara ngerjain suatu hal. Lelah. Gue lelah dan badmood stadium akhir. Entah karena efek PMS atau apa, yang jelas 2 hari itu gue sering ngamuk-ngamuk.
            “Beberapa Bab ato 1 skripsi?” tanya gue.
            “1 skripsi.” Jawab dia.
            Mampus. 
            Sekarang, ada tiga hal di depan gue: AS, cerpen, dan skripsi.
            Gue bingung.
            Bingung.
            Bi…ngung…
            Kenapa semuanya datang secara bersamaan? -_-
            Tapi, it’s okay. Dengan kutipan kalimat penyemangat “Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain”, akhirnya gue iyain permintaan dia. Bismillah, gue pasti bisa menyelesaikan semuanya. Setelah mempertimbangkan waktu yang demikian singkat itu, gue pun memutuskan untuk bikin cerpen dulu. Setelah itu, baru ngedit skripsi dan ngelarin urusan AS yang tak berkesudahan.
            Bagaikan orang kesurupan, malem itu gue nulis sampe sore. Duduk ngejogrok di depan laptop tanpa menyentuh air sedikitpun (baca: cuci muka dan sebangsanya), haha. Jam 9 malem, akhirnya cerpen-cerpen itu berhasil gue selesaikan. Alhamdulillah… walaupun ceritanya masih berantakan, tapi setidaknya gue udah berusaha semaksimal mungkin :)
            Lanjuuuttt… gue pun menanti skripsi dari Sebut Saja Bunga *nama yang manis kan?  -_-
            Satu jam…
           
            Gue nunggu sambil ngemil dan nonton film.

            Dua jam…
           
            Gue nunggu sambil cerita-cerita en becandaan sama Anggun.

            Tiga jam….

            Woi!! Mana woy?!! Gue cek FB berkali-kali tapi kaga nongol-nongol juga tuh skripsi. Gue udah mulai ngantuk. Akhirnya, gue chat dia.

            Mana?! Buruaaaaannnn…
           
            Dia jawab: Ok.

            Gue pun standby depan laptop. Tunggu dan ditunggu tapi masih belom nongol juga tuh skripsi.

            Zzzzzzz….. gue ketiduran….
           
            Satu jam kemudian.

            “Bangun, woy!!” Anggun nabokin muka gue. “Noh, udah dikirim!”
            Masih dengan setengah sadar, gue pun bangun dan menatap laptop. Gue liat jam di dinding. Jam 2 pagi. Bagus, 1 skripsi baru dikirim jam 2 pagi dan detlennya jam 7 pagi. Gue ga jamin bakalan kelar -____-
            Ternyata oh ternyata, dari tadi dia masih sibuk ngerevisi skripsinya dengan penuh tangis dan perjuangan. Tim penguji menyuruhnya memotong skripsi dari 200 halaman menjadi 90 halaman. Gue tercengang. Tu anak pasti stress. Iyalah, lo pikir gampang ngerevisi? Ah, malang sekali nasibmu, Nak… Saya turut berduka cita…
            Akhirnya, dengan sepenuh jiwa dan raga, gue pun mulai ngedit lagi. Satu Bab, mata gue masih bisa bertahan. Dua Bab, udah agak nguap. Tiga Bab, gue pergi ke kamar mandi buat cuci muka. Empat Bab, otak gue udah agak konslet. Lima Bab, gue nyaris tepar. Ngantuk berat woooiiiy!! Kagak tidur dari kemaren. Karena jam 8 gue ada janji, gue pun memutuskan untuk tidur setelah mengucapkan beribu-ribu maaf karena ga bisa ngelarin yang Bab 5. Tepat jam 5 subuh, gue tewas… bablas sampe jam 11 siang -_-
            Fyeah, itu lah cerita gue pas nanganin skripsi orang. Ada banyak hikmah yang bisa gue jadikan pelajaran. Setidaknya, gue bisa ngerti kayak gimana perjuangan dalam menyelesaikan sebuah skripsi. Sangat melelahkan, kawan. Gimana enggak? Bolak-balik disalahin Dosen itu sangat menyiksa batin. Terutama kalo keseringan ditanya, “Lo kapan lulus?”. Bakalan sepet deh tuh muka *ini berdasarkan pengalaman beberapa sodara gue. Kurang tidur, dikejar-kejar detlen, nyari literatur kesana-kemari, turun ke lapangan, dan sebagainya. Itu sangat menguras pikiran!
            Ya. Pada akhirnya gue tahu kenapa skripsi bisa tampak sangat shit di mata para angkatan tua. Fiuh, semoga aja gue ntar kagak stress pas bikin skripsi. Mumpung masih unyu-unyu di semester 3, gue akan melakukan yang terbaik :)
            Ok deh, selamat buat Sebut Saja Bunga atas yudisiumnya. Seneng bisa turut membantu. Semoga kau lolos beasiswa S-2 di Jepang! *ini yang paling bikin gue iri setengah mati >.<


Ditemani rintik hujan…
Kamis, 19 Juli 2012 Pukul 02.19 WIB.
           
           

This entry was posted on Rabu, 18 Juli 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply