CERITA LIBURAN #PART 2

             Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 2 sampe tanggal 5 Februari 2013, gue dan dua orang sobat gue, Anggun dan Dilla, mbolang ke Malang. Mumpung lagi liburan semester ganjil meeen! Kami udah ngerencanain acara ini jaoh-jaoh hari. Pokoknya, liburan harus maen ke Malang! Selain menikmati objek wisata yang ada di sana, kami juga pengen mengunjungi beberapa sahabat kami, yaitu Novi, Zulfa, dan Diah.  Kangen, woy! Udah berbulan-bulan kagak ketemu. Terutama ama Novi, karena dia adalah satu-satunya sahabat kami yang sudah bekerja dan tidak memiliki banyak waktu libur. Kami sengaja berangkat ke Malang hari Sabtu dan maen-maennya hari Minggu biar si Novi bisa ikutan.
            Tanggal 1 sore, gue dan Anggun nginep di Jember, di kos Dilla. Niatnya sih berangkat dari situ biar deket. Maklum, rumah gue ama stasiun jaraknya jaoh men, alias pelosok, hahaha. Dan seperti biasa, kami pasti bakal rempong sebelom berangkat.
            “Bawa baju berapa?” tanya Anggun sebelum ke kos Dilla.
            “Gue bawa 2 aja. Males bawa banyak. Berat.”
            Fine, kami cuman bawa 2 pasang baju. Masalah kekurangan baju mah urusan belakangan. Waktu itu gue mikir kalo gue bisa minjem baju Novi kalo kehabisan, tapi pas nyampe di Malang gue baru sadar kalo berat badan gue gak sebanding dengan Novi. Dia kurus, dan gue sebaliknya, kayak bulldozer, hahahaha. Nah, pas nyampe di kos Dilla, kami berencana buat beli cemilan di kereta ntar. Sebelum jalan ke koperasi UNEJ, kami makan terlebih dahulu. Anggun dan Dilla makan sewajarnya, sementara gue makan dengan beringas mengingat dari pagi belom makan. Bakso 2 porsi plus es jeruk. Ditambah lagi cemilan cilok. Hahahahah! *emang gue tong sampah idup, jadi harap maklum*
            Begitu sampe di koperasi UNEJ, kami langsung berburu cemilan. Dan pas semuanya ditumplekin di meja kasir, kami langsung saling bertatapan.
            “Padahal cuman mo ke Malang doang ya, tapi cemilannya banyak gini, kayak mo perjalanan ke Jogja aja,” gue berbisik.
            HAHAHAHA! Asli, banyak banget dan tampak gak wajar. Cemilan 3 kresek gede buat dimakan 3 orang! -___-
Jam setengah 8 pagi, kami berangkat ke stasiun. Dan wuuuuuush, kereta pun melaju pelan. Malang, 1’m coming …..!


            Sabtu, 2 Februari 2013.

            “Akhirnya, sampe Malang juga …!”  gue teriak-teriak begitu turun dari gerbong. Gue hirup udara sore itu yang terasa sejuk sehabis tertimpa hujan.
            “Kita dijemput jam 2, kan?” tanya Dilla.
            “Ho’oh. Ayo shalat dulu aja!”
            Kami lalu bergantian shalat di mushola stasiun Kota Lama. Abis itu, kami langsung keluar sambil menunggu jemputan. Perjalanan yang lumayan melelahkan lumayan bikin perut kelaperan. Sambil makan cilok malang, kami gelesotan di tepi jalan dan menonton remaja ababil yang entah nari apaan. Gue gak tahu ada acara apaan di seberang jalan, yang jelas rame banget. Sekilas, kami mirip gelandangan. Hahahah!
            “Temennya Novi, ya?” sapa seorang laki-laki.
            Kami gelagapan dan langsung berdiri. “Eh, iya Mas …”
            Laki-laki itu adalah kakak iparnya Novi. Selama di Malang, Novi tinggal bersama Kakaknya. Setelah masuk ke mobil, kami pun menyusuri jalanan Malang sore itu …
            Sampai di rumah, kami langsung membersihkan diri dan kangen-kangenan ama Novi. Rencananya sih mo cuss ke BNS malem harinya, tapi berhubung kami udah capek banget, kami pun memutuskan untuk tidur. Zzzz ….

            Minggu, 3 Februari 2013

            Sesuai dengan rencana, pagi itu kami ke Jatim Park 1. Tapi berhubung jalalan macet banget, kami baru nyampe ke TKP tengah hari, Setelah beli tiket, kami langsung masuk ke lokasi. Ini untuk yang ke sekian kalinya gue ke Jatim Park, tapi kagak ada bosen-bosennya, hahaha. Dalem ati gue berjanji bakalan mencoba semua wahana yang ada di sana, melakukan balas dendam karena dulu gue gak sempet maen sampe puas. Pas udah nyampe sana, langsung ujan deres banget! Tapi karena kami udah kagak tahan pengen maen, akhirnya kami pun nekad nerjang ujan.Hoho.
            “Ayo naik ini …!” ajak Novi begitu kami nyampe di salah satu wahana. Gue lupa namanya apaan, yang jelas ada coaster-coasternya, hahaha. Gue dulu pernah naek itu pas kelas 2 SMA, jadi gak ada salahnya nyoba lagi.
            Dan, wuuuuuuush! Kami jerit-jerit gak jelas, hahahaha. Pas keluar, asli kepala gue pusing abis. Kami baru sadar kalo kami ngambil keputusan yang salah. Harusnya ngambil wahana yang biasa-biasa aja dulu, biar gak tepar
-____-
            Abis itu, kami langsung naik Dragon Coaster. Lumayan lah, kagak bikin gue pusing walopun perut gue tetep aja mual, haha.
            “Ayo ke Rumah Hantu!” ajak gue.
            Mukanya si Anggun langsung berubah, hahaha. Gue tahu dia takut sama hantu, dan gue juga sadar kalo dia dari tadi mengulur-ulur waktu biar kagak ke sono. Tapi, tetep harus ke sana! Setelah ngantri lama, kami pun masuk. Gue di barisan paling depan. Awalnya gue biasa aja, tapi gue mendadak rada merinding pas mo belok. Jujur, gue paling gak suka dikagetin dari balik tembok. Gue ntar bisa-bisa nampol si hantu sampe babak belur saking kagetnya. Dan sebelum itu terjadi, gue nyuruh mas-mas yang paling belakang buat ke depan gue. Dia bawa ponakan kecil. Total pengunjung yang boleh masuk adalah 6 orang, tapi ketambahan anak kecil itu. Gue, Dilla, Anggun, Novi, Zulfa, anak kecil, dan mas-mas itu.
            Sepanjang perjalanan ke lorong-lorong, orang-orang pada ribut sendiri. Anggun megang tas gue kenceng-kenceng, sementara Dilla dkk narikin baju Anggun sambil jerit-jerit. Gue ngakak! Hahahahah! Gue asli gak takut sama hantunya, tapi mas-mas di depan gue itulah yang bikin gue kesel. Soalnya, tiap kali mo belok, dia selalu balik badan dan pura-pura kaget, “WHAAAAAAAAAAAAAAAAA!” dan otomatis gue nampol dia dengan sadis. Gue ngakak kenceng pas nyampe di bagian hantu luar negeri (entah apa namanya). Gue gak kuat lihat tampangnya si Anggun, HAHAHAHAHAH! Pas udah nyampe pintu keluar, sebenernya gue rada kecewa. KENAPA SEMUA HANTUNYA CUMAN BIKINAN? GUE BIKIN SENDIRI JUGA BISA KALI! Padahal nih ye, yang ada dalam bayangan gue tuh hantunya adalah manusia, jadi bisa gue ajak becanda ato gue jambak-jambak, hahahaha. Ternyata semuanya hantu boneka. Asem! -_____-
            Abis dari Rumah Hantu, kami lalu menuju wahana coaster laennya. Gue lupa namanya, yang jelas gue ama Novi kagak ikutan. Ini perut gue mual-mual kagak karuan. Gue mending masuk Rumah Hantu deh daripada naek begituan. Sambil nunggu mereka, gue ama Novi makan di salah satu stand makanan. Perut gue masih mules-mules. Ada hal yang bikin gue ngakak gak abis-abis! Jadi tuh, pas mereka udah turun, si Anggun sama Dilla masih pengen naek Tornado. Gue mah ogah diguling-gulingin gak jelas, bisa muntah-muntah gue (soalnya abis makan).
            Nah, pas tornadonya jalan, gue ama Zulfa nonton dari bawah. Gue langsung ngakak begitu ngeliat mukanya si Dilla. Lo tahu dia ngapain? Dia wiritan! HAHAHAHAHAHAHAHAHA …! Segala macem dia sebut, mulai istighfar sampe hamdalah. Ahahahahahak! Sekalian aja lo tahlilan, dil! -_-
            Syukurlah, Zulfa sempet motret dia, jadi ada kenang-kenangan. HAHAHA! Abis naek Tornado, kami lalu naek Sky Swinger. Serius, ini satu-satunya wahana yang paliiiing gue suka! Jadi tuh, ntar lo bakal naik kursi trus diterbangin sampe tinggiiii banget. Lo bisa ngelihat pemandangan indah dari atas sono. Gue duduk berpasangan sama Dilla, Novi sama Zulfa, sedangkan Anggun yang seorang diri terpaksa duduk sama Pangeran Berkuda Putih. AHAHAHAHAHAHA! Sebenernya ada kejadian lucu tentang Anggun, tapi gue gak tega buat nulis. Takut kena gampar, ahahahaha! U know lah, si Anggun kan paling takut sama ketinggian. Dan begitu kursinya udah dinaekin sampe tinggiiii banget, muke die pucet! Untunglah, ada Pangeran Berkuda Putih yang siap menolong! HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAH! *oke stop, gue gak tega nge-bully dia lebih jaoh lagi*
            Abis naek Sky Swinger, kami lalu shalat ashar di mushola. Sebagai penutup, kami lalu naik Volcano Coaster. Aaaaak, seru banget! Soalnya, enggak bikin muntah ahahahahaha! Abis itu, baru deh kami balik. Oh ya, sebelum balik, kami melewati pasar. Berhubung gue dan Anggun kehabisan baju (maklum cuman bawa 2), kami lalu beli baju pake embel-embel Jatim Park, ckckc. Dan sepanjang jalan pulang, kami nge-bully Anggun sampe puas. Apalagi kalo bukan tentang Pangeran Berkuda Putih itu, HAHAHAHAHAHAHA!

            Senin, 4 Februari 2013.

            Hari Senin si Novi udah mulai masuk kerja lagi. Gue, Anggun, dan Dilla lalu memutuskan untuk maen ke UM. Sialnya, si Zulfa ama Diah lagi ada kuliah. Hari itu bener-bener gak terjadwal mo ngapain aja seharian. Daripada bengong, ya udah sih maen ke UM aja. Kami dianter Masnya Novi sampe nemu angkot AL (gue gak ngerti apa maksud kode angkot itu). Katanya sih, angkot itu bakal ngelewatin UM. Si Anggun yang seumur idup gak pernah naek angkot langsung kegirangan pas udah masuk. Mukanya keliatan bangga, kayak abis menang undian apaaaa gitu. Hahaha, parah banget! -_-
            Naaaah, pas mo masuk UM ini, mata gue nangkep tulisan “Malang Town Square” alias MATOS. Tanpa ba-bi-bu kami langsung nyebrang jalan, gak jadi masuk UM. Lagian anak-anak masih pada kuliah, mending jalan-jalan ke Matos kan? Hahaha. Pas nyampe sana, Matos masih tutup, Gue baru inget kalo bukanya jam 10-an -____-
Setelah nunggu setengah jam lamanya, mal itu pun dibuka. Kebetulan jam 10 si Diah udah kelar kuliah, jadi bisa nemenin kami jalan-jalan. Begitu masuk, jeng … jeng ….
            “Lo yakin keluar dari sini gak bakal bawa apa-apa?” kata gue ke Anggun.
            “Enggak tahu,” mukanya Anggun mupeng ngeliat surga dunia di depannya.
            Hahaha. Begitulah cewek. Mungkin awalnya emang cuman pengen lihat-lihat, tapi pasti abis itu langsung nenteng barang apa kek pas keluar mal. Khilaf. Hahaha. Tapi, Alhamdulillah hari itu kami gak beli apa-apa. Gak ada yang bikin gue tertarik selaen buku-buku yang mampang di Gramed Matos. Gue ngiler-ngiler lihat buku terbarunya Djenar Maesa Ayu sama Fira Basuki, tapi … ah … nggak jadi beli! Bukan karena nggak ada duit, tapi karena sesuatu yang gak patut gue tulis di sini.
            Di Matos, kami cuman jalan-jalan dan berakhir di foodcourt Matos. Itu udah pasti. Kapan pun, di mana pun, gak ada yang bikin kami bernapsu selain makanan. HAHAHA. Ini gilak, soalnya 4 jam yang lalu kami baru aja sarapan dan nyampe Matos makan lagi. Boro-boro ngemil doang, ini malah makan makanan berat! Hahahaha!
            Abis dari Matos, kami lalu keliling UM. Diah dan Dilla entah pergi ke mana, sedangkan gue dan Anggun ngadem di Danau UM. Abis maghrib, kami pun balik ke  rumah Novi setelah menyantap bakso di deket UM. Hahaha, parah! Perut karet ni!
            Oh ya, ada satu kejadian yang bikin kami ngakak sepanjang jalan, Ini berhubungan dengan angkot. U know lah, kami kan bukan orang Malang, jadi wajar kalo kami buta angkot. Katanya si Novi sih, kami kudu naek angkot MM dulu, trus ntar baru naek CKL. Berhubung kami kemaleman, jadi angkot CKL udah pada ngandang semua. Soalnya angkot CKL emang jurusannya pelosok banget sih, dan rumah Novi juga masuk ke desa, di atas gunung.
            “Gimana dong nih?” Anggun kebingungan.
            “Masa angkot CKL udah abis, sih? Gak mungkin juga lah kalo minta jemput Masnya Novi. Gak enak ati gue,” tambah gue.
            Pak Sopir angkot menawarkan diri buat nganter sampe tujuan, dan yang jelas biayanya nambah. Kami bingung mo bayar berapa, soalnya tuh sopir tampangnya kayak preman. Menakutkan.
            “Kalo sampe Cassablanca, berapa pak?” Anggun nanya rada takut.
            “Ya sepantasnya aja lah, Mbak …,” jawab dia.
            “15 ribu boleh, Pak?” Dilla nawar.
            “Wah, ya gak boleh mbak …”
            Ya jelas aja lah gak boleh, orang rumah Novi jaoooooh banget! Setelah tawar-menawar, akhirnya kami sepakat ngeluarin duit 25 ribu. Nah, pas di perjalanan itu, gue sama Anggun gak bisa nahan ngakak. Si Dilla koplak banget! Masa dia nyuruh sopir nganter sampe depan rumah sih? Masalahnya, jaraknya itu lho, jauh banget!
            “Dil … kasian bapaknya lho,” kata Anggun.
            “Alah ya biarin. Pak, anterin ya …?” si Dilla ngerayu.
            Si sopir hanya bisa ngelus dada. Nyampe Cassablanca, angkot itu pun belok. Mo masuk ke Cassablanca maksudnya.
            “Lho, pak … masih terus!” Dilla protes.
            “Ha? Kan udah nyampe Cassablanca? Katanya minta turunin di sini?” si sopir bingung.
            “Eh, sebenernya masih terus, Pak. Dikiiiit lagi,” rayu Dilla.
            “Kan tadi bilangnya ke Cassablanca?”
            “Iya, maksud saya agak ke sono, Pak. Bukan Cassablanca-nya sih,tapi tetangganya, hehe,” Dilla nyengir.
            “Dil! Kasian lho ….,” gue memperingatkan.
            “Biarin sih!” Dilla melotot.
            “Sabar ya, Pak …,” kata Anggun.
            “Ini juga udah sabar, Mbak …,” sopir angkot itu mukanya pasrah banget.
            Gue dan Anggun nahan ngakak. Gile, tampangnya preman tapi ternyata hatinya kayak malaikat oi! Dan malam itu, kami bertiga memecahkan rekor MURI: berhasil masukin angkot ke daerah perumahan dengan ongkos yang sangat murah (plus menganiaya sopirnya).
            Pas nyampe rumah, semua orang hanya terbengong-bengong mendengar penuturan kami.
            “Edaaaaannn!” Novi geleng-geleng.

            Selasa, 5 Februari 2013.

            Ini adalah hari terakhir kami di Malang. Setelah berpamitan dengan Novi dan keluarganya sambil ngucapin terima kasih karena rela kami repotin, kami pun meluncur ke kota dengan diantar Masnya Novi. Di sepanjang jalan, Masnya Novi menceritakan sesuatu yang membuat dada kami sesak. Tentang pengalaman hidupnya, tentang kesuksesannnya, prinsip hidupnya, dan segala hal yang langsung membangkitkan semangat kami lagi untuk serius kuliah. Masih banyak orang yang gak seberuntung kami. Ya, kami harus bersyukur.
            Kami turun di depan Ramayana. Setelah  berpamitan, kami lalu masuk ke Ramayana sambil merenung. Insya Allah semua kata-katanya gak akan pernah kami lupakan. 
            “Kalo mo cari oleh-oleh di mana, Zul?” tanya gue ke Zulfa. Pagi itu Zulfa kebetulan ada waktu buat nemenin kami di Ramayana.
            “Di deket-deket sini. Belom nyari oleh-oleh?” Zulfa balik nanya.
            Gue menggeleng. “Belom sempet.”
            Setelah belanja beberapa lama, kami lalu pergi ke pusat oleh-oleh khas Malang. Sejenak gue dan Anggun saling bertatapan.
            “Katanya ke Malang cuman maen doang, gak beli apa-apa. Kok kita keluar dari sini nenteng beginian?” kata gue sambil menatap tas kresek berisi setumpuk makanan dan sebuah jaket yang gue beli di Ramayana.
            “Hahahaha! Preketek! Mau diapa-apain juga bakal kegoda!” Anggun ngakak.
            Gue juga ngakak. Siang itu, kami meninggalkan kota Malang dengan hati lapang. Liburan ini benar-benar berkesan sekaligus … nguras dompet! :D


Jember, Kamis 7 Februari 2013.
Pukul 13. 53 WIB
           


This entry was posted on Kamis, 07 Februari 2013. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply